Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Wednesday, 29 July 2015

Hubungan Pengembangan Pegawai dan Prestasi Kerja

Hubungan Pengembangan Pegawai dan Prestasi Kerja - Kantor atau perusahaan dapat berkembang merupakan keinginan setiap individu yang berada didalam kantor tersebut, sehingga diharapkan dengan perkembangan tersebut kantor mampu bersaing dan mengikuti kemajuan zaman. Kemajuan kantor dipengaruhi oleh faktor-faktor lingkungan yang bersifat internal dan eksternal. Yang termasuk faktor lingkungan yang bersifat internal yaitu pegawai yang merupakan aset kantor. 


Pembinaan dan pengembangan karyawan baru ataupun lama dalam kantor adalah salah satu kegiatan dalam rangka menyesuaikan diri dengan perubahan dan perkembangan pegawai. Karena itu perlu dilakukan penilaian atas pekerjaan (penilaian prestasi kerja) yang telah dilaksanakan oleh pegawai juga akan meningkatkan prestasi kerjanya. 

Prestasi kerja pegawai dipengaruhi oleh bermacam-macam ciri pribadi dari masing-masing individu. Dalam perkembangan yang kompetitif dan mengglobal, kantor membutuhkan pegawai  yang berprestasi tinggi. Pada saat yang sama pegawai memerlukan umpan balik atas kinerja mereka sebagai pedoman bagi tindakan-tindakan mereka pada masa yang akan datang, oleh karena itu penilaian harus menggambarkan kinerja pegawai.

Baca: Pengertian Prestasi Kerja Faktor yang Mempengaruhi dan Penilaian

Hasil penilaian kinerja dapat menunjukkan apakah sumber daya manusia telah memenuhi tuntutan yang dikehendaki kantor, baik dilihat dari sisi kualitas maupun kuantitas. Informasi dalam penilaian kinerja pegawai merupakan refleksi dari berkembang atau tidaknya kantor.

Dengan pengembangan sumber daya manusia diharapkan prestasi kerja meningkat seiring dengan peningkatan ilmu pengetahuan, keterampilan, dan sikap pegawai tersebut. 

Pemberian latihan dan pendidikan pada sebuah kantor erat hubungannya dengan prestasi kerja, yaitu bagaimana agar para pekerja dapat bekerja dengan baik dan efisien. Penilaian terhadap efektivitas program pengembangan yang dilaksanakan oleh kantor untuk meningkatkan prestasi kerja adalah hal yang sama penting untuk diperhatikan, sebab dengan penilaian ini  kantor akan mengetahui lebih luas kekurangan yang ada pada saat pelaksanaan latihan. 

Adapun tujuan dari penilaian prestasi kerja pegawai tersebut bila dihubungkan dengan tujuan pengembangan karyawan itu sendiri antara lain: 
  1. Menentukan The Right People for the Right Job 
    Dengan terlaksananya pendidikan dan pelatihan dapat mendukung penempatan para pegawai pada suatu jabatan terutama untuk mengatasi keluhan seperti: 
    a.  Adanya hubungan yang kurang serasi, misalnya komunikasi antara atasan dan bawahan. 
    b.  Kurang cakapnya karyawan dalam bekerja pada jabatan yang didudukinya. 
  2. Mengembangkan setiap pegawai sehingga mereka mampu meraih potensi perbandingan. 
    Setelah  pelatihan,  para karyawan akan berusaha untuk bekerja lebih  keras serta mengaplikasikan  ilmu yang telah diterimanya agar dapat lebih berprestasi dan meningkatkan karir di masa yang akan datang. 
  3. Menentukan promosi dan mutasi karyawan pada setiap tingkat jabatan yang ada.  
Hubungan Pengembangan Pegawai dan Prestasi Kerja

Sebagaimana telah dikemukakan bahwa usaha pengembangan pegawai bertujuan untuk menambah keahlian, produktivitas, dan efisiensi kerja. Dengan pengembangan itu, apabila pegawai mencapai prestasi kerja yang tinggi ada baiknya diberikan promosi dengan tujuan agar terwujudnya kestabilan prestasi pegawai.

Baca: Pengertian Pengembangan Pegawai  Tujuan dan Metode

Kantor Badan Pusat Statistik melakukan promosi atas dasar senioritas/ lama kerja dan prestasi kerja. Promosi dengan dasar senioritas artinya pegawai yang mendapatkan promosi ditunjuk berdasarkan lamanya masa kerja pegawai tersebut. Sedangkan promosi atas dasar prestasi kerja artinya pegawai yang memiliki prestasi kerja yaitu berupa nilai DP-3 yang baik secara berturut- turut akan di promosikan untuk naik ke golongan yang lebih tinggi. 

Hubungan Pengembangan Pegawai dan Prestasi Kerja Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment