Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 7 July 2015

Pengertian Bisnis Ritel Definisi Pengecer Toko Menurut Para Ahli

Pengertian retail menurut Ma’ruf (2005:7) adalah kegiatan usaha menjual barang atau jasa kepada perorangan untuk keperluan diri sendiri, keluarga atau rumah tangga.  Terkadang orang-orang berpikir bahwa  retailing  hanya melakukan penjualan produk di toko. Jasa yang ditawarkan oleh dokter gigi juga dapat disebut retailing, tukang salon, maupun penyewaan komik. 


Definisi Retailing adalah serangkaian kegiatan usaha yang memberikan nilai tambah pada produk dan jasa yang dijual kepada pelanggan untuk penggunaan pribadi atau keluarga (Levy, 2009: 48). Usaha eceran adalah suatu usaha yang kegiatannya menyangkut  penjualan barang atau jasa secara langsung kepada konsumen untuk penggunaan pribadi dan nir-bisnis (Kotler dan Armstrong 2003;51).

Baca: Pengertian Dividen Kebijakan Tujuan Pembayaran Cash Deviden

Umumnya usaha ini melakukan penjualan langsung kepada konsumen akhir. Namun, tak jarang kita temui  konsumen pada bisnis  retail  menjual kembali produk yang dibeli untuk mendapatkan keuntungan. Para peritel berupaya untuk memuaskan kebutuhan konsumen dengan mencari kesesuaian antara harga, tempat dan waktu yang diinginkan pelanggan. Sementara, bisnis ini juga menyediakan pasar bagi produsen untuk menjual produk–produk mereka. Dengan demikian ritel menjadi distributor akhir yang menghubungkan produsen dengan konsumen.  

Menurut Simamora (2003:388), secara garis bessar pengecer dapat dibedakan menjadi pengecer toko (store retailing) dan pengecer bukan toko retailing (non – store retailing).  
  1. Pengecer toko (store retailing)
    Usaha eceran yang menggunakan toko sebagai sarana memasarkan produk yang dijual. Pada umumnya usaha eceran menggunakan toko yang disebut toko eceran.  
  2. Pengecer bukan toko retailing (non – store retailing)
    Produknya tidak dipajangkan secara langsung, dengan kata lain pemajangan produk secara tetap tidak menjadi bagian eceran. Pengecer bukan toko termasuk diantaranya adalah  internet marketing,  direct selling. 
Pengertian Bisnis Ritel


Produsen ------> Pedagang besar -------> Ritel -------> Konsumen Akhir

Sumber: Utami (2006:5) 

Produsen menjual produknya kepada peritel maupun perital besar (wholeseller) atau yang sering kita dengar dengan sebutan grosir atau pedagang partai besar. Kegiatan ini membentuk jalur  distribusi dari produsen ke konsumen akhir. 

Daftar Pustaka Makalah Bisnis Ritel
Simamora, 2003. Membongkar Kotak Hitam Perilaku Konsumen. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama 

Kotler, Philip dan Armstrong. 2001.  Prinsip-prinsip Pemasaran Edisi Kedelapan. Jakarta: Erlangga. 

Pengertian Bisnis Ritel Definisi Pengecer Toko Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment