Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Monday, 13 July 2015

Pengertian Laba Akuntansi Menurut Definisi Para Ahli

Pengertian Laba akuntansi merupakan laba bersih perusahaan yang dilaporkan dalam laporan laba rugi. Laporan laba rugi adalah laporan keuangan yang menggambarkan hasil-hasil usaha yang dicapai selama periode tertentu. 


Laba rugi bersih adalah selisih antara pendapatan total dengan biaya atau pengeluaran total. Pendapatan mengukur aliran masuk aset bersih (setelah dikurangi utang) dari penjualan barang atau jasa. Pendapatan sssuatu perusahaan dibagi menjadi dua macam yaitu pendapatan operasional  (sales revenue) dan pendapatan non operasional. Pendapatan operasional adalah pendapatan yang dihasilkan oleh kegiatan pokok perusahaan sedangkan pendapatan non operasional adalah pendapatan yang dihasilkan oleh kegiatan sampingan. 

Laporan laba rugi dapat dilihat secara jelas hasil operasi perusahaan yang dipisahkan dengan hasil non operasinya karena bentuk suatu laporan laba rugi sederhana maka banyak pemilik perusahaan yang mengerti dan menggunakannya sebagai ukuran kinerja manajemen selama satu tahun. Pemilik perusahaanmerasa puas jika perusahaan mendapat laba yang besar dan sebaliknya akan merasa kecewa jika perusahaan merugi. 
Metode akuntansi yang digunakan  dalam menyusun laporan laba rugi sangat mempengaruhi besar kecilnya laba yang dihasilkan. Perbedaan metode penilaian persediaan dan penyusutan aktva tetap antar periode akan menghasilkan laba yang berbeda pula. Pemilik perusahan sering kali tidak mempertimbangkan hal ini dalam mengukur keberhasilan operasi perusahaannya. Mereka cendrung untuk membandingkan laporan laba rugi antar periode untuk menentukan seberapa baik kinerja manajemennya. Jadi, dapat dipastikan bahwa earning atau laba bukan merupakan alat ukur yang dapat digunakan secara independen untuk mengevaluasi kinerja suatu manajemen. Salah satu kelemahan dari pengukuran akuntansi adalah hasil perhitungan berdasarkan buku. Dengan demikian nilainya tidak mencerminkan nilai yang ada di pasar. 

Pengertian Laba Akuntansi

Earnings growt atau pertumbuhan laba juga merupakan indikator kinerja yang menyesatkan karena pertumbuhan laba tidak mempertimbangkan esar kecilnya nilai tambah yang diciptakan dalam perusahaan. Sebagai contoh, dua perusahaan yang berbeda perusahaan x dan perusahaan y menghasilkan laba yang sama dan mempunyai pertumbuhan laba yang sama pula. Misalkan perusahaan x harus investasi lebih banyak modal dari pada perusahaan y untuk menjaga tingkat pertumbuhan labanya. Dalam hal ini perusahaan x cendrung untuk berinvestasi dalam segala bentuk asalkan pertumbuhan  laba yang dihasilkan tetap. Tetapi perusahaan y menjadi unggul karena  ditinjau dari penggunaan modalnya. Perusahaan y  menggunakan modalnya untuk kegiatan operasional adalah lebih efisien. Pertumbuhan tanpa komitmen terhadap perencanaan  modal yang baik adalah awal dari jatuhnya perusahaan. 

Hubungan EVA Terhadap Laba 

Para ahli berpendapat bahwa EVA sebagai alat ukur operasional dari manajemen yang mencerminkan keberhasilan perusahaan dalam menciptakan nilai perusahaan. EVA yang positif berarti investasinya menghasilkan laba yang lebih besar dari pada total modalnya berarti telah terjadi pertambahan nilai (value added), sementara EVA yang negatif merupakan tanda bahwa telah terjadi pengurangan nilai meskipun sebenarnya perusahaan masih mendapatkan laba akuntansi. (Arifin, 2005: 57)

Baca: Pengertian Economic Value Added (EVA) Definisi Tujuan Konsep Keunggulan Kelemahan Perhitungan

Daftar Pustaka:

Arifin, Zaenal. Teori Keuangan dan Pasar Modal. Yogyakarta :Ekonisia, 2005. 

Pengertian Laba Akuntansi Menurut Definisi Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment