Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 7 July 2015

Pengertian Lokasi Definisi Tempat dalam Menentukan Usaha Bisnis

Pengertian Lokasi/Tempat - Menurut Swastha (2002:24) ”Lokasi adalah tempat dimana suatu usaha atau aktivitas usaha dilakukan”. Faktor penting dalam pengembangan suatu usaha adalah letak lokasi terhadap daerah perkotaan, cara pencapaian dan waktu tempuh lokasi ke tujuan. Faktor lokasi yang baik adalah relatif untuk setiap jenis usaha yang berbeda. 


Menurut Kotler (2008:51) ”Salah satu kunci menuju sukses adalah lokasi, lokasi dimulai dengan memilih komunitas”. Keputusan ini sangat bergantung pada potensi pertumbuhan ekonomis dan stabilitas, persaingan, iklim politik, dan sebagainya. 

Lamb et al., (2001:63) menyatakan bahwa memilih tempat atau lokasi yang baik merupakan keputusan yang penting, karena :  
  1. Tempat merupakan komitmen sumber daya jangka panjang yang dapat mengurangi fleksibilitas masa depan usaha.  
  2. Lokasi akan mempengaruhi pertumbuhan di masa depan. Area yang dipilih haruslah mampu untuk tumbuh dari segi ekonomi sehingga ia dapat mempertahankan kelangsungan hidup usaha.
  3. Lingkungan setempat dapat saja berubah setiap waktu, jika nilai lokasi memburuk, maka lokasi usaha harus dipindahkan atau ditutup.  

Baca: Pengertian Perilaku Konsumen Serta Definisi Minat Pembelian Ulang

Lokasi menurut Lupiyoadi (2009:42), berhubungan dengan di mana perusahaan harus bermarkas dan melakukan operasi atau kegiatannya. Dalam hal ini ada tiga jenis interaksi yang mempengaruhi lokasi, yaitu:  
  1. Konsumen mendatangi pemberi jasa (perusahaan): apabila keadaannya seperti ini maka lokasi menjadi sangat penting. Perusahaan sebaiknya memilih tempat dekat dengan konsumen sehingga mudah dijangkau, dengan kata lain harus strategis.  
  2. Pemberi jasa mendatangi konsumen: dalam hal ini lokasi tidak terlalu penting, tetapi yang harus diperhatikan adalah penyampaian jasa  harus tetap berkualitas.  
  3. Pemberi jasa dan konsumen tidak bertemu secara langsung: berarti penyedia jasa dan konsumen berinteraksi melalui sarana tertentu seperti telepon, komputer, atau surat. Dalam hal ini lokasi menjadi sangat tidak penting selama komunikasi antara kedua pihak terlaksana dengan baik.  
Daftar Pustaka Makalah Lokasi
Swastha, Basu. 2002. Azas-Azas Pemasaran, Yogyakarta, Liberty. 

Kotler, Philip. 2008.  Manajemen Pemasaran, Jilid 1, Jakarta, PT. Indeks Kelompok Gramedia. 

Lamb, Chales W., Hair, Joseph F., and McDaniel, Carl. 2001. Pemasaran. Alih bahasa David Octavaria. Jakarta: Salemba Empat. 

Lupiyoadi,  Rambat & A. Hamdani. 2009.  Manajemen Pemasaran Jasa, Edisi kedua, Jakarta, Salemba Empat.  

Pengertian Lokasi Definisi Tempat dalam Menentukan Usaha Bisnis Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

2 comments: