Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 27 May 2016

Pengertian Manajemen Strategi dan Definisi Manajemen Pemasaran

Pengertian Manajemen Strategi Menurut Purnomo dengan Zulkieflimansyah (2000:8), Istilah strategi adalah berasal dari bahasa Yunani ”Strategos” yang artinya memimpin, yaitu penerapan taktik dalam berperang untuk mengalahkan musuh dan memenangkan perang. Dengan kata lain penerapan seni dari ilmu berperang dengan mengerahkan kekuatan militer  untuk mengalahkan musuh atau memperkecil efek dari kekalahan. Namun dalam era bisnis sekarang ini pengertian strategi adalah suatu cara, taktik bagaimana memenangkan suatu pertarungan bisnis bahkan melumpuhkan saingan-saingan bisnis lainnya.

Strategi perusahaan pada hakekatnya adalah upaya mempertahankan diri dengan membentuk keunggulan bersaing melalui berbagai cara. Manajemen strategi dapat dikatakan sebagai manajemen keseluruhan organisasi yang menyangkut arah perusahaan ke masa yang akan datang. Manajemen ini akan memberikan kerangka untuk manejemen oprasional. Manajemen strategi beorientasi kepada lingkungan bisnis yang komplek, berpedoman pada tujuan yang jelas, dengan memanfaatkan cara atau sarana yang dikakembangkan secara baik. Sambil memanfaatkan  kesempatan yang terbuka. Manajemen strategi bertalian dengan pengambilan keputusan tentang strategi yang diambil dan perencanaan bagaimana strategi tersebut akan dilaksanakan. 

Pengertian Manajemen Pemasaran 

Menurut Simamora yang di kutip dari Kotler, Gary (2001:10), manajemen pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengendalian program yang didesain untuk menciptakan, membangun dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran, untuk mencapai sasaran perusahaan. 

Pengertian Manajemen Strategi

Dari definisi tersebut, kata pertukaran yang menguntungkan mengandung arti bahwa perusahaan perlu mengatur tingkat permintaan agar memberikan keuntungan yang optimal. Secara sederhana dapat dikatakan bahwa permintaan terlalu randah atau terlalu tinggi tidak memberikan keuntungan yang optimal bagi perusahaan. Dalam manajemen pemasaran, perusahaan tidak hanya menstimulasi tingkat permintaan yang sama dengan tingkat penawaran. 

Daftar Pustaka Makalah Strategi Manajemen
Kotler, Philip, dan Armstrong, 2001, Prinsip-prinsip Pemasaran, Edisi Kedelapan, Erlangga, Jakarta. 

Setiawan, Zulkieflimansyah, 2000,  Manajemen Strategi, Penerbit Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia, Jakarta. 

Pengertian Manajemen Strategi dan Definisi Manajemen Pemasaran Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment