Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 27 May 2016

Pengertian Marketing Mix 4p Definisi Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli

Pengertian Marketing Mix atau bauran pemasaran merupakan istilah yang dipakai untuk menjelaskan perpaduan strategi-strategi pembentukan inti sistem pemasaran sebuah perusahaan untuk mengetahui reaksi pembeli. Penulis menguraikan Marketing Mix dari beberapa ahli menurut Malcom dan Keegen (1999:23) “Marketing Mix adalah suatu set variabel dalam rencana pemasaran yang dapat di kontrol yang biasanya di nyatakan dalam bentuk 4P yaitu  produk,price, promotion, dan plece. Dari definisi tersebut Marketing Mix   merupakan rencana pemasaran yang terdiri dari produk, harga, tempat dan promosi. 

Definisi Maketing Mix

Angipora (1999 : 24) mendefinisikan Marketing Mix sebangai perangkat varibel-variabel pemasaran terkontrol yang di gabungkan perusahaan untuk menghasilkan tanggapan yang di inginkan dalam pasar sasaran (target market). Ini berarti konsep Marketing Mix   merupakan segala usaha yang dapat perusahaan lakukan untuk mempengaruhi permintaan produknya. 

Baca:  Pengertian Promosi Tujuan dan Bentuk Menurut Definisi Para Ahli

Menurut Kotler (2000 :18) Marketin Mix adalah “Campuran dari variabel-variabel pemasaran yang dapat di pergunakan oleh suatu perusahaan untuk mengejar tingkat penjualan yang diiginkan dalam pasar sasaran” 

Pendapat ini menunjukkan bahwa variabel-variabel pemasaran dapat di kendalikan oleh perusahaan sehingga  perusahaan dapat  menyelaraskan  variabel-variabel tersebut dalam upaya mencapai tingkat penjualan yang diinginkan. 

Defenisi Marketing Mix menurut Assauri (1999 : 180 ) adalah “Merupakan kombinasi variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari sistem pemasaran, variabel mana dapat di kendalikan oleh pemasaran untuk mempengaruhi reaksi para pembeli atau konsumen “. Berdasarkan defenisi tersebut dapat di ketahui bahwa Marketing Mix terdiri dari himpunan variabel yang dapat dikendalikan dan digunakan oleh perusahaan unuk mempengaruhi tanggapan konsumen dalam pasar sasarannya. Dalam melakukan kegiatan pemasaran variabel-variabel tersebut perlu dikombinasikan dan di koordinasikan oleh perusahaan seefektif mungkin. 

Pengertian Bauran Pemasaran

Menurut Kismono (2001 :308 ), Bauran pemasaran adalah kombinasi dari variabel atau kegiatan yang merupakan inti dari pemasaran yang terdiri dari strategi produk  (product), harga  (price), promosi (promotion), dan distribusi (place). Bauran pemasaran yang dipilih harus disesuaikan  dengan karakteristik pasar sasarannya. Jika pasar sasaranya adalah orang yang berpenghasilan tinggi, mungkin produk yang harus di kembangkan adalah produk spesial dengan harga tinggi, didistribusikan secara terbatas, dan dipromosikan melalui media bergengsi tinggi.

Baca: Pengertian Penetapan Harga Kebijakan Tujuan Produser dan Metode
Pengertian Marketing Mix

Variabel-variabel Marketing Mix

Berdasarkan defenisi beberapa Ahli, secara umum variabel-variabel Marketing Mix  yang utama ada empat yang di kenal dengan “4P” yaitu : 
1.  Product (produk) 
Produk  merupakan kombinasi barang dan  jasa yang di tawarkan perusahaan kepada pasar sasaran. Produk tidak hanya meliputi unit fisiknya saja tetapi juga kemasan, garansi, merek, dan pelayanan purna jual. 

2.  Price (harga) 
Menurut Mc.Daniel Dkk (2001 : 56 ) harga adalah apa yang harus diberikan  oleh pembeli untuk mendapatkan suatu produk. Harga bukan saja suatu komponen bagi perusahaan untuk mengembalikan modalnya. Tetapi juga untuk mendapatkan keuntungan dan  menentukan kelangsungan hidup perusahaan.  

3.  Place (Tempat ) 
Tempat menunjukan berbagai kegiatan yang di lakukan perusahaan untuk menjadikan produk dapat diperoleh dan tersedia  bagi perusahaan

Baca: Pengertian Kepuasan Pelanggan Definisi Cara Mengukur dan Sebab KetidakPuasan

4.  Promotion (Promosi) 
Mc. Daniel Dkk (2001:56) mendefinisikan promosi sebagai kegiatan yang menghasilkan informasi, membujuk, atau mengingatkan konsumen akan manfaat dari suatu produk tujuan dari melakukan kegiatan promosi adalah: 
a.  memperkenalkan produk baru kepada masyarakat. 
b.  Memperpanjang masa kedewasaan produk. 
c.  Menjaga stabilitas prusahaan dari kemungkinan persaingan. 
d.  Mendorong penjualan produk. 

Daftar Pustaka:

Angipora P. Marius, Dasar-dasar Pemasaran, Rajawali Pers, Jakarta, 1999 

Kotler, Philip,  Manajemen Pemasaran,  Alih Bahasa Benjamin Molan Dan Hendra Teguh, Edisi Milenium, Jakarta, 2000. 

Assuari, Sofyan, Manajemen Pemasaran: Dasar, Konsep dan Strategi, Cetakan VI, PT. Raja Grafindo Persada, 1999. 

Mc. Daniel, Pemasaran, Edisi I, Salemba Empat, Jakarta, 2001. 

Pengertian Marketing Mix 4p Definisi Bauran Pemasaran Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

3 comments:

  1. wahhh...sangat membantu sekali, terima kasih gan

    ReplyDelete
  2. wahhh...sangat membantu sekali, terima kasih gan

    ReplyDelete
  3. bagus banget penjelasan teorinya sangat membantu, TERIMA KASIH

    ReplyDelete