Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 27 May 2016

Pengertian Pasar Menurut Definisi Para Ahli dan Bentuknya

Pengertian Pasar 

Perlu disadari bahwa bahwa istilah pasar selama bertahun-tahun telah berubah dan memperoleh banyak pengertian. Hal ini dibukt ikan oleh beberapa ilmuwan Ekonomi yang memiliki pendapat masing-masing mengenai arti pasar. Pasar adalah suatu tempat fisik di mana pembeli dan penjual berkumpul untuk mepertukarkan barang dan jasa (Kotler, 2002 : 73).

Sedangkan pendapat lain mengatakan bahwa pasar adalah orang-orang yang mempunyai keinginan untuk puas, uang untuk berbelanja, dan kemauan untuk membelanjakannya. (Stanton, 2000 : 51) 

Baca: Pengertian Strategi Unsur dan Definisi Keunggulan Bersaing

Menurut Simamora (2001:6), ada beberapa ketentuan untuk menyatakan bahwa sekumpulan orang adalah pasar: 
  1. Memiliki kebutuhan dan keinginan terhadap produk tertentu. 
  2. Memiliki kemampuan untuk membeli produk tersebut. 
  3. Memiliki kemauan untuk Membelanjakan uangnya. 
  4. Memiliki kemsempatan membeli produk tersebut. Kesempatan yang dimaksud adalah dapat memutuskan membeli membeli produk atau tidak. 

Menurut Simamora (2001:202), ada beberap bentuk pasar yang umum yaitu sebagai berikut:

Baca: Pengertian Harga dan Definisi Faktor-faktor yang Mempengaruhinya
  1. Persaingan pasar sempurna 
    Pasar yang terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli dengan produk yang seragam atau serupa (uniform), tidak ada penjual ataupun pembeli yang dapat mempengaruhi harga. 
  2. Persaingan monopolistik 
    Pasar terdiri dari banyak penjual dan banyak pembeli dengan harga yang beragam mulai dari yang paling rendah sampai yang paling tinggi. Keragaman harga ini disebabkan oleh adanya kesempatan untuk mendiferensiasi produknya. Dalam pasar yang seperti ini, sebuah perusahaan mempunyai kesempatan untuk menetapkan harga berbeda dengan harga produk lain asalkan menawarkan benefit (manfaat) yang berbeda. 
  3. Pasar oligopolistik 
    Pasar yang terdiri dari sedikit penjual yang satu sama lain sangat sensitif terhadap strategi harga dan pemasaran perusahaan lain. 
  4. Monopoli 
    Pasar yang terdiri dari hanya satu penjual.   

Dari definisi-definisi yang dikemukakan  tersebut, maka diketahui bahwa besar/luasnya pasar sangat tergantung pada banyaknya pembeli yang mungkin ada untuk suatu tawaran tertentu 


Dalam pengertian umum pasar merupakan tempat dimana pembeli dan penjual bertemu dan berfungsi, barang dan jasa tersedia untuk dijual, dan terjadi perpindahan hak milik.  

Daftar Pustaka Makalah Pasar
Kotler, Philip, dkk, 2000, Manajemen Pemasaran dengan pemasaran efektikf dan Pofitable, cetakan Kedua, Gramedia Pusat Utama, Jakarta.

Simamora, Bilson, 2001, Memenangkan Pasar : Dengan Pemasaran Efektif dan Profitabel, PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Pengertian Pasar Menurut Definisi Para Ahli dan Bentuknya Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment