Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 7 July 2015

Pengertian Pasar Modal Manfaat Jenis Definisi Lembaga Yang Terkait

Pengertian Pasar Modal - Pasar modal sama seperti pasar pada umumnya, yaitu tempat bertemunya antara penjual dan pembeli. Di pasar modal, yang diperjualbelikan adalah modal berupa hak pemilikan perusahaan dan surat pernyataan hutang perusahaan. Pembeli modal adalah individu atau organisasi/lembaga yang bersedia menyisihkan kelebihan dananya untuk melakukan kegiatan yang menghasilkan pendapatan melalui pasar modal, sedangkan penjual modal adalah perusahaan yang memerlukan modal atau tambahan modal untuk keperluan usahanya.  


Pengertian pasar modal berdasarkan Keputusan Presiden No. 52 Tahun 1976 tentang Pasar Modal menyebutkan bahwa Pasar Modal adalah Bursa Efek seperti yang dimaksud dalam UU No. 15 Tahun 1952 (Lembaran Negara Tahun 1952 Nomor 67). Menurut UU tersebut, bursa adalah gedung atau ruangan yang ditetapkan sebagai kantor dan tempat kegiatan perdagangan efek, sedangkan surat berharga yang dikategorikan sebagai efek adalah saham, obligasi, serta surat bukti lainnya yang lazim dikenal sebagai efek.

Baca: Pengertian Suku Bunga dan Teori Faktor-faktor Yang Mempengaruhi

Pada beberapa literatur terdapat bermacam-macam definisi pasar modal. Pada pembahasan ini, kita menggunakan definisi pasar modal sebagai berikut :  

Pasar modal adalah pasar yang dikelola secara terorganisir dengan aktivitas perdagangan surat berharga, seperti saham, obligasi, option, warrant, right, dengan menggunakan jasa perantara, komisioner, dan underwriter. 

Manfaat Pasar Modal  

Pasar modal memiliki peran sentral bagi perekonomian, bahkan maju tidaknya ekonomi suatu negara dapat diukur dari maju tidaknya pasar modal di negara tersebut. 

Beberapa manfaat keberadaan pasar modal antara lain : 
  • Menyediakan sumber pembiayaan (jangka panjang) bagi dunia usaha sekaligus memungkinkan alokasi sumber dana secara optimal. 
  • Memberikan wahana investasi bagi investor sekaligus memungkinkan upaya diversifikasi. 
  • Menyediakan leading indikator bagi trend ekonomi negara. 
  • Penyebaran kepemilikan perusahaan sampai lapisan masyarakat menengah. 
  • Penyebaran kepemilikan, keterbukaan dan profesionalisme, menetapkan iklim berusaha yang sehat. 
  • Menciptakan lapangan kerja/ profesi yang sehat. 
  • Memberikan kesempatan memiliki perusahaan yang sehat dan mempunyai prospek. 


Lembaga- Lembaga Yang Terkait Di Pasar Modal 

 Adapun lembaga yang terkait di pasar modal yaitu : 
1.  BAPEPAM (Badan Pengawas Pasar Modal) 
Tugas Badan Pengawas Pasar Modal menurut Kepres No. 53 Tahun 1990 tentang pasar modal adalah mengikuti perkembangan dan mengatur pasar modal sehingga efek yang ditawarkan dan diperdagangkan secara teratur dan efisien serta melindungi kepentingan pemodal masyarakat umum, di samping itu BAPEPAM juga bertugas untuk melaksanakan pembinaan dan pengawasan terhadap lembaga-lembaga; seperti bursa efek, kliring, penyelesaian dan penyimpanan, reksa dana, perusahaan efek dan perorangan, lembaga penunjang pasar modal yaitu tempat penitipan harta, Biro Administrasi Efek, Wali Amanat atau penunjang dan Profesi Penunjang Pasar Modal. Tugas lainnya adalah memberi pendapat kepada menteri keuangan mengenai pasar modal. 

2.  Lembaga Penunjang Pasar Perdana. 
Yang termasuk dalam lembaga ini adalah Penjamin Emisi Efek, Akuntan Publik, Konsultan Hukum, Notaris, Agen Penjual, dan Perusahaan Penilai. 

3. Lembaga Penunjang dan Emisi 
Dalam emisi obligasi, di samping lembaga penunjang untuk emisi saham juga dikenal lembaga seperti, Wali Amanat, Penanggung, dan Agen Pembayar. 

4. Lembaga Penunjang Pasar Sekunder. 
Lembaga penunjang pasar sekunder merupakan lembaga yang menyediakan jasa- jasa dalam pelaksanaan transaksi jual beli di bursa. Lembaga penunjang ini terdiri dari ; Pedagang Efek, Perantara Perdagangan Efek, Perusahaan Efek, Biro Administrasi Efek, Reksa Dana. 

Jenis Pasar Modal  

Dalam menjalankan fungsinya, pasar modal dibagi menjadi dua macam, yaitu pasar perdana, dan pasar sekunder. 

Pasar perdana adalah penjualan perdana efek atau penjualan efek oleh perusahaan yang menerbitkan efek sebelum efek tersebut dijual melalui bursa efek. Pada pasar perdana, efek dijual dengan harga emisi, sehingga perusahaan yang menerbitkan emisi hanya memperoleh dana dari penjualan tersebut.  

Pasar sekunder adalah penjualan efek setelah penjualan pada pasar perdana berakhir. Pada pasar sekunder ini harga efek ditentukan berdasarkan kurs efek tersebut. Naik turunnya kurs suatu efek ditentukan oleh daya tarik menarik antara permintaan dan penawaran efek tersebut. Bagi efek yang dapat memenuhi syarat listing dapat menjual efeknya di dalam bursa efek, sedangkan bagi efek yang tidak memenuhi syarat listing dapat menjual efeknya di luar bursa efek.  

Surat Berharga Di Pasar Modal 

Pada dasarnya, surat berharga di pasar modal dapat diklasifikasikan ke dalam dua bentuk, yaitu : 
  1. Surat berharga yang bersifat penyertaan atau ekuitas (equity), ekuitas umum dikenal dengan saham. 
  2. Surat berharga yang bersifat pendapatan tetap (fixed income), fixed income dikenal dengan obligasi. 

Pengertian Pasar Modal Manfaat Jenis Definisi Lembaga Yang Terkait Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment