Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 27 May 2016

Pengertian Pemasaran Menurut Definisi Para Ahli

Pengertian Pemasaran Menurut Kotler (2000:3), ”Pemasaran (marketing) merupakan  hal yang sangat mendasar sehingga tidak dapat dilakukan sebagai fungsi yang terpisah”. Pemasaran sebenarnya lebih dari sekedar mendistribusikan barang dari produsen ke konsumen. Proses pemasaran telah terjadi dan dimulai jauh sebelum barang-barang diproduksi.

Pengertian Pemasaran Menurut Definisi Para Ahli:

  1. Menurut Kotler (2004:7), “Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalam individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.” 
  2. Menurut Boyd, dkk (2000:4), “Pemasaran adalah suatu proses yang melibatkan kegiatan-kegiatan penting yang memungkinkan individu dan perusahaan mendapatkan apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui pertukaran dengan pihak lain”. 
  3. Menurut Downey (2002:3), ”Pemasaran didefenisikan sebagai telaah terhadap aliran produk secara fisik dan ekonomik dari produsen melalui pedagang perantara sampai ke tangan konsumen”. 


Baca: Pengertian Manajemen Strategi dan Definisi Manajemen Pemasaran

Pendapat lain mengatakan bahwa pasar merupakan sistem keseluruhan dari kegiatan yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan  harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial. (Stanton, 2002 : 4 & 5). 

Berdasarkan definisi  tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kegiatan bisnis harus berorientasi ke pasar atau konsumen. Keinginan konsumen juga harus dipuaskan secara efektif. Agar pemasaran berhasil maka perusahaan harus memaksimalakn penjualan yang menghasilkan laba dalam jangka panjang. 

Dalam iklim ekonomi seperti apapun, pertimbangan-pertimbangan pemasaran tetap merupakan faktor yang sangat menentukan dalam perencanaan dan pengambilan keputusan di sebuah perusahaan. Konsep pemasaran modern diakui peranannya sebagai penyumbang langsung untuk mendapatkan laba serta volume penjualan. 

Sebuah perusahaan untuk bisa bertahan di dalam pasar yang peka terhadap perubahan yang penuh persaingan saat ini apa yang bisa dijual, dan rancangan apa yang harus didayagunakan untuk memikat pelanggan yang waspada. Untuk itu seorang Direktur Utama tidak dapat membuat rencana, Manajemen Produksi tidak dapat mengelola, Kepala keuangan tidak dapat merencanakan anggaran dan Insinyur tidak dapat membuat rancangan tanpa adanya ketetapan dasar dari pasar yang telah ditentukan sebelumnya. 

Pengertian Pemasaran
Baca: Pengertian Harga dan Definisi Faktor-faktor yang Mempengaruhinya

Banyak departemen/bagian yang ada di sebuah perusahaan yang berfungsi penting bagi pertumbuhan perusahaan itu akan tetapi departemen/bagian pemasaran masih merupakan satu-satunya kegiatan yang menghasilkan pendapatan.  Dengan demikian tidak satupun perusahaan yang mampu bertahan bilamana perusahaan tersebut tidak mampu memasarkan barang-barang/ jasa-jasa yang dihasilkan.

Daftar Pustaka Makalah Pemasaran
Kotler, Philip, dkk, 2000, Manajemen Pemasaran dengan pemasaran efektikf dan Pofitable, cetakan Kedua, Gramedia Pusat Utama, Jakarta.

Kotler, Philip, dan Armstrong, 2004,  Dasar-dasar Pemasaran, Edisi Kesembilan, PT. Indeks, Jakarta.

Boyd, Harper W, 2000, Manajemen pemasaran, Edisi Kedua, Erlangga, jakarta.

David, Downey, 2002,  Manajemen Agribisnis, Buku Keempat, Erlangga, Jakarta.

Stanton, William. J, 2000, Prinsip Pemasaran, Edisi Revisi, Erlangga, Jakarta. 

Pengertian Pemasaran Menurut Definisi Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment