Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 7 July 2015

Pengertian Perilaku Konsumen Serta Definisi Minat Pembelian Ulang

Pengertian Perilaku konsumen menurut  The American Marketing Association (Setiadi, 2003:35) mendefinisikan perilaku konsumen sebagai interaksi dinamis antara afeksi dan kognisi, perilaku dan lingkungannya dimana manusia melakukan kegiatan pertukaran dalam hidup mereka. 


Dari definisi tersebut, terdapat tiga ide penting dari perilaku konsumen, yaitu: 
  1. Perilaku konsumen adalah dinamis,
  2. Hal tersebut melibatkan interaksi afeksi dan kognisi, perilaku dan kejadian disekitar, 
  3. Hal tersebut melibatkan pertukaran. 



Proses Pengambilan Keputusan Pembelian

Gambar Proses Pengambilan Keputusan Pembelian 


Sumber : Tjiptono (2005)  


  1. Pengenalan masalah kebutuhan, proses ini dimulai pada  saat konsumen menyadari adanya masalah kebutuhan. Konsumen harus menyadari terdapat perbedaan antara kondisi yang diinginkan dengan kondisi yang  sebenarnya terjadi. Kebutuhan ini disebabkan rangsangan internal yang berasal dari dalam diri konsumen. 
  2. Pencarian informasi, pada tahap ini seseorang konsumen yang mulai timbul minatnya akan terdorong mencari informasi yang lebih banyak . Pencarian informasi mulai dilakukan ketika konsumen memandang bahwa kebutuhan tersebut dapat dipenuhi dengan membeli dan mengkonsumsi suatu produk.  
  3. Evaluasi alternatif, yaitu mengevaluasi pilihan terhadap produk dan merek dan memilihnya sesuai dengan keinginan konsumen dengan membandingkan berbagai pilihan yang dapat memecahkan masalah yang dihadapi.  
  4. Keputusan pembelian, setelah melakukan evaluasi terhadap berbagai alternatif, konsumen akan mengurangi jumlah alternatif yang akan dipertimbangkan selanjutnya akan memilih salah satu dan melakukan pembelian  
  5. Perilaku sesudah pembelian, kepuasan dan ketidakpuasan terhadap akan mempengaruhi pembelian selanjutnya bagi konsumen.    

Minat Pembelian Ulang 

Minat pembelian ulang menunjukkan keinginan pembeli untuk melakukan kunjungan ulang di masa yang akan datang. Perilaku pembelian ulang seringkli dikaitkan dengan loyalitas. Namun keduanya berbeda. Perilaku pembelian ulang hanya menyangkut pembelian ulang merek tertentu  yang sama secara berulang – ulang, sedangkan loyalitas merek mencerminkan komitmen psikologis terhadap merek tertentu.  

Menurut Schiffman-Kanuk dalam Suwandi (2007:3), pembelian yang dilakukan oleh konsumen terdiri dari 2 tipe, yaitu pembelian percobaan dan pembelian ulang. Pembelian percobaan terjadi jika konsumen membeli suatu produk dengan merek tertentu  untuk pertama kalinya, dimana dalam kegiatan tersebut konsumen berusaha menyelidiki dan mengevaluasi produk dengan langsung mencoba.

Baca: Pengertian Promosi Definisi Tujuan Bauran Menurut Para Ahli

Jika pada pembelian percobaan tersebut, konsumen merasa puas, dan konsumen berkeinginan untuk membeli kembali, maka tipe pembelian ini disebut pembelian ulang. Apabila pelanggan merasa puas, maka ia akan menunjukkan besarnya kemungkinan untuk melakukan pembelian ulang, dan bahkan mengajak orang lain.  

Minat beli dapat ditingkatkan dengan memperhatikan beberapa faktor, antara lain : 
  1. Faktor psikis, merupakan faktor pendorong yang berasal dari dalam diri konsumen, yaitu motivasi, persepsi, pengetahuan, keyakinan, dan sikap yang ada di dalam diri masing-masing individu. 
  2. Faktor sosial, merupakan proses dimana perilaku seseorang dipengaruhi orang lain dan kebudayaan yang ada di sekitarnya. 
    Seperti keluarga, status sosial dan kelompok acuan 
  3. Pemberdayaan bauran pemasaran, faktor ini berasal dari perusahaan yang menjadi produsen terhadap produk yang digunakan oleh konsumen. Terdiri dari produk, harga, promosi, dan juga distribusi.  

Baca: Pengertian Perilaku Konsumen Serta Definisi Minat Pembelian Ulang

Baca: Pengertian Dividen Kebijakan Tujuan Pembayaran Cash Deviden

Daftar Pustaka Makalah Perilaku Konsumen

Tjiptono, Fandy. 2005. Pemasaran Jasa, Bayumedia Publishing, Malang. 

Pengertian Perilaku Konsumen Serta Definisi Minat Pembelian Ulang Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment