Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 7 July 2015

Pengertian Promosi Definisi Tujuan Bauran Menurut Para Ahli

Pengertian Promosi 

Promosi merupakan salah satu kegiatan pemasaran yang penting bagi perusahaan dalam upaya mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan  serta meningkatkaan kualitas penjualan untuk meningkatkan kegiatan pemasaran dalam hal memasarkan barang atau jasa dari suatu perusahaan 


Promosi adalah segala bentuk komunikasi yang digunakan untuk menginformasikan (to inform), membujuk (to persuade), atau mengingatkan orang –orang tentang produk yang dihasilkan organisasi, individu, ataupun rumah tangga (Simamora, 2003:285). 

Tujuan Promosi 

Menurut Henry Simamora (2001:754) ada beberapa alasan para pemasar melakukan promosi : 
  1. Menyediakan informasi 
    Pembeli dan penjual mendapat manfaat dari fungsi informasional yang sanggup dilakukan oleh promosi. Para pembeli menemukan program baru yang dapat membantunya dan para penjual dapat menginformasikan kepada calon pelanggan tentang barang dan jasa. 
  2. Merangsang permintaan 
    Para pemasar menginginkan konsumen membeli produknya dan mereka menggunakan promosi untuk membuat konsumen melakukan permintaan. 
  3. Membedakan produk 
    Organisasi-organisasi mencoba membedakan mereka dan produknya melalui penggunaan promosi, khususnya produk yang tidak banyak berbeda dari para pesaingnya. 
  4. Mengingatkan para pelanggan saat ini Mengingatkan para pelanggan akan manfaat dari produk perusahaan bisa mencegah mereka berpaling kepada pesaing pada saat mereka memutuskan untuk mengganti atau memutakhirkan produknya.  
  5. Menghadang pesaing Promosi dapat digunakan untuk menghadapi upaya pemasaran dari pesaing untuk melawan kampanye periklanannya. 
  6. Menjawab berita negatif Kadangkala kompetisi bukanlah penjualan produk serupa dan perusahaan lainnya. Seringkali perusahaan menjadi korban publisitas dan pemalsuan 
  7. Memuluskan fluktuasi-fluktuasi permintaan Perusahaan bnayak mengalami tantangan-tantangan permintaan musiman, dimana para pelanggan membeli lebih banyak selama beberapa bulan tertentu dan berkurang pada bulan-bulan lainnya. Promosi membantu mengisi kesenjangan yang ada diantara kepincangan-kepincangan permintaan musiman tersebut. 

Bauran Promosi 

1.  Periklanan (Advertising) 
Periklanan merupakan salah satu bentuk dari komunikasi impresional yang digunakan oleh perusahaan barang atau jasa. Peranan periklanan dalam pemasaran jasa adalah untuk membangun kesadaran (awareness) terhadap keberadaan jasa yang ditawarkan, menambah pengetahuan konsumen tentang jasa yang ditawarkan, membujuk calon konsumen untuk membeli atau menggunakan jasa tersebut, dan membedakan diri perusahaan satu dengan perusahaan lain. 

2.  Penjualan Perseorangan (Personal selling) 
Penjualan perseorangan mempunyai peranan penting dalam pemasaran, karena : 
  • Interaksi secara personal antara penyedia jasa dan konsumen sangat penting. 
  • Jasa tersebut disediakan oleh orang, bukan mesin 
  • Orang merupakan bagian dari produk jasa. 


Bila dibandingkan dengan media perikanan, maka pesan yang disampaikan melalui media ini ditujukan kepada orang-orang yang sebenarnya bukan prospek  (calon pembeli) sebaliknya, melalui penjualan perorangan perusahaan sudah berhadapan dengan calon pembeli potensial. 

3.  Promosi Penjualan 
Promosi penjualan adalah semua kegiatan yang dimaksudkan untuk meningkatkan arus barang atau jasa dari produsen sampai pada penjualan akhirnya.  

Promosi penjualan dapat diberikan kepada :  
  • Konsumen, berupa penawaran cuma – cuma, sampel, demo produk, kupon, pengembalian tunai, hadiah, kontes, dan garansi.  
  • Perantara, berupa barang cuma – cuma, diskon, iklan kerja sama, distribution contests, penghargaan.  
  • Tenaga penjualan, berupa bonus, penghargaan , dan hadiah untuk tenaga penjualan terbaik.  


4.  Hubungan Masyarakat (Public Relational)  
Hubungan masyarakat merupakan kiat pemasaran penting lainnya, di mana perusahaan tidak hanya harus berhubungan dengan pelanggan, pemasok, dan penyalur, tetapi juga harus berhubungan dengan kumpulan kepentingan publik yang lebih besar.

Hubungan masyarakat sangat peduli terhadap beberapa tugas pemasaran, antara lain :  
  • Membangun citra.  
  • Mendukung aktivitas komunikasi lainnya.  
  • Mengatasi permasalahan dan isu yang ada. 
  • Memperkuat positioning perusahaan.  
  • Memengaruhi publik yang spesifik.  
  • Mengadakan peluncuran untuk produk / jasa baru.  
Pengertian Promosi

Program hubungan masyarakat, antara lain:  
  • Publikasi.  
  • Acara – acara penting.  
  • Hubungan dengan investor.  
  • Pameran.  
  • Mensponsori beberapa acara.  


5.  Informasi dari Mulut ke Mulut (Word of Mouth)  
Dalam hal ini peranan orang sangat penting dalam mempromosikan jasa. Pelanggan sangat dekat dengan penyampaian jasa. Dengan kata  lain pelanggan tersebut akan berbicara kepada pelanggan lain yang berpotensial tentang pengalamannnya. Sehingga informasi dari mulut  -  kemulut ini sangat besar pengaruhnya dan dampaknya terhadap pemasaran dibandingkan dengan aktivitas komunikasi lainnya.  

6.  Pemasaran Langsung (Direct Marketing)  
Pemasaran langsung merupakan unsur terakhir dalam bauran komunikasi dan promosi. 

Daftar Pustaka Makalah Promosi

Simamora, Bilson.2001. Memenangkan Pasar dengan Pemasaran Efektif dan Profitable, Gramedia Pustaka Utama, Jakarta. 

Pengertian Promosi Definisi Tujuan Bauran Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment