Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 7 July 2015

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Unsur Tujuan Menurut Definisi Para Ahli

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi - Dalam melaksanakan suatu sistem informasi akuntansi unsur-unsur yang terlibat adalah manusia sebagai pelaksana dari sistem, organisasi atau perusahaan sebagai obyek yang membutuhkan sistem, dan pengolahan data transaksi untuk menghasilkan informasi. Unsur-unsur tersebut merupakan rangkaian yang terpadu dan saling berkaitan dalam melaksanakan suatu sistem. 

Banyak ahli akuntansi yang mencoba mendefinisikan sistem informasi akuntansi, beberapa diantaranya adalah: 

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Menurut Bodnar  dan Hopwood (2001:1),”an accounting information system is a collection of resources,such as people and equipment,design to transform financial and other data into information to a variety of decision makers according to their needs and entitlement”. 

Menurut  Wilkinson et al (2001:1),”an accounting information system is unified structure within an entity,such as a business firm, that employes physical resource and other components  to transform economic data into accounting information,with the purpose of satisfying the informartion needs of variety of user”. 

Menurut James A. Hall (2001:10), “sistem informasi akuntansi adalah sistem yang terdiri dari tiga sub sistem, yaitu  transaction processing systems, general ledger/financial reporting systems, management reporting systems.” 

Definisi di atas menjelaskan bahwa sistem informasi akuntansi adalah kesatuan struktur-struktur dalam suatu entitas, seperti perusahaan bisnis yang mempekerjakan sumber-sumber daya fisik dan komponen-komponen lain untuk mentrasformasi data ekonomi menjadi informasi akuntansi, dengan tujuan untuk memuaskan kebutuhan para pemakai informasi yang bervariasi. 

Unsur-Unsur Sistem Informasi Akuntansi 

Menurut Romney dan Steinbart (2005:3) sistem informasi akuntansi terdiri dari lima komponen, yaitu: 
  1. Orang-orang yang mengoperasikan sistem dan melaksanakan berbagai fungsi. 
  2. Prosedur-prosedur, baik manual maupun yang terotomatisasi, yang dilibatkan dalam mengumpulkan, memproses, dan menyimpan data tentang aktivitas-aktivitas organisasi. 
  3. Data tentang proses-proses bisnis organisasi. 
  4. Software (perangkat lunak) yang dipakai untuk memproses data organisasi. 
  5. Infrastruktur teknologi informasi, termasuk komputer, peralatan pendukung dan peralatan untuk komunikasi jaringan. 


Menurut Fakhri (2003:4) elemen-elemen penting dalam suatu sistem informasi akuntansi adalah : 
  1. Pemakai akhir, terdiri dari pemakai akhir ekternal yaitu kreditor, infestor, pemegang saham, pemerintah, dan pemakai akhir internal yaitu pihak manajemen  
  2. Sumber data, transaksi keuangan yang memasuki sistem informasi dari sumber eksternal dan internal 
  3. Pengumpulan data, tahap operasional yang tujuannnya untuk memastikan bahwa data yang memasuki sistem itu sah, lengkap, dan bebas dari kesalahan. 
  4. Pemrosesan data, data yang memasuki sistem di proses sehingga menghasilkan suatu inforrmasi yang berguna  
  5. Manajemen database, yaitu menyimpan, memperbaiki, dan memanggil serta menghapus data 
  6. Penghasil informasi, yaitu mengumpulkan, mengatur, memformat, dan menyajikan informasi untuk para pemakai.  
  7. Umpan balik, yakni bentuk output yang dikirim kembali ke sistem sebagai sumber data. 


Menurut Krismiaji (2002:16) usur-unsur sistem informasi akuntansi adalah 
  1. Tujuan 
  2. Masukan 
  3. Keluaran 
  4. Penyimpanan data 
  5. Pengolahan 
  6. Instruksi dan prosedur 
  7. Pengguna 
  8. Pengendalian dan pengukuran keamanan 

Baca: Pengertian Informasi Definisi Menurut Para Ahli Fungsi dan Kebutuhan

Tujuan Sistem Informasi Akuntansi 

Dalam memenuhi kebutuhan informasi baikuntuk kebutuhan pihak eksternal maupun pihak internal, sistem informasi akuntansi harus di desain sedemikian rupa sehingga memenuhi fungsinya. Demikian pula suatu sistem informasi akuntansi dalam memenuhi fungsinya harus mempunyai tujuan-tujuan yang dapat memberikan pedomankepada manajemen dalam melakukan tugasnya sehingga dapat menghasilkan informasi-informasi yang berguna , terutama dalam

Tujuan sistem informasi akuntansi menurut Fakhari (2004:6) adalah menyediakan informasi akuntansi bagi berbagai pemakai/pengguna. Secara lebih khusus tujuannnya adalah : 
  1. Untuk mendukung operasi harian 
  2. Untuk medukung pembuatan keputusan oleh pembuat keputusanintern perusahaan 
  3. Memenuhi kewajiban yang berhubungan dengan pengelolaan perusahaan 

Sistem Informasi Akuntansi

Kinerja Sistem Informasi Akuntansi 

Khalil (1997) dalam Tjhai Fung Jen (2002) mengukur efektifitas sistem informasi dengan menggunakan kepuasan pemakai dan pemakaian sistem. Soegiharto (2001) mengukur kinerja SIA dari sisi pemakai dengan membagi kinerja sistem informasi akuntansi ke dalam dua bagian yaitu kepuasan pemakai informasi dan pemakaian sistem informasi sebagai pengganti variabel kinerja SIA.  

Conrath dan Mignen (1990) dalam Tjhai Fung Jen (2002) mengatakan kepuasan pemakai sistem informasi dapat diukur dari kepastian dalam mengembangkan apa yang mereka perlukan. Delone dan McLean (1992) dalam Soegiharto (2001) mengemukakan ketika sebuah sistem informasi diperlukan, penggunaan sistem akan menjadi kurang dan kesuksesan manajemen dengan sistem informasi dapat menentukan kepuasan pemakai. 

Hamilton dan Chervany (1981), Ives dan Olson (1984) dalam Tjhai Fung Jen (2002) menunjukkan sistem informasi yang banyak digunakan menunjukkan keberhasilan sebuah sistem informasi manajemen. Sedangkan penelitian yang dilakukan Jahangir et al (2000) dalam Tjhai Fung Jen (2002) menunjukkan perbedaan penentuan keberhasilan komputer adalah tidak berdiri sendiri sehingga pemakaian sistem digunakan untuk melakukan penelitian mengenai sistem informasi. 

Daftar Pustaka Makalah Sistem Informasi Akuntansi

James A. Hall. 2001.  Sistem informasi akuntansi. Buku satu.Salemba Empat.Jakarta 

Fung Jen, Tjhai. 2002.  Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Kinerja Sistem Informasi Akuntansi. Jurnal Bisnis dan Akuntansi Volume IV No. 2. 

Soegiharto. 2001. “Influence Factors Affecting The Performance Of Accounting Information  System”. Gajah Mada International Journal of  Business Volume III No. 2.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi dan Unsur Tujuan Menurut Definisi Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment