Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 7 July 2015

Pengertin Obligasi Jenis Syarat Karakteristik dan Faktor Penentu Harga

Pengertin Obligasi - Menurut Sapto Rahardjo, obligasi merupakan surat utang jangka menengah atau panjang yang diterbitkan oleh pihak penerbit (perusahaan atau pemerintah) dengan memberi imbalan berupa bunga pada periode tertentu dan melunasi pokok utang pada waktu yang telah ditentukan kepada pihak pembeli obligasi tersebut.  

Obligasi sudah lama dikenal di pasar modal Indonesia. Hanya saja obligasi masih kalah bersaing dengan sekuritas saham. Ini disebabkan, emiten obligasi kebanyakan dikeluarkan Badan Hukum Milik Negara (BUMN). Obligasi dikenal memberikan pendapatan tetap (fixed income), yaitu berupa bunga yang dibayarkan dengan jumlah tetap pada waktu yang telah ditetapkan, misalnya tiap 3 bulan, 6 bulan maupun setahun sekali. 

Jenis Obligasi 

  • Corporate Bonds 
    Obligasi yang diterbitkan oleh perusahaan, baik yang berbentuk badan usaha milik negara (BUMN), atau badan usaha swasta.  
  • Government Bonds 
    obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah suatu negara yang diterbitkan dalam berbagai denominasi mata uang termasuk mata uang negara tersebut.  
  • Municipal Bond
    obligasi yang diterbitkan oleh pemerintah daerah untuk membiayai proyek-proyek yang berkaitan dengan kepentingan publik (public utility). 
   
Baca: Pengertian Kurs Valuta Asing Makalah Sistem Nilai Tukar


Persyaratan Pencatatan Obligasi 

  • Pernyataan pendaftaran telah dinyatakan efektif oleh BAPEPAM 
  • Laporan keuangan diaudit akuntan terdaftar di BAPEPAM dengan pendapatan Wajar Tanpa Kualifikasi (WTK) tahun buku berakhir 
  • Nilai nominal obligasi yang dicatatkan nominal Rp 25 Milyar. 
  • Rentang waktu efektif dengan permohonan pencatatan tidak lebih dari 6 bulan dan sisa jangka waktu tempo sekurang-kurangnya 3 tahun. 
  • Telah berdiri dan beroperasi sekurang-kurangnya 3 tahun. 
  • Dua tahun terakhir memperoleh laba operasional dan tidak ada saldo rugi tahun terakhir. 
  • Anggota, Direksi, dan Komisaris memiliki reputasi yang baik 

Karakteristik Obligasi : 

  • Nilai Nominal (Face Value) adalah nilai pokok dari suatu obligasi yang akan diterima oleh pemegang obligasi pada saat obligasi tersebut jatuh tempo.  
  • Kupon (the Interest Rate) adalah nilai bunga yang diterima pemegang obligasi secara berkala (kelaziman pembayaran kupon obligasi adalah setiap 3 atau 6 bulanan) Kupon obligasi dinyatakan dalam annual prosentase. 
  • Jatuh Tempo (Maturity) adalah tanggal dimana pemegang obligasi akan mendapatkan pembayaran kembali pokok atau Nilai Nominal obligasi yang dimilikinya. Periode jatuh tempo obligasi bervariasi mulai dari 365 hari sampai dengan diatas 5 tahun. Obligasi yang akan jatuh tempo dalam waktu 1 tahun akan lebih mudah untuk di prediksi, sehingga memilki resiko yang lebih kecil dibandingkan dengan obligasi yang memiliki periode jatuh tempo dalam waktu 5 tahun. Secara umum, semakin panjang jatuh tempo suatu obligasi, semakin tinggi Kupon / bunga nya.  
  • Penerbit / Emiten (Issuer) Mengetahui dan mengenal penerbit obligasi merupakan faktor sangat penting dalam melakukan investasi Obligasi Ritel. Mengukur resiko / kemungkinan dari penerbit obigasi tidak dapat melakukan pembayaran kupon dan atau pokok obligasi tepat waktu (disebut default risk) dapat dilihat dari peringkat (rating) obligasi yang dikeluarkan oleh lembaga pemeringkat seperti PEFINDO atau Kasnic Indonesia. 

Baca: Pengertian Pasar Modal Manfaat Jenis Definisi Lembaga Yang Terkait


Faktor Penentu Harga Obligasi 

  1. Tingkat return (bunga kupon) yang dijanjikan makin tinggi maka harga semakin tinggi 
  2. Obligasi tersebut yang bersifat yunior  harganya lebih rendah dibandingkan obligasi senior. 
  3. Suku bunga yang berlaku semakin rendah maka harga obligasi semakin tinggi 
  4. Jatuh tempo obligasi semakin panjang maka harganya semakin tinggi 
  5. Obligasi tersebut semakin likuid maka harganya semakin tinggi 
  6. Rating obligasi semakin bagus maka harganya semakin tinggi 
  7. Obligasi yang disertai jaminan maka harganya semakin tinggi 
Daftar Pustaka

Rahardjo, Sapto, 2003, Panduan Investasi Obligasi, Jakarta : PT Gramedia Pustaka Utama 

Pengertin Obligasi Jenis Syarat Karakteristik dan Faktor Penentu Harga Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment