Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Monday, 10 August 2015

Pengertian Informasi Definisi Menurut Para Ahli Fungsi dan Kebutuhan

Pengertian Informasi adalah penerangan, kabar, berita tentang sesuatu, atau keseluruhan makna yang menunjang amanat yang terlihat di bagian-bagian amanat tersebut (KBBI, 2002). 


Salah satu metode pemberian informasi dapat dilakukan metode penyuluhan yang secara harfiah, penyuluhan berasal dari kata suluh yang berarti obor atau alat yang digunakan untuk menerangi keadaan yang gelap. Dari asal kata tersebut dapat diartikan bahwa penyuluhan dimaksudkan untuk memberi penerangan ataupun penjelasan kepada mereka yang diberikan penyuluhan, agar tidak lagi berada dalam kegelapan mengenai suatu masalah tertentu. Clear dkk dalam Zulkarimen (1990) membuat rumusan bahwa penyuluhan merupakan jenis kursus pendidikan pemecahan masalah yang berorientasi pada tindakan. 

Pada hakikatnya penyuluhan merupakan suatu langkah dalam usaha mengubah masyarakat menuju keadaan yang lebih baik seperti yang dicita-citakan. Penyuluhan juga merupakan suatu kegiatan mendidikkan sesuatu kepada masyarakat, memberi mereka pengetahuan, informasi-informasi, dan kemampuan-kemampuan baru, agar mereka dapat membentuk sikap dan perilaku hidup menurut apa yang seharusnya. Metode yang dipakai dalam penyuluhan kesehatan hendaknya dapat mengembangkan komunikasi dua arah antara yang memberikan penyuluhan terhadap sasaran, sehingga diharapkan pesan yang disampaikan akan lebih jelas dan mudah dipahami. Metode yang dipakai antara lain : curah pendapat dan diskusi (Effendy, 1995). 

Materi yang disampaikan dalam penyuluhan hendaknya disesuaikan dengan kebutuhan dari individu sehingga dapat langsung dirasakan manfaatnya (Walgino, 1995). 

Fungsi informasi 

Nicholas (1996, dalam Purnomowati, 2008) menyatakan bahwa informasi mempunyai 5 fungsi, yaitu:  
  1. Fungsi  fact finding  yaitu informasi yang dibutuhkan seseorang untuk menjawab pertanyaan tertentu;  
  2. Fungsi  current awareness  yaitu informasi yang dibutuhkan seseorang agar dapat mengikuti perkembangan;  
  3. Fungsi riset yaitu seseorang membutuhkan informasi dalam bidang tertentu secara lengkap dan mendalam;  
  4. Fungsi  briefing  yaitu informasi yang dibutuhkan seseorang mengenai topik tertentu secara ringkas dan sepintas;  
  5. Fungsi stimulus yaitu informasi yang dibutuhkan seseorang untuk merangsang ide-ide baru.  


Kebutuhan Informasi

Menurut Krikelas (1983, dalam Purnomowati, 2008)  kebutuhan informasi adalah pengakuan tentang adanya ketidakpastian dalam diri seseorang yang mendorong seseorang untuk mencari informasi. Dalam kehidupan yang sempurna, kebutuhan informasi (information needs) sama dengan keinginan informasi (information wants), namun pada umumnya ada kendala seperti  ketiadaan waktu, kemampuan, biaya, faktor fisik, dan faktor individu lainnya,  yang menyebabkan tidak semua kebutuhan informasi menjadi keinginan informasi. Jika seseorang sudah  yakin bahwa sesuatu informasi benar-benar diinginkan, maka keinginan informasi akan berubah menjadi permintaan informasi (information demands). 

Daftar Pustaka Makalah Informasi
Effendi, N. (1995). Perawatan Kesehatan Masyarakat. Jakarta : EGC. 

Walgino, B. (1995).  Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah.  Yogyakarta :   Fakultas Psikologi UGM. 

Purnomowati, S. (2008). Dibuka pada tanggal 16 agustus 2008.  Diakses dari http://www.pdii.lipi.go.id/kebutuhan-informasi-dan-perilaku-pencarian- informasi-peneliti-lipi-di-serpong.html 

Pengertian Informasi Definisi Menurut Para Ahli Fungsi dan Kebutuhan Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment