Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 28 August 2015

Pengertian Populasi Menurut Definisi Para Ahli

Pengertian Populasi diartikan sebagai wilayah generalisasi yang terdiri atas : objek/subjek yang mempunyai kualitas dan karakteristik tertentu yang ditetapkan oleh peneliti untuk dipelajari dan kemudian ditarik kesimpulannya (Sugiyono, 2006: 117).

Definisi Populasi merupakan keseluruhan (universum) dari objek peneltian yang dapat berupa manusia, hewan, tumbuh-tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup, dan sebagainya, sehingga objek-objek ini dapat menjadi sumber data penelitian (Burhan, 2000:40).

Populasi adalah keseluruhan objek penelitian terdiri dari manusia, benda –benda, hewan, tumbuh–tumbuhan, gejala–gejala, atau peristiwa–peristiwa sebagai sumber data yang memiliki karakteristik tertentu dalam suatu penelitian (Nawawi, 1998:141).

Baca: Pengertian Sampel Menurut Definisi Para Ahli

Populasi kurang dari 100 maka dipakai rumus N = n yang artinya populasi adalah sampel (Arikunto, 2002:104).


Populasi berasal dari kata bahasa Inggris yaitu “population” yang berarti jumlah penduduk. Populasi penelitian merupakan keseluruhan dari objek penelitian yang dapat berupa manusia, hewan, tumbuhan, udara, gejala, nilai, peristiwa, sikap hidup dsb, sehingga objek-objek ini dapat menjadi sumber data penelitian. (Burhan Bungin. Metologi penelitian sosaial. Surabaya : Airlangga University Press. 2001. Hal 101.)


Daftar Pustaka:
Sugiyono, Prof, Dr, 2006.  Metode Penelitian Pendidikan ( Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Bandung: Penerbit Alfabeta. 

Bungin, Burhan. 2004.  Metode Penelitian Kuantitatif.  PT. Prenada Media. Jakarta. 

Nawawi, Hadari.1998.  Metode Penelitian bidang Sosial. Gajahmada University Pess. Yogyakarta 

Arikunto, Surhasini. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik.Rineka Cipta: Jakarta 

Pengertian Populasi Menurut Definisi Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment