Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Thursday, 6 August 2015

Pengertian Tindakan Kesehatan Hidup bersih pada Anak dan Contohnya

Pengertian Tindakan adalah aturan yang dilakukan, melakukan/mengadakan aturan- aturan untuk mengatasi sesuatu atau perbuatan. Adanya hubungan yang erat antara sikap dan pengetahuan merupakan kecenderungan untuk bertindak. Tindakan nampak menjadi lebih konsisten, serasi, sesuai dengan sikap bila  sikap individu sama dengan sikap kelompok dimana ia adalah bagiannya atau anggotanya (Purwanto, 1999). 

Tindakan
Suatu sikap belum otomatis terwujud dalam suatu tindakan (overt behaviour). Untuk terwujudnya sikap agar menjadi suatu perbuatan nyata diperlukan faktor pendukung atau suatu kondisi yang memungkinkan, antara lain adalah fasilitas. Sikap ibu yang positif terhadap kontrasepsi harus mendapat konfirmasi dari suaminya, dan adanya fasilitas yang memadai agar ibu tersebut dapat mengunakan alat kontrasepsi. Disamping fasilitas juga dipelukan faktor dukungan dari pihak lain misalnya dari pihak suami atau orang tua dan mertua dan lain sebagainya.

Baca: Pengertian Higiene Sanitasi Makanan Serta Tujuan Prinsip

Tingkat-tingkat praktek atau tindakan adalah sebagai berikut:

a. Persepsi (perception)
Mengenal dan memilih berbagai objek sehubungan dengan tindakan yang akan diambil adalah merupakan praktek tingkat pertama. Misalnya, seorang ibu dapat memilih jenis alat kontrasepsi yang cocok dengan dirinya.

b. Respon terpimpin (guided response)
Dapat melakukan sesuatu sesuai dengan urutan yang benar sesuai dengan contoh adalah merupakan indikator praktek tingkat dua. Misalnya seorang ibu dapat mencuci dan memotong-motong sayur dengan benar mulai dari cara mencuci dan memotong sayur hingga lamanya memasak.

c. Mekanisme (mecanism)
Apabila seseorang telah dapat melakukan sesuatu dengan benar secara otomat is  atau sesuatu itu sudah merupakan kebiasaan,  maka  orang tersebut sudah dapat mencapai praktek tingkat tiga. Misalnya seorang ibu yang  sudah mengimunisasikan bayinya pada umur-umur tertentu tanpa menunggu perintah atau ajakan orang lain.

d. Adaptasi (adaptation)
Adaptasi adalah suatu paktek atau tindakan yang sudah berkembang dengan baik. Artinya tindakan itu sudah dimodifikasi  tanpa mengurangi kebenaran tindakan tersebut. Misalnya ibu dapat memilih makanan yang bergizi tinggi berdasarkan bahan-bahan yang murah dan sederhana.

Pengukuran praktek dapat dilakukan secara tidak langsung yaitu dengan wawancara terhadap kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan beberapa jam, hari atau bulan yang lalu. Pengukuran juga dapat dilakukan secara langsung yakni dengan mengobservasi tindakan atau kegiatan responden.


Tindakan Murid Terhadap Perilaku Hidup Bersih Dan Sehat 

Tindakan mencuci tangan sebelum makan memakai air dan sabun mempunyai peranan penting dalam kaitannya dengan pencegahan infeksi berbagai penyakit, karena dengan mencuci tangan dengan air dan sabun dapat lebih efektif menghilangkan kotoran dan debu secara mekanis dari permukaan kulit dan secara bermakna mengurangi jumlah mikroorganisme penyebab penyakit seperti virus, bakteri dan parasit lainnya pada kedua tangan. Oleh karenanya mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun dapat lebih efektif membersihkan kotoran dan mikroorganisme yang  menempel pada permukaan kulit, kuku dan jari-jari pada kedua tangan (Agoes, 2008). 

Menurut Agoes (2008) perilaku anak sekolah yang sering jajan di sembarang tempat yang kebersihannya tidak dapat dikontrol oleh pihak sekolah dan tidak terlindung dan dapat tercemar oleh debu dan kotoran yang mengandung berbagai mikroorganisme. Hal ini dapat menjadi sumber penularan berbagai penyakit pada anak.  

Selain melalui tangan, berbagai mikroorganisme dapat juga masuk ketubuh melalui makanan dan minuman, terutama makanan jajanan yang tidak dikemas dan tidak tertutup rapat. Mikroorganisme yang ada di tanah/debu akan sampai pada makanan tersebut jika diterbangkan oleh angin atau dapat juga melalui lalat yang sebelumnya hinggap di berbagai tempat, terutama pada makanan jajanan yang tidak ditutup secara rapat. 

Untuk itu murid sekolah dasar dan masyarakat hendaknya membiasakan diri mencuci tangan sebelum makan dengan air dan sabun. Di samping itu, perlu dilakukan penyuluhan kesehatan kepada masyarakat tentang peningkatan perilaku hidup bersih dan sehat, serta  pihak sekolah meningkatkan promosi tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) kepada murid, dengan melakukan pemeriksaan perilaku cuci tangan sebelum makan, perilaku jajan di sekolah (Agoes, 2009). 

Tindakan Penjual Makanan Jajanan 

Menurut Notoatmodjo (2003), Definisi tindakan adalah gerak/perbuatan dari tubuh setelah mendapat ransangan ataupun adaptasi dari dalam tubuh maupun luar tubuh atau lingkungan. Tindakan seseorang terhadap stimulus tertentu akan banyak ditentukan oleh bagaimana kepercayaan dan perasaannya terhadap stimulus tersebut. 

Tindakan ini dapat diperoleh dengan melakukan pengukuran secara tidak langsung yaitu dengan wawancara atas kegiatan-kegiatan yang telah dilakukan beberapa waktu sebelumnya (Notoatmodjo, 2003). 

Daftar Pustaka:

Notoatmodjo, S. 2003. Pendidikan dan Perilaku Kesehatan. Penerbit Rineka Cipta. Jakarta. 

Agoes, D. 2008.  Perilaku Cuci Tangan Sebelum Makan dan Kecacingan pada  Murid SD di Kabupaten Pesisisr Selatan Sumatera Barat. Jurnal  Kesehatan Masyarakat Nasional Volume 2 Nomor 6. 

Purwanto, H. 1999. Pengantar Perilaku Manusia. EGC. Jakarta. 

Pengertian Tindakan Kesehatan Hidup bersih pada Anak dan Contohnya Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment