Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 27 May 2016

Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Lanjut Usia

Faktor-faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Lanjut Usia 

 Menurut Schneiders (dalam  Astuti, 2000), faktor-faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri secara umum adalah: 
a.  Kondisi fisik 
Aspek- aspek berkaitan dengan kondisi fisik yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri adalah: 
1) Hereditas dan konstitusi fisik

Temperamen merupakan komponen utama karena dari temperamen itu muncul karakteristik yang paling dasar dari kepribadian, khususnya dalam memandang hubungan emosi dengan penyesuaian diri. 

2)  Sistem utama tubuh 
Sistem syaraf, kelenjar dan otot termasuk ke dalam sistem utama tubuh yang memiliki pengaruh terhadap penyesuaian diri. 

3) Kesehatan fisik 
Penyesuaian diri individu akan lebih mudah dilakukan dan dipelihara dalam kondisi fisik yang sehat daripada yang tidak sehat. Kondisi fisik yang sehat dapat menimbulkan penerimaan diri, percaya diri, harga diri, dan sejenisnya yang akan menjadi kondisi yang sangat menguntungkan bagi proses penyesuaian diri. 

b.  Kepribadian 
Unsur-unsur kepribadian yang penting pengaruhnya terhadap penyesuaian diri adalah: kemauan dan kemampuan untuk berubah, pengaturan diri, realisasi diri, dan kecerdasan.  

c.  Edukasi/pendidikan 
Unsur-unsur penting dalam edukasi/pendidikan yang dapat mempengaruhi penyesuaian diri individu adalah: belajar, pengalaman, lat ihan, dan determinasi diri. 

d.  Lingkungan 
Faktor lingkungan meliputi: lingkungan keluarga dan lingkungan masyarakat. 

e.  Agama dan budaya 
Agama berkaitan erat dengan faktor budaya. Agama memberikan sumbangan nilai-nilai, keyakinan, praktik-praktik yang memberi makna sangat mendalam, tujuan serta kestabilan dan keseimbangan hidup individu. Budaya juga merupakan faktor yang sangat berpengaruh terhadap kehidupan individu. Hal ini terlihat dari adanya karakteristik budaya yang diwariskan kepada individu melalui berbagai media dalam lingkungan keluarga maupun masyarakat. 

Hurlock (1999) mengemukakan beberapa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri lanjut usia adalah: 
a.  Persiapan untuk hari tua 
Individu yang tidak mempersiapkan diri secara psikis dan ekonomis untuk menghadapi berbagai perubahan yang akan terjadi di hari tua, seringkali akan mengalami trauma dalam melakukan penyesuaian tersebut. 

b.  Pengalaman masa lampau 
Berbagai kesulitan yang dialami dalam menyesuaikan diri pada lanjut usia seringkali merupakan akibat dari pelajaran tentang bentuk tertentu dari penyesuaian di masa lalu, yang tidak sesuai dengan periode lanjut usia dalam rentang kehidupannya. 

c.  Kepuasan kebutuhan 
Individu harus mampu memuaskan berbagai kebutuhan pribadi mereka dan berbuat sesuai dengan harapan-harapan orang lain sepanjang rentang kehidupan untuk dapat menyesuaikan diri dengan baik. 

d.  Kenangan akan persahabatan lama 
Lanjut usia akan semakin baik melakukan penyesuaian dan juga akan semakin bahagia bila semakin lama persahabatan antara individu-individu lanjut usia dapat dipertahankan. Pindah ke wilayah lain atau meninggalkan teman-teman lamanya akan menghambat penyesuaian dengan lingkungan baru. 

e.  Anak-anak yang telah dewasa 
Sikap anak yang telah dewasa terhadap orang tua yang sudah lanjut usia dan sering berhubungan dengan lanjut usia tersebut dapat menciptakan penyesuaian sosial dan personal yang baik bagi individu lanjut usia. 

Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Lanjut Usia

f.  Sikap sosial 
Salah satu hambatan terbesar dalam melakukan penyesuaian diri yang baik di masa lanjut usia adalah sikap sosial yang kurang senang terhadap individu lanjut usia. 

g.  Sikap pribadi 
Sikap  menolak terhadap usia yang semakin bertambah tua, dan terhadap penyesuaian atas perubahan yang terjadi karena bertambahnya usia merupakan hambatan yang serius bagi terwujudnya penyesuaian diri yang berhasil di hari tua. 

h.  Metode penyesuaian diri 
Metode rasional mencakup menerima batas usia, mengembangkan minat-minat baru, belajar melepaskan anak, dan tidak memikirkan masa lalu. Metode irasional meliput i menolak berbagai perubahan yang datang bersamaan dengan bertambahnya usia dan mencoba untuk melanjutkan keadaan seperti pada masa-masa sebelumnya, asyik dengan hal-hal yang menyenangkan di masa lampau, dan ingin tergantung pada orang lain untuk merawat dirinya. 

i.  Kondisi 
Penyakit yang kronis (menahun) merupakan penghalang yang lebih besar dibanding penyakit yang bersifat temporer dalam menyesuaikan diri dengan masa lanjut usia, walaupun penyakit temporer mungkin lebih berat deritanya dan lebih berbahaya. 

j.  Kondisi hidup 
Pemaksaan kepada lanjut usia untuk tinggal di suatu tempat yang membuat lanjut usia merasa rendah diri, tidak sesuai dan membenci tempat itu, dapat mengakibatkan situasi yang tidak menyenangkan dalam penyesuaian diri yang harus dilakukan pada masa lanjut usia. 

k.  Kondisi ekonomi 
Individu-individu lanjut usia akan merasa sulit untuk menyesuaikan diri dengan permasalahan keuangan karena mengetahui bahwa individu tersebut mempunyai kesempatan yang kecil atau tidak sama sekali dalam memecahkan masalah tersebut, tidak seperti yang dahulu dapat individu lakukan ketika masih muda.  

Berdasarkan uraian di atas, dapat disimpulkan bahwa faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri lanjut usia secara umum adalah kondisi fisik, kepribadian, edukasi atau pendidikan, lingkungan, agama dan budaya. Faktor yang mempengaruhi penyesuaian diri lanjut usia di panti wredha adalah persiapan untuk hari tua, pengalaman masa lampau, kepuasan kebutuhan, kenangan akan persahabatan lama, anak-anak yang telah dewasa, sikap sosial, sikap pribadi, metode penyesuaian diri, kondisi, kondisi hidup, dan kondisi ekonomi.

Daftar Pustaka Makalah Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Lanjut Usia

Astuti, A.B. (2000). Hubungan Antara Dukungan Keluarga Dengan Penyesuaian Diri Perempuan Pada Kehamilan Pertama. Jurnal Psikologi 2000 No. 2. Halaman 84-95.

Hurlock, E.B. (1999).  Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Edisi kelima. Jakarta: Erlangga. 

Faktor yang Mempengaruhi Penyesuaian Diri Lanjut Usia Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment