Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Wednesday, 16 September 2015

Klasifikasi Pisang Kingdom Marfologi dan Pengertian

Klasifikasi Pisang yang tergolong tanaman buah berupa herba  tidak asing lagi bagi sebagian besar masyarakat. Tumbuhan ini berdasarkan klasifikasi ilmiahnya tergolong dalam keluarga besar Musaceae, sebagaimana penggolongan dari tingkat Kingdom hingga species berikut ini:


Kingdom, Marfologi, Klasifikasi Pisang

Kerajaan   : Plantae 
Divisi   : Magnoliophyta 
Kelas   : Liliopsida 
Bangsa   : Zingiberales 
Keluarga  : Musaceae 
Marga   : Musa 
Spesies  : Musa Paradisiaca, Linn. 

Pengertian Pisang merupakan tumbuhan asli Asia Tenggara, yaitu berasal dari Semenanjung Malaysia dan Filipina. Tetapi ada juga yang menyebutkan bahwa pisang berasal dari Brasil dan India. Dari sini kemudian menyebar hingga ke daerah Pasifik (Cinthya, 2006). 

Tinggi tanaman pisang (dewasa) berkisar antara 2  –  8 m (tergantung jenisnya), dengan daun-daun yang panjangnya  ada yang mencapai 3,5 m. Tanaman pisang akan menghasilkan satu tandan buah pisang, sebelum dia mati dan digantikan oleh batang pisang baru. Untuk satu tandan pisang sendiri terdiri atas 5  –  20 sisir, yang masing-masing sisir terdiri lebih dari  20 buah pisang. Pisang berkembang dengan subur pada daerah tropis yang lembab, terutama di dataran rendah. Di daerah hujan turun merata sepanjang tahun, produksi pisang dapat berlangsung tanpa mengenal musim. Indonesia (Cinthya, 2006). 

Dari hasil berbagai penelitian diketahui bahwa buah pisang mengandung gizi yang sangat baik. Di dalam buahnya terdapat energi yang cukup tinggi dibandingkan buah-buahan yang lain. Pisang kaya mineral seperti kalium, magnesium, fosfor, besi dan kalsium. Berdasarkan kandungan energi dalam buah pisang maka pisang direkomendasikan oleh para ahli herbal untuk mengobati berbagai jenis penyakit, seperti: pendarahan rahim, sariawan usus, ambeien, cacar air, telinga dan tenggorokan bengkak, disentri, amandel, kanker perut, sakit kuning, pendarahan usus besar, diare, dll. Pisang juga dapat mengobati tekanan darah tinggi, karena pisang mengandung potassium yang tinggi yang berguna bagi orang yang harus melakukan diet rendah garam. 

Daftar Pustaka Makalah Klasifikasi Pisang

Klasifikasi Pisang Kingdom Marfologi dan Pengertian Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment