Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Monday, 21 September 2015

Model Pembelajaran Orang Dewasa (POD) Prinsip dan Konsep

Pengertian Model Pembelajaran Orang DewasaPembelajaran dapat diartikan sebagai suatu interaksi antara peserta pebelajar dengan pengajar atau instruktur dan/atau sumber belajar pada suatu lingkaran belajar untu pencapaian tujuan belajar tertentu. Pembelajaran orang dewasa (andragogi) jelas berbeda dengan pembelajaran bagi anak-anak (pedagogi), karakteristik peserta belajar dalam hal tujuan hidupnya, peran sosial di masyarakat, fungsi indrawi sehingga memerlukan pendekatan dan strategi yang berbeda antara orang dewasa dan anak-anak.


Prinsip POD

Pembelajaran orang dewasa sering disebut diklat (pendidikan dan pelatihan). Prinsip-prinsip pembelajaran orang dewasa antara lain: kebutuhan untuk mengetahui, konsep diri peserta belajar, peranan pengalaman peserta belajar, kesiapan belajar, orientasi belajar, dan motivasi.

Orang dewasa perlu mengetahui mengapa harus belajar, dimana mahasiswa dapat menemukan kesenjangan antara kemampuan yang dimiliki saat ini dengan kemampuan yang seharusnya dimiliki. Tugas utama dosen adalah fasilitator yang membantu mahasiswa menjadi sadar akan perlunya mengetahui dan dapat memaparkan efetifitas kinerjanya.

Secara umum orang dewasa telah memiliki konsep diri bahwa dirinya mempunyai  tanggung  jawab   atas  keputusan  yang  dibuatnya  sendiri  atas kehidupannya seperti: mengembangkan kebutuhan psikologi yang mendalam untuk diperhatikan orang lain, mampu bersikap mengatur kehidupannya sendiri, menolak dan menentang situasi ketika ada orang lain yang memaksakan kehendaknya.

Orang dewasa membawa pengalaman yang berbeda-beda setiap individu sehingga memberikan implikasi bahwa mereka aalah heterogen dari segi latar belakang, gaya belajar, motivasi, minat, dan sasaran. Strategi pembelajaran orang dewasa mengutamakan menggali pengalaman peserta belajar melalui: diskusi kasus, simulasidan studi banding.

Penentuan waktu belajar hendaknya disesuaikan dengan tahap perkembangan orang dewasa. Rangsangan kesiapan belajar melalui model pembelajaran orang dewasa merupakan hal yang penting untuk kesiapan belajar.

Orientasi belajar pada orang dewasa terpusat pada masakah kehidupan/tugas yang dihadapi. Orang dewasa akan termotivasi untuk mempelajari sesuatu asalkan mereka merasa bahwa sesuatu yang dipelajari tersebut dapat ditampilkan dalam konteks penyerapannya pada situasi kehidupan sebenarnya.

Motivasi orang dewasa untuk belajar, antara lain tanggap terhadap beberapa dorongan eksternal. Dorongan yang paling kuat adalah dorongan internal (keinginan untuk meningkatan kepuasan kerja, kebanggaan diri dan mutu hidup). Semua orang dewasa normal akan termotivasi dan tetap tumbuh dan berkembang .

Daftar Pustaka Makalah Model Pembelajaran Orang Dewasa (POD)

Model Pembelajaran Orang Dewasa (POD) Prinsip dan Konsep Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment