Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Saturday, 28 May 2016

Pengertian Dewasa Dini Definisi Tugas Perkembangan Psikososial

Pengertian Dewasa Dini - Kata adult berasal dari bahasa Latin, yang berarti tumbuh menjadi dewasa, jadi orang dewasa adalah individu yang telah menyelesaikan pertumbuhannya dan siap menerima kedudukan dalam masyarakat bersama dengan orang dewasa lainnya (Hurlock, 1999). Setiap kebudayaan memiliki perbedaan tersendiri dalam memberikan batasan usia kapan seseorang dikatakan dewasa. Pada sebagaian besar kebudayaan kuno, status ini tercapai apabila pertumbuhan pubertas sudah selesai atau hampir selesai dan apabila organ reproduksi anak sudah  berkembang dan mampu bereproduksi. Hurlock (1999) membedakan masa dewasa dalam 3 bagian, yaitu:


  1. Masa dewasa dini (18 – 40 tahun )
    Masa ini ditandai dengan perubahan-perubahan fisik dan psikologis yang disertai berkurangnya kemampuan produktif. 
  2. Masa dewasa madya (40 – 60 tahun)
    Masa menurunnya kemampuan fisik dan psikologis yang tampak jelas pada setiap orang. 
  3. Masa dewasa lanjut (Usia lanjut) 


Dimulai dari usia 60 tahun sampai kematian. Pasa masa ini kemampuan fisik maupun psikologis cepat menurun, tetapi teknik pengobatan modern, serta upaya dalam hal berpakaian serta dandanan memungkinkan pria dan wanita berpenampilan, bertindak, dan berperasaan seperti saat mereka masih lebih muda. 

Tugas-Tugas Perkembangan Dewasa Dini 


Havighurst (dalam Lenfrancois, 1990) menyatakan bahwa tugas perkembangan adalah tuntutan yang diberikan kepada individu oleh lingkungan atau masyarakat sekitar terhadap diri individu tersebut, yang mengalami peningkatan seiring dengan bertambahnya usia. Menurut Havigrust, dewasa dini memiliki tugas perkembangan sebagai berikut:
  1. Memilih pasangan 
  2. Belajar untuk hidup bahagia dengan pasangan 
  3. Mulai membina keluarga dan mulai mengambil peran sebagai oraang tua 
  4. Mengasuh anak 
  5. Mengelola rumah tangga 
  6. Mulai bekerja dan meniti karir 
  7. Mengambil tanggung jawab sebagai warga negara 
  8. Membangun hubungan sosial 



Tugas Psikososial Dewasa Dini 

Erikson mengatakan bahwa tahap perkembangan psikososial dewasa dini adalah intimacy versus isolation, sebagai salah satu tugas yang penting bagi dewasa dini (dalam Papalia, 2004). Intimacy akan muncul saat seseorang sudah mencapai atau menemukan cara untuk membentuk dan mempertahankan identitas secara menetap, yang dilakukan dalam masa remaja. Intimacy merupakan kemampuan seseorang untuk menyatukan identitas diri yang sudah ditemukan di masa remaja dengan identitas diri orang lain (Feist & Feist, 2002). Erikson menggambarkan intimacy sebagai sebuah proses menemukan identitas diri dan juga kehilangan identitas diri pada orang lain (dalam Santrock,1998). Newman (2006) kemudian menambahkan bahwa intimacy merupakan kemampuan seseorang untuk mengalami, baik itu menerima atupun memberi, suatu hubungan yang terbuka, saling mendukung dan hubungan yang penuh kasih dengan orang lain tanpa adanya ketakutan kehilangan identitas diri di dalam proses tersebut.

Intimacy pada dewasa dini dapat ditemukan melalui hubungan intim yang dibentuk dengan pasangan romantisnya (pacar, suami atau istri) dan juga dengan sahabat (Papalia,2004). Newman (2006) kemudian menambahkan bahwa salah satu tugas perkembangan pada dewasa dini adalah membangun hubungan yang intim dengan seseorang di luar dari anggota keluarganya.


Suatu hubungan yang intim memiliki komponen kognitif dan afektif. Seseorang akan mampu untuk memahami pandangan dan pemikiran dari pasangannya. Individu biasanya juga akan mengalami suatu rasa kepercayaan diri dan saling memberikan perhatian yang merefleksikan kasih sayang mereka terhadap pasangannya. Intimacy juga akan mendorong individu unuk terbuka dengan perasaannya sehingga memungkinkan individu tersebut untuk berbagi ide- ide dan rencana dengan pasangannya (Newman, 2006)

Individu dewasa dini yang tidak berhasil melaksanakan tugas perkembangan psikosialnya, dalam menyatukan identitas diri sendiri dengan identitas diri orang lain melalui intimacy akan mengalami isolasi. Isolasi merupakan keadaan individu yang tidak   memiliki   kemampuan   untuk menyatukan identitas diri sendiri dengan   identitas   diri   orang   lain melalui intimacy yang sebenarnya (Erikson dalam Feist & Feist, 2002). Ketidakmampuan untuk membangun hubungan yang bermakna dengan orang lain dapat berbahaya bagi kepribadian individu. Hal ini memungkinkan individu untuk menolak, mengabaikan, atau menyerang orang-orang yang mereka anggap dapat membuat mereka frustasi (Santrock, 1995). Newman (2006) kemudian menambahkan bahwa ada beberapa yang dapat dialami oleh individu yang mengalami isolasi seperti: kesepian, depresi, identitas diri yang kaku dan gangguan seksual.

Daftar Pustaka Makalah Dewasa Dini 

Newman, Barbara M. & Philip R. Newman. (2006). Development Through Life ;A Psychososial   Approach.   Ninth   Edition.   New   York   :ThompsonWadsworth

Santrock, John W. (1998). Adolescene. Dallas : Mc Graw Hill

Feist, Jess & Feist, Gregory F. (2002). Theories of Personality. Fifth Edition. New York : McGraw Hill Companies

Papalia, Sally Wendkos Olds, Ruth Duskin F. (2007) Human Development. Tenth Edition.New York: Mc Graw Hill Companies

Lefrancois, Guy R. (1990). The Life Span, Third Edition. New York : Wadsworth 

Hurlock, Elizabeth B. (1999) Psikologi Perkembangan. Suatu PendekatanSepanjang Rentang   Kehidupan,   Edisi  Kelima.  Jakarta  :  PenerbitErlangga

Pengertian Dewasa Dini Definisi Tugas Perkembangan Psikososial Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment