Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Saturday, 28 May 2016

Pengertian Kewirausahaan Definisi Minat Berwirausaha dan Faktor yang Memengaruhi

Pengertian Kewirausahaan Adalah - Menurut Kamus Bahasa Indonesia (2008) kewirausahaan terdiri dari kata “wira” dan “usaha”. “Wira” sendiri berarti pejuang, gagah berani, kesatria, teladan, manusia unggul, berbudi pekerti dan berwatak berani.


Sedangkan “usaha” adalah kemauan yang gigih untuk meraih sesuatu atau usaha mandiri mengarah pada tenaga dan pikiran dalam mencapai suatu tujuan.

Kewirausahaan adalah bentuk dari sikap mental dan jiwa yang selalu aktif dan kreatif dalam berdaya cipta, berkarsa, dan bersahaja dalam berusaha meningkatkan pendapatan dari kegiatan usaha yang ia geluti didasarkan pada pendapat Amin (dalam Puri, 2008). Sedangkan kewirausahaan menurut Longenecker (2001) ialah seseorang yang berani mengambil keputusan untuk memulai dan menjalankan bisnis.

Kewirausahaan menurut Soetadi (2010) merupakan sikap mental dan sifat jiwa yang selalu aktif dalam berusaha untuk memajukan karya baktinya dalam rangka upaya meningkatkan pendapatan di dalam kegiatan usahanya. Selain itu, Soetadi (2010) juga menambahkan bahwa kewirausahaan adalah kemampuan kreatif dan inovatif yang dijadikan dasar, kiat, dan sumber daya untuk mencari peluang menuju sukses.

Dengan demikian, berdasarkan pemaparan yang disampaikan di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kewirausahaan adalah bentuk sikap berani, kreatif, inovatif, dan siap menempuh segala macam resiko guna mencapai tujuan kesuksesan dari usaha yang dirintis.

Pengertian Minat Berwirausaha

Berdasarkan pengertian minat dan pengertian kewirausahaan sebelumnya, diambil kesimpulan bahwa minat berwirausaha adalah kecenderungan, keyakinan, serta kesediaan dari dalam diri individu untuk siap menempuh segala resiko dengan perasaan senang dalam melakukan tindakan wirausaha yang dalam hal ini adalah network marketing atau MLM.

Faktor-faktor yang Memengaruhi Minat Berwirausaha

Longenecker (2001) menyampaikan bahwa tiap orang berminat untuk berwirausaha karena adanya beberapa faktor yang melatarbelakanginya yaitu:

a) Laba 
Hasil finansial dari bisnis apa pun harus dapat mengganti kerugian waktu dan dana yang telah dikeluarkan. Namun tidak hanya terbatas sampai di situ, seorang wirausahawan juga mengharapkan imbalan atau keuntungan yang pantas bagi resiko dan inisiatif yang mereka ambil dalam mengoperasikan bisnis mereka sendiri.Laba merupakan salah satu motivasi yang kuat dalam mempertahankan minat berwirausaha mengingat bahwa dengan laba juga kelangsungan bisnis seorang wirausahawan digantungkan. 

b) Kebebasan 
Kebebasan untuk menjalankan secara bebas usahanya merupakan imbalan lain bagi seorang wirausahawan. Keingingan untuk dapat membuat keputusan sendiri, mengambil resiko, menentukan secara bebas keuntungan yang mereka dapat untuk pribadi, serta menjadi satu-satunya bos dalam wirausahanya merupakan kebebasan yang sangat menarik bagi seorang wirausahawan.

Pengertian Kewirausahaan

c) Kepuasan Menjalani Hidup 
Kepuasan yang bisa didapatkan dalam menjalankan usahanya sendiri merupakan salah satu kenikmatan hidup yang secara konsisten tetap menjaga minat berbisnis seorang wirausahawan.Kenikmatan yang mereka dapatkan tersebut merefleksikan keceriaan dan pemenuhan harapan pribadi mereka. 

Daftar Pustaka Makalah Kewirausahaan

Longnecker, J., Carlos, W. M., & Petty, W. J. (2001). Kewirausahaan manajemen usaha kecil. Terjemahan thomson learning. Jakarta: Salemba Empat.

Soetadi, I. (2010). Kewirausahaan. Medan: USU press.

Puri, Y. S. (2011). Hubungan antara adversity quotient dengan minat berwirausaha siswa kelas XII pemasaran di SMKN Surabaya. Tesis. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pengertian Kewirausahaan Definisi Minat Berwirausaha dan Faktor yang Memengaruhi Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment