Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Thursday, 29 September 2016

Pengertian Mahasiswa Definisi Menurut Para Ahli

Pengertian Mahasiswa  - Secara harfiah, mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi, baik di universitas, institut, maupun akademi. Menurut Kamus Bahasa Indonesia (2008), Definisi mahasiswa adalah orang yang belajar di perguruan tinggi. Setelah menyelesaikan pendidikan di bangku sekolah, sebagian siswa ada yang menganggur, mencari pekerjaan, atau melanjutkan pendidikan ke tingkat perguruan tinggi. Mereka yang terdaftar sebagai murid di perguruan tinggi dapat disebut sebagai mahasiswa (Takwin, 2008).


Belajar di perguruan tinggi sangat berbeda dari belajar di sekolah (Furchan, 2009). Di sekolah, siswa lebih banyak berperan sebagai penerima ilmu pengetahuan, sementara guru dianggap sebagai pemberi ilmu pengetahuan. Di perguruan tinggi, mahasiswa lebih aktif dalam mencari ilmu pengetahuan, sementara pengajar berfungsi sebagai fasilitator yang membantu mahasiswa mencapai tujuan pembelajaran yang telah disepakati. Menurut Kartono (dalam Ulfah, 2010) mahasiswa merupakan anggota masyarakat yang mempunyai ciri-ciri tertentu, antara lain:


  1. Mempunyai kemampuan dan kesempatan untuk belajar di perguruan tinggi, sehingga dapat digolongkan sebagai kaum intelegensia. 
  2. Karena kesempatan yang ada, mahasiswa diharapkan nantinya dapat bertindak sebagai pemimpin yang mampu dan terampil, baik sebagai pemimpin masyarakat ataupun dalam dunia kerja. 
  3. Diharapkan dapat menjadi daya penggerak yang dinamis bagi proses modernisasi. 
  4. Diharapkan dapat memasuki dunia kerja sebagai tenaga yang berkualitas dan profesional. 
Pengertian Mahasiswa Menurut Para Ahli
Daftar Pustaka Makalah  Mahasiswa

Furchan, A. (2009). Beda antara belajar di sekolah dan di perguruan tinggi. Pendidikanislam.net. http.pendidikanislam.net/index.php/untuk-siswa-a-mahasiswa/37-trampil-belajar/63-beda-antara-belajar-di-sekolah-dan-di-perguruan-tinggi (Diakses pada tanggal 3 Mei 2013)

Takwin, B. (2008). Menjadi mahasiswa. Bagustakwin .multiply.com. http://bagustakwin.multiply.com/journal/item/18 (Diakses pada tanggal 28 Desember 2012).

Reality. (2008). Kamus terbaru bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.

Pengertian Mahasiswa Definisi Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

1 comments:

  1. makasih kaka
    ngunjung ke blog saya
    pelajarankampoes.blogspot.com

    ReplyDelete