Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 22 September 2015

Pengertian Microsoft Access adalah Penggunaan membuat Tabel, Tipe Data, Primary Key

Pengertian Microsoft Access adalah salahsatu program aplikasi RDBMS (Relational Database Management Sistem), dimana semua data yang ada disimpan dalam tabel-tabel yang terdiri dari atas lajur kolom dan baris. Dengan RDBMS, pengelolaan sebuah database akan mudah dilakukan walaupun jumlah datanya banyak dan kompleks.


Dibandingkan  dengan  program  aplikasi  pembuatan  database  lain,

Microsoft Access sangat mudah digunakan dan fleksibel dalam pembuatan dan perancangan suatu database. Perancangan dan pengelolaan database pada
Microsoft Access meliputi pembuatan Table, Form, Query, Modul, dan Pages.


Gambar  Menu Microsoft Access

Tipe Data

Tipe data digunakan untuk menentukan tipe data dari suatu field dalam sebuah tabel, dengan pilihan tipe sebagai berikut:
  1. Text :Untuk menerima data teks sampai 255 karakter yang terdiri dari huruf, angka, dan simbol grafik.
  2. Memo :Untuk menerima data teks sampai 65,535 karakter yang terdiri dari dari huruf, bilangan, tanda baca serta simbol grafik. Tipe data ini tidak dapat digunakan sebagai acuan untuk pengurutan data (indeks).
  3. Number :Untuk menerima digit, tanda minus dan titik desimal. Tipe data number mempunyai lima pilihan ukuran bilangan dan jumlah digit tertentu.
  4. Date/Time :Untuk menerima data tanggal dan waktu, serta nilai tahun yang dimulai tahun 100 sampai dengan 9999.
  5. Currency :Untuk menerima data digit, tanda minus, tanda desimal dengan tingkat ketepatan 15 digit desimal di sebelah kiri tanda titik desimal dan 4 digit di sebelah kanan tanda titik desimal.
  6. Autonumber :Untuk menampilkan nomor urut otomatis, yaitu berupa data angka mulai dari 1 dengan nilai selisih 1.
  7. Yes/No :Tipe ini untuk menerima salah satu data dari dua nilai, yaitu Yes/No, True/False atau On/Off.
  8. OLE Object :Untuk menerima data yang berupa obyek grafik, spreadsheet, foto digital, rekaman suara, atau video yang dapat diambil dari program aplikasi lain. Ukuran maksimum adalah 1 Gigabyte.
  9. Hyperlink :Untuk menerima data yang berupa teks yang berwarna dan bergaris bawah serta grafik, dimana tipe data ini berhubungan dengan jaringan.\
  10. Attachment :Untuk menerima data yang berupa file gambar, spreadsheet, dokumen, grafik, dan tipe data lain.
  11. Lookup Wizard :Untuk menampilkan satu dari beberapa tipe data yang ada dalam suatu daftar. Data tersebut dapat diambil dari tabel maupun query yang ada.


Membuat Tabel

Penggunaan Microsoft Access dalam membuat tabel dapat dilakukan dengan design view dengan cara mengklik dua kali create table in design view yang digunakan untuk membuat tabel secara manual. Kemudian baru dimasukkan field-fieldnya pada kotak dialog, sebagaimana dapat dilihat pada gambar berikut:


Gambar. Kotak Dialog Table in Design View

Setelah selesai memasukkan field dan struktur tabelnya, simpanlah dengan mengklik menu File-Save, beri nama pada Table Name, maka Access secara otomatis memberi nama tabel Table1, akan tetapi boleh diubah, kemudian klik Close.

Membuat Primary Key

Primary key berguna untuk menghindari terjadinya pemasukan data yang sama (redundancy data). Adapun cara membuat primary key pada Access adalah sebagai berikut:
  1. Sorot field yang akan dibuat primary key-nya. 
  2. Klik kanan mouse, atau dari toolbar Table Design klik ikon yang bergambar vkunci sehingga muncul tampilan di bawah ini:



Gambar. Tampilan Akhir Tabel dengan Primary Key

Membuat Relasi Antar Tabel


Relasi antar tabel adalah hubungan satu tabel dengan tabel lainnya yang berupa hubungan satu ke satu, hubungan satu ke banyak dan hubungan banyak ke banyak. Adapun langkah-langkah pembuatan hubungan antar tabel pada Access adalah sebagai berikut:
  1. Klik menu Tools-Relationship, sehingga muncul tampilan sebagai berikut 
  2. Sorot tabel yang akan direlasikan dengan tabel lainnya, lalu klik Add. Kemudian diakhiri dengan menekan tombol Close. 
  3. Lalu Drag field dari yang akan dijadikan sebagai penghubung antara tabel satu dengan tabel lainnya, hingga muncul tampilan berikut. 


Kemudian klik Enforce Referential Integrity, dan pastikan type relationship, yakni satu ke satu karena satu mahasiswa hanya mempunyai satu NIM. 


Gambar. Kotak dialog Edit Relationship



Keterangan:

  1. Enforce Referential Integrity, yakni hubungan anta tabel akan dibuat baku. Hal ini mengakibatkan kotak Cascade Updated Related Fields dan Cascade Update Related Record menjadi aktif. 
  2. Cascade updated related fields, apabila record yang berada di parent key dihapus, akan menghapus semua record yang berada pada tabel database. 
  3. Cascade update related record, apabila primary key diubah, akan mengkibatkan perubahan pada primary key di tabel child. Hasil akhirnya sebagai berikut: 


Gambar. Tampilan Relasi antar Dua Tabel

Daftar Pustaka Makalah Microsoft Access

Pengertian Microsoft Access adalah Penggunaan membuat Tabel, Tipe Data, Primary Key Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

3 comments: