Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Monday, 21 September 2015

Pengertian Model Pembelajaran Tanya Jawab Tujuan, Langkah, Kelebihan dan Kekurangan

Pengertian Model Pembelajaran Tanya Jawab adalah model pembelajaran yang bersifat aktif individual dengan mengakibatkan terjadinya komunikasi secara langsung yang bersifat two way traffic antara dosen dengan dosen, atau mahasiswa sesama mahasiswa dengan dosen (Istarani, 2012).


Rostiyah N.K (2008) mengatakan bahwa untuk menciptakan kehidupan interaksi belajar mengajar, seorang dosen perlu menimbulkan metode tanya jawab. Model pembelajaran tanya jawab merupakan suatu model yang memotivasi pada mahasiswa agar meningkatnya pemikiran untuk bertanya, dosen mengajukan pertanyaan sehingga mahasiswa menjawab (Istarani, 2010).

Tujuan Penggunaan Model Pembelajaran Tanya Jawab

Penggunaaan metode tanya jawab biasanya digunakan untuk menyimpulkan/mengikhtisar pelajaran atau apa yang dibaca, dengan dibantu tanya jawab antara mahasiswa dan mencapai suatu tujuan yang baik.

Dalam tanya jawab, dosen dapat menilai mahasiswa apakah mahasiswa paham dan mengerti tentang materi yang tela disampaikan.Seorang dosen dalam metode tanya jawab juga bisa menilai apakah mahasiswa mendengarkan dengan baik atau tidak (Istarani, 2012).

Langkah-Langkah Model Pembelajaran Tanya Jawab

Proses yang dilakukan dengan membaca, meneliti atau diskusi. Membaca informasi dari berbagai sumber adalah salah satu teknik untuk menemukan jawaban. Sebelum pembelajaran berlangsung, dosen telah menentukan pertanyaan secara cermat dan sistematis oleh dosen. Pertanyaan yang akan diberikan dosen nantinya harus sesuai dengan kompetensi yang harus dicapai setelah pembelajaran. Dan pertanyaan yang berasal dari mahasiswa dapat dijawab dengan sederhana, singkat, dan padat.

Dosen memberikan pengajaran dikelas dan memberikan stimuli pada peserta didik untuk belajar sesungguhnya. Kunci pokok kehadiran stimuli belajar antara lain adalah pertanyaan yang diajukan dosennya. Dengan pertanyaan maka peserta didik akan segera mulai belajar sesunggguhnya (meaningful learning).

Dorongan yang menumbuhan persaingan diantara kelompok mahasiswa untuk memperoleh pujian dan nilai yang baik. Dosen dapat melemparkan pertanyaan dari mahasiswa ke mahasiswa lainnya untuk dikomentari dan diberikan penjelasan sehingga akan terbentuk proses belajar yang aktif (Sagala, 2009).

Kelebihan Model Pembelajaran Tanya Jawab

Kelas akan lebih hidup, karena sambutan kelas yang baik terhadap setiap pertanyaan yang diajukan dari mahasiswa dan dosen di dalam kelas. Model tanya jawab tidak membuat mahasiswa hanya mendengarkan ceramah dari dosen saja. Partisipasi mahasiswa lebih besar dan berusaha medengarkan pertanyaan dosen dengan baik dan mencoba menberikan pertayaan dengan tepat. Mahasiswa menerima pelajaran dengan aktif berpikir, tidak pasif mendengarkan saja (Istarani, 2012).

Kekurangan Model Pembelajaran Tanya Jawab

Kelancaran jalannya model pembelajaran tanya jawab agak terhambat dikarenakan mahasiswa yang tidak terbiasa, pasif untuk bertanya hanya mendengarkan saja dan jawaban mahasiswa belum tentu selalu benar bahkan mungkin kadang-kadang dapat menyimpang dari persoalannya. Sehingga perlu waktu lama untuk memperoleh jawaban yang benar (Istrani, 2012).

Daftar Pustaka Makalah 

Istarani. (2012). Kumpulan 39 Metode Pembelajaran, edisi 1, Medan: ISCOM.

Sagala, S. (2009). Konsep dan Makna Pembelajaran, Cetakan ke-7, Bandung: Alfabeta.

Pengertian Model Pembelajaran Tanya Jawab Tujuan, Langkah, Kelebihan dan Kekurangan Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment