Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 18 September 2015

Pengertian Pekerjaan Human Services dan Non serta Jenis World of Work Map (WWM)

Pengertian Pekerjaan (occupation) adalah sekelompok jabatan (job) yang serupa dan dapat ditemukan dalam beberapa organisasi berbeda dalam waktu yang berbeda (Cascio & Aguinis, 2011). 

Contoh dari pekerjaan adalah masinis, dokter, guru, manajer, direktur, petani, distributor, dan sebagainya. Jenis pekerjaan adalah kelompok pekerjaan yang memiliki karakteristik yang sama dalam kerja (work), keterampilan yang digunakan, dan pendidikan atau pelatihan yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan tersebut (Brown & Lent, 2005). 


Seiring perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang begitu pesat, sistem klasifikasi pekerjaan juga ikut berkembang. Saat ini, ada beberapa sistem klasifikasi pekerjaan yang banyak digunakan dalam dunia pendidikan dan pekerjaan, yaitu  The Standard of Occupational Classfication System (SOC System), Holland’s Hexagon, World of Work Map (WWM), dan The Minnesota Occupational Classification System (Brown & Lent, 2005). Setelah mempertimbangkan beberapa sistem pekerjaan tersebut, peneliti memilih World of Work Map (WWM) sebagai sistem untuk menjelaskan jenis pekerjaan dalam penelitian tersebut.  

Klasifikasi Pekerjaan Menurut World of Work Map (WWM) 

World of Work Map (WWM) memetakan 26 karir (kelompok pekerjaan yang serupa) ke dalam 12 region, yang menghasilkan sistem klasifikasi pekerjaan secara bipolar (Data/Ide) dan bisektor (Benda/Orang) (Brown & Lent, 2005). 

Diagram World of Work Map (WWM) disajikan pada gambar 1. Pekerjaan dengan sifat dasar Data akan nyaman bekerja dengan fakta-fakta, angka, berkas-berkas, akun-akun, dan berbagai prosedur bisnis. Pekerjaan dengan sifat dasar Data contohnya akuntan, analis finansial, administrator data kesehatan, dan sebagainya. Pekerjaan dengan sifat dasar Ide akan nyaman bekerja dengan wawasan, teori, cara baru untuk menyampaikan atau melakukan sesuatu. Contoh pekerjaan dengan sifat dasar Ide yaitu penulis, seniman, ekonom, dan psikolog yang menggunakan konsep teori yang abstrak atau yang menekankan ekspresi, kreativitas dan orisinalitas (Brown & Lent, 2005). 

Pekerjaan dengan sifat dasar Orang akan nyaman bekerja dengan menolong, menginformasikan, melayani, menjaga, dan menjual barang/jasa kepada manusia, seperti petugas kesehatan dan pekerja sosial. Pekerjaan dengan sifat dasar Benda akan merasa nyaman bekerja dengan mesin, peralatan, benda hidup, dan berbagai materi seperti makanan, barang tambang, dan sebagainya. Contoh pekerjaan dengan sifat dasar benda contohnya kuli bangunan, tukang listrik, dan sebagainya (Brown & Lent, 2005).    

Gambar 1. Sistem Klasifikasi Pekerjaan World of Work Map (WWM) yang membagi pekerjaan menjadi bipolar (Data/Ide) dan bisektor (Orang/Benda)



Pekerjaan Tergolong Human Services dan Non Human Services

Pekerjaan yang tergolong human services adalah berbagai pekerjaan yang melayani manusia. Berdasarkan sistem klasifikasi pekerjaan World of Work Map(WWM), pekerjaan yang tergolong Human Services adalah pekerjaan yang memiliki sifat dasar Orang dan perpaduannya dengan Data/Ide. Karena pekerjaan ini melayani manusia, para pekerja dalam bidang ini membutuhkan keterampilan khusus dalam menjalankan tugasnya, misalnya keterampilan komunikasi yang efektif, mendengar secara aktif, dan sebagainya. Di beberapa negara, para pekerja human services wajib memiliki sertifikat yang menyatakan bahwa mereka telah memiliki keterampilan tertentu dalam menjalankan tugasnya (“Human services”, 2012). Adapun beberapa contoh dari pekerjaan yang tergolong  human services adalah petugas kesehatan, guru, pekerja sosial, petugas keamanan, dan sebagainya. 

Pekerjaan yang dikategorikan sebagai pekerjaan  nonhuman services adalah berbagai pekerjaan yang tidak melayani manusia. Dalam sistem klasifikasi pekerjaan  World of Work Map (WWM), pekerjaan yang tergolong  nonhuman services adalah pekerjaan yang memiliki sifat dasar Benda dan perpaduannya dengan Data/Ide. Contoh dari pekerjaan yang tergolong nonhuman services adalah teknisi, petugas kehutanan, kuli bangunan, petugas pembukuan, dan sebagainya. 

Daftar Pustaka Makalah Pekerjaan Human Services

Brown, S., & Lent, R. (Eds.). (2005).  Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work. New Jersey: John Wiley & Sons, Inc. 

Cascio, W., & Aguinis, H. (2011).  Applied Psychology in Human Resource Management (7th ed). New Jersey: Prentice-Hall, Inc. 

Pengertian Pekerjaan Human Services dan Non serta Jenis World of Work Map (WWM) Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment