Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Saturday, 28 May 2016

Pengertian Prestasi Akademik Ciri Individu Anak yang berprestasi

Pengertian Prestasi Akademik adalah perubahan dalam hal kemampuan yang disebabkan karena proses belajar. Bentuk hasil proses belajar dapat berupa pemecahan tulisan atau lisan, keterampilan dan pemecahan masalah yang dapat diukur dan dinilai dengan menggunakan tes yang terstandar (Sobur, 2003). 


Hal ini didukung oleh pernyataan Soemantri (dalam Nurani, 2004)  yang menyatakan prestasi akademik adalah hasil yang dicapai siswa dalam kurun waktu tertentu pada mata pelajaran tertentu yang diwujudkan dalam bentuk angka dan dirumuskan dalam rapor. Menurut Setiawan (2000)  prestasi akademik adalah tingkat pencapaian keberhasilan terhadap suatu tujuan, karena suatu usaha belajar telah dilakukan secara optimal. Sementara prestasi akademik menurut Opit ( dalam Hawadi, 2001) adalah  output  sekolah yang merupakan alat untuk mengukur kemampuan kognitif siswa.  

Maka dapat disimpulkan bahwa prestasi akademik adalah hasil belajar berupa pemecahan masalah lisan atau tulisan, dan keterampilan serta pemecahan masalah secara langsung yang diwujudkan dalam bentuk angka yaitu melalui rapor.  

Ciri-ciri Individu yang berprestasi  

Sobur (dalam Sahputra,  2006) menyatakan bahwa ciri individu yang memiliki keinginan untuk memperoleh prestasi yang tinggi dihubungkan dengan seperangkat standar. Seperangkat standart tersebut dihubungkan dengan prestasi orang lain, prestasi yang lampau, serta tugas yang harus dilakukan. Memiliki tanggung jawab pribadi terhadap kegiatan yang dilakukan. Adanya kebutuhan untuk mendapatkan umpan balik atas pekerjaan yang dilakukan sehingga dapat diketahui dengan cepat hasil yang diperoleh dari kegiatannya,  lebih baik atau lebih  buruk. Menghindari tugas yang terlalu sulit atau terlalu mudah,akan tetapi memilih tugas yang tingkat kesulitannya sedang. Inovatif, yaitu dalam melakukan pekerjaan dilakukan dengan cara yang berbeda, efisien dan lebih baik dari pada sebelumnya. Hal ini dilakukan agar individu mendapatkan cara yang lebih baik dan menguntungkan dalam pencapaian tujuan. Tidak  menyukai keberhasilan yang bersifat kebetulan atau karena tindakan orang lain, dan ingin merasakan kesuksesan atau kegagalan disebabkan oleh individu itu sendiri. 

Pengertian Prestasi Akademik Anak

Dengan demikian individu yang memiliki keinginan untuk berprestasi tinggi adalah individu yang memiliki standar berprestasi, memiliki tanggung jawab pribadi atas apa yang dilakukannya, individu tidak menyukai keberhasilan yang bersifat kebetulan atau tindakan orang lain,  individu suka bekerja pada tingkat kesulitan menengah dan realistis dalam pencapaian tujuannya,  individu bersifat inovatif, dimana dalam melakukan tugas selalu dengan cara yang berbeda, efisien dan lebih baik dari sebelumnya,  dengan demikian individu merasa lebih dapat menerima kegagalan atas apa yang dilakukannya.  

Daftar Pustaka Makalah  Prestasi Akademik

Sahputra, N. (2009). Hubungan konsep diri dengan prestasi akademik mahasiswa S1 keperawatan semester III kelas ekstensi PSIK FK USU Medan  (Skripsi). (Tidak Diterbitkan). Medan : USU Repository 

Setiawan. (2000). Meraih nilai akademik maksimal. (On-Line), http://www.pend-tinggi.com/nilai098+akademik/html  

Hawadi, R. A.  (2001). Psikologi perkembangan anak : Mengenal sifat, bakat dan  kemampuan anak. Jakarta : PT Grasindo.   

Nurani, A. T. (2004). Pengaruh kualitas perkawinan, pengasuhan anak dan kecerdasan emosonal terhadap prestasi belajar anak [Tesis]. Bogo r: Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor  

Sobur, A.  (2003). Psikologi Umum. Bandung : Pustaka Setia    


Pengertian Prestasi Akademik Ciri Individu Anak yang berprestasi Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment