Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Saturday, 28 May 2016

Pengertian Pria Metroseksual Ciri Faktor Penyebab

Pengertian Pria Metroseksual 

Definisi metroseksual pertama kalinya dikemukakan oleh Mark Simpson (1994) sebagai orang yang memiliki uang untuk dibelanjakan dan tinggal di kota metropolis atau sekitarnya, mungkin  seorang gay, heteroseksual ataupun biseksual, tetapi hal ini sebenarnya tidak penting karena pria metroseksual menjadikan dirinya sendiri sebagai preferensi seksualnya. 


Pria metroseksual adalah pria yang umumnya hidup di kota besar, punya banyak uang, dengan gaya hidup urban yang royal dan hedonis. Pria metroseksual gemar berbelanja di mal atau butik, dan suka berkumpul di kafe. Hal itu dilakukan bukan untuk sekedar berbelanja, tetapi  lebih untuk kepuasan pribadi terhadap berbelanja (Kartajaya, 2004). Karena umumnya hidup  di kota besar, pria metroseksual sangat brand-minded dan sangat tahu nama merek yang bagus dan yang tidak (Skripsiadi & Aning, 2005). 

Pria metroseksual juga akan melakukan berbagai hal agar dirinya terlihat semakin sempurna. Ia rela mengeluarkan banyak uang agar ia menjadi seseorang yang ia inginkan. Bentuk tubuh yang kurang bagus dapat diperbaiki dengan melakukan olahraga di pusat kebugaran,  diet dan sebagainya. Bentuk rambut dapat dibentuk sesuai dengan yang diinginkan dengan melakukan perawatan di salon. Pria metroseksual betah berjam-jam di salon untuk melakukan perawatan rambut, wajah, kaki dan tangan, juga menghilangkan bulu-bulu di lengan atau punggung (Skripsiadi & Aning, 2005).  

Ciri-ciri Pria Metroseksual

Menurut Askmen (2005), ukuran 70kg/180cm adalah ukuran ideal bagi para pria metroseksual. Umumnya pria metroseksual mempunyai sifat romantis, realistis, loyal, berfikiran terbuka, dan  easy going. Pria mteroseksual adalah pekerja keras, tetapi tidak melupakan kesenangan hidup. Pria metroseksual terkenal “cantik”, wangi, pesolek, percaya diri, tampan,  dan matang baik secara ekonomi, mental, perilaku, maupun secara  penampilan. Pria metroseksual bisa dijumpai dengan mudah di tempat-tempat seperti kafe,  rumah makan,  coffee  shop, klub malam dan terkadang di bioskop. 

Ciri-ciri pria metroseksual yang lain dikemukakan oleh Kartajaya dkk (2004), yaitu : 
  1. Pada umumnya hidup dan tinggal di kota besar di mana hal ini tentu saja berkaitan dengan kesempatan akses informasi, pergaulan, dan gaya hidup yang dijalani dan secara jelas akan mempengaruhi keberadaan mereka. 
  2. Berasal dari kalangan berada dan memiliki banyak uang karena banyaknya materi yang dibutuhkan sebagai penunjang gaya hidup yang dijalani. 
  3. Memilih gaya hidup urban dan hedonis. 
  4. Secara intens mengikuti perkembangan fesyen di majalah-majalah mode pria agar dapat mengetahui perkembangan fesyen terakhir yang mudah diikuti. 
  5. Umumnya memiliki penampilan yang klimis,  dandy dan sangat memperhatikan penampilan serta perawatan tubuh. 
Pengertian Pria Metroseksual

Faktor Penyebab Pria Metroseksual 

Menurut Kartajaya (2004) kemunculan pria metroseksual disebabkan oleh  

  1. Makin banyak wanita yang bekerja. Kehadiran wanita karier di tempat kerja yang sebelumnya lebih banyak didominasi kaum pria tentu menuntut rekan prianya untuk juga menjaga penampilan, misalnya dengan berbusana rapi, bertubuh bugar, dan berbau harum. 
  2. Proporsi pekerja kantor yang terus  bertambah sehingga membuat pria dituntut tampil menarik. Kita akan  lebih tertarik berbisnis dengan seseorang yang berpakaian rapi daripada sebaliknya. 
  3. Peranan wanita sebagai pasangan  pria metroseksual. Para wanita memperhatikan penampilan pasangannya agar terlihat menarik seperti para wanita tersebut. 
  4. Kehadiran majalah-majalah pria seperti FHM, Maxim, GQ, Esquire  serta Popular dan Male Emporium di Indonesia, yang terus menambah jumlah halaman fashion mereka. Menampilkan gambar-gambar pria dengan tubuh yang ideal dan mengenakan busana dari perancang ternama yang sedang digemari pada saat ini. 

Daftar Pustaka Makalah Pria Metroseksual

Kartajaya, Hermawan., Yuswohady, Madyani, Dewi., Christynar, Mathilda., Indrio, Bembi Dwi (2004) Metrosexual in Venus; Pahami Perilakunya, Bidik Hatinya, Menangkan Pasarnya. Jakarta. Penerbit MarkPlus&Co.  

Skripsiadi, Erwin J., Aning, Floriberta (2005) Penuntun Komunikasi dan Tingkah Laku Manusia Modern; Mengenal  Budaya dan Tradisi yang Berbeda. Yogyakarta. Enigma Publishing. 

Pengertian Pria Metroseksual Ciri Faktor Penyebab Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment