Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Wednesday, 23 September 2015

Pengertian Senjata Ringan Berkaliber Kecil, Defenisi dan Klasifikasi

Pengertian Senjata Ringan Berkaliber Kecil - ‘A gun is as easy to get as a pack of cigarettes’ Evan Jean Loless, umur 34 Tahun, Sanksi penjara seumur hidup karena membunuh (USA, 1997) (The Arms Bazaar, Chapter 4. Hal 54. Lihat  http://www.amnestyusa.org/arms_trade/pdfs/chapter4_colour.pdf diakses pada tanggal 25 Agustus 2009)


Small Arms and Light Weapon (SALW) adalah senjata yang dapat digunakan oleh satu atau dua orang dan yang dapat dibawa oleh seseorang, binatang atau bahkan kenderaan yang ringan (kecil). Menurut United Nations’s Group of Goverment Expert pada tahun 1997, small arms dirancang untuk penggunaan satu orang termasuk :(Consequences of The Proliferation and Misuse of Small Arms and Light Weapon. http://www.fas.org/asmp/campaigns/smallarms/sawg/2006factsheets/SAWG_Small_Arms_Fact_S heet_2006.pdf diakses tanggal 25 Agustus 2009) Revolvers, self-loading, pistols, rifles (senapan) dan carbine, sub-machine,guns, assult rifles and light-machine guns.

Sementara itu, light weapon dirancang untuk penggunaan satu kru (yang terdiri dari dua atau lebih orang) atau pasukan kecil termasuk :

Heavy machine-guns, grenade launchers, small motars, mobile anti-aircraft dan anti-tank guns, mobile rocket launchers, shoulder-fired anti-aircraft missile launcher, dan motars dengan kaliber di bawah 100 mm. 

Amunisi termasuk : Carridges untuk small arms, shells dan missiles untuk light weapons, anti-personnel, dan anti-tank grenades, landmines, bahan peledak, dan shells untuk single-actions ancti-aircraft dan anti-tank system.

Sementara itu, menurut dokumen yang oleh Majelis Umum PBB (United Nations Assembly Document) No. A/52/298 yang dikeluarkan pada tanggal 27 Agustus 1997, small arms adalah “senjata-senjata yang khusus dibuat dengan uspesifikasi militer yang didesain untuk digunakan secara perorangan dan berbeda dari senjata berat yang membutuhkan beberapa orang untuk mengoperasikan dan memeliharanya.(Philips Jusario Vermonte, Problematikan Peredaran Small Arms di Kawasan Asia Tenggara : Thailand, Filipina dan Indonesia. Dalam jurnal “Analisis CSIS Terorisme dan Keamanan Manusia” Tahun XXXII/2003 No. 1. CSIS Indonesia 2003. Hal 61) Sedangkan, menurut Amnesty Internasional, SALW ialah senjata yang dapat dibawa dan digunakan oleh satu atau dua orang, termasuk senapan gengam, assult riflle (jenis senjata), senapan mesin, peluncur granat, anti-tank atau senjata anti-pesawat udara dan motar cahaya. Senjata ringan, amunisi, granat, ranjau darat dan peledak juga merupakan bagian dari kategori ini.(Small Arms and International Humanitarian Law, Amnesty International USA.  http://www.amnestyinternationalusa.org diakses tanggal 526 Agust-09)

Menurut Krause, small arms didefenisikan termasuk alat apapun mulai  dari pisau sampai tongkat.(Keith Krause,The Callenge od Small Arms and Light Weapon. 1998. Hal 2  http://www.isn.etch.ch/, diakses tanggal 25 Agustus 2009) Sementara itu, Krap menempatkan small arms ke  dalam empat konteks berbeda yang membantu menjelaskan perbedaan  karakteristik small arms dengan senjata jenis lainnya. Pertama, dilihat dari tidak dimuatnya senjata jenis ini dalam database utama seperti SIPRI.

Kedua, small arms merupakan jenis senjata yang dapat dibawa oleh seorang yang dapat diangkut oleh binatang dan kendaraan ringan. Terakhir, small arms dalam konflik etnis yang dapat dilihat secara empiris dengan mendata semua senjata yang digunakan dalam konflik yang merugikan kedua belah pihak besar-besaran.(Aaron Karp, The  Small  Trade  Revolution  :  The  Major  Impact  of  Small  Arms.)

Pengertian Senjata Ringan

Melihat masing-masing defenisi yang telah dikemukakan di atas, dapat ditarik kesimpulan bahwa small arms and light weapon ialah senjata dengan spesifikasi militer yang dibuat khusus untuk digunakan secara perorangan dan dibawa oleh satu atau dua orang, binatang atau kenderaan kecil.

Karakteristik SALW memiliki feature penentu yang membedakannya dengan senjata lainnya. Rana dalam bukunya menyebutkan beberapa karakteristik diantaranya :(25Swadesh Rans, Small Arms and Intra-State Conflict. United Nations Institute for Disarmament Research, Research Paper No. 34, Geneva, Maret 1995. Hal 2)
  1. Ukuran berat dan perpindahanya 
  2. Hasil ledakan dan ukuran projectile 
  3. Bentuk operasi 
  4. Pemeliharaan dan peralatan logistik yang dibutuhkan 
  5. Kaliber dan rate of fire 


Lebih lanjut Rana memecah karakteristik SALW ini ke dalam beberapa bagian besar berdasarkan penampilan dan kekuatannya diantaranya : revolvers

Dalam buku Weapon Proliferation in the 1990s, Brad Robert (eds). The MIT Press, London, 1995. Hal 64 dan loading pistols; sub-machine guns, assault rifle dan rifle; machine guns; granades; fuel air explosive; mines; anti-tank weapon; anti-aircraft weapon. (26Ibid. Swadesh Rana. Hal 2-3)

Seperti yang terlihat di atas, keistimewaan karakteristik SALW terletak pada kemudahan operasi dan kemampuan untuk dibawa kemanapun oleh satu atau dua orang tentara. Performa dan kekuatan dari senjata ini sangat membahayakan dan mematikan, namun belum cukup besar jika dibandingkan dengan dampak yang diakibatkan oleh snejata yang lebih besar seperti tank atau aircraft yang sering digunakan dalam perang sipil (civil wars).

Daftar Pustaka Makalah Senjata Ringan Berkaliber Keci

Pengertian Senjata Ringan Berkaliber Kecil, Defenisi dan Klasifikasi Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment