Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 22 September 2015

Pengertian Sistem Informasi Definisi Para Ahli dan Unsur atau Komponen

Pengertian Sistem Informasi adalah suatu kerangka kerja dimana sumber daya (manusia dan komputer) dikoordinasikan untuk mengubah masukan (data) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai sasaran perusahaan.


Definisi Sistem Informasi

Sistem informasi sebagai suatu kerangka kerja dengan sumber daya (manusia dan komputer), dikoordinasikan untuk mengubah masukan (data) menjadi keluaran (informasi) guna mencapai sasaran institusi.

Dari pengertian di atas dapat disimpulkan bahwa sistem informasi adalah suatu susunan di dalam organisasi yang merupakan kombinasi dari orang-orang, fasilitas, teknologi, media, prosedur-prosedur, dan pengendalian yang ditujukan untuk mendapatkan jalur komunikasi penting untuk memproses tipe rutin tertentu, memberi sinyal kepada manajemen dan terhadap kejadian-kejadian eksternal yang penting, dan menyediakan suatu dasar informasi untuk pengambilan keputusan.

Selain itu sistem informasi juga dapat diartikan sebagai kumpulan dari elemen data dan perangkat pengolah data yang saling berhubungan yang bertujuan untuk menghasilkan untuk menghasilkan informasi secara akurat, tepat, cepat, dan sesuai dengan kebutuhan. Di samping itu sistem informasi juga melaksanakan operasi-operasi guna menunjang perencanaan dan pengawasan kegiatan dalam pengambilan keputusan serta memberi laporan yang beragam kepada pengguna luar. Sistem informasi dapat bermanfaat dalam menunjang berbagai peran pengambil keputusan dan dapat menyediakan laporan khusus yang dengan jelas memberi informasi kepada manajer serta sistem informasi dapat memonitor dan memberikan data yang lengkap agar sistem dapat melakukan perhitungan-perhitungan untuk membandingkan hasil dari berbagai cara alokasi sumber daya.

Komponen/ Unsur Sistem Informasi

Dari pengertian sistem informasi di atas terdapat beberapa komponen-komponen atau unsur-unsur sistem informasi, yaitu:

a. Data (Input) 
Data adalah setiap kumpulan fakta. Jadi, laporan penjualan, gambaran tentang persediaan (inventory), nilai test, nama dan alamat pelanggan, dan laporan cuaca semuanya adalah contoh dari data. Data juga dapat didefinisikan sebagai ”kenyataan” yang digambarkan oleh nilai-nilai, bilangan-bilangan, untaian karakter, atau simbol-simbol yang membawa arti pada suatu konteks tertentu. Pada langkah ini data awal (data input) disiapkan dalam beberapa bentuk yang sesuai untuk keperluan pengolahan. Bentuk tersebut akan bergantung pada pengolahan mesin. 


b. Pengolahan data (data processing) 
Pengolahan data adalah manipulasi data agar menjadi bentuk yang lebih berguna. Pengolahan data ini tidak hanya melibatkan perhitungan numerik tetapi juga operasi-operasi seperti klasifikasi data dari satu tempat ke tempat yang lain. Secara umum, diasumsikan bahwa operasi-operasi tersebut dilaksanakan oleh beberapa tipe mesin atau komputer, meskipun beberapa diantaranya dapat juga dilakukan secara manual. Pada langkah ini data input diubah, dan dikombinasikan dengan informasi yang lain untuk menghasilkan data dalam bentuk yang lebih dapat digunakan. 

c. Informasi (output) 
Informasi diturunkan dari data dan berguna dalam pemecahan masalah-masalah. Pada langkah ini hasil-hasil dari pengolahan sebelumnya dikumpulkan. Bentuk data output tergantung pada pengolahan data sesuai dengan kebutuhan perusahaan. 

Untuk lebih jelas dapat digambarkan sebagai berikut:



Gambar Transfomasi Data Menjadi Informasi


Daftar Pustaka Makalah Sistem Informasi

Pengertian Sistem Informasi Definisi Para Ahli dan Unsur atau Komponen Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment