Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Saturday, 28 May 2016

Perbedaan Kebijaksanaan (Wisdom) Pada Lansia Ditinjau dari Jenis Pekerjaan

Perbedaan Kebijaksanaan (Wisdom) Pada Lansia ditinjau dari Jenis Pekerjaan
Populasi lansia di Indonesia berjumlah sekitar 24 juta jiwa dari jumlah keseluruhan penduduk Indonesia (Wahyuningsih, 2011). Dengan begitu besarnya jumlah lansia di Indonesia, seharusnya kualitas pelayanan masyarakat terhadap lansia tergolong baik. Faktanya, masih banyak fasilitas umum yang tidak mendukung lansia (Wahyuningsih, 2011). Hal ini mungkin dikarenakan adanya prasangka (stereotype) masyarakat terhadap lansia. 


Kuntjoro (2010) mencantumkan beberapa prasangka negatif yang dimiliki masyarakat Indonesia terhadap lansia. Penelitian Hummert menemukan bahwa masyarakat Amerika memiliki prasangka positif dan negatif terhadap lansia (Willis & Schaie, 2011). Hasil penemuan tersebut tentunya tidak jauh berbeda dengan kondisi negara kita karena terdapat beberapa persamaan dengan penelitian yang dilakukan Kuntjoro (2010). Salah satu prasangka positif yang dimiliki masyarakat terhadap lansia adalah bahwa lansia dipandang sebagai tokoh masyarakat yang bijaksana. 

Kebijaksanaan merupakan topik yang telah banyak dibahas dalam ilmu filosofi dan kini berkembang secara empiris dalam berbagai displin ilmu pengetahuan. Baltes menyatakan bahwa kebijaksanaan merupakan keahlian dalam mengatasi permasalahan mendasar yang berkaitan dengan perilaku dan makna hidup (Sternberg & Jordan, 2005). Baltes mengajukan lima kriteria kebijaksanaan yang wajib dipenuhi semuanya agar seseorang dapat dinyatakan sebagai orang yang memiliki kebijaksanaan. Kelima kriteria kebijaksanaan Baltes adalah  rich factual knowledge,  rich procedural knowledge, lifespan contextualism,  values relativism/tolerance, dan  awareness/management of uncertainty (Sternberg & Jordan, 2005).

Baca: Pengertian Kebijaksanaan Definisi Model Kriteria Sifat dan Perkembangan

Usia lanjut memang bukanlah merupakan satu-satunya faktor yang menentukan kebijaksanaan dalam diri individu (Schaie & Willis, 2011), namun masyarakat Indonesia masih memandang lansia sebagai model yang paling identik dengan kebijaksanaan. Hal ini terlihat dari pola hidup sehari-hari masyarakat Indonesia yang mendatangi individu lansia untu keminta nasihat ketika menghadapi permasalahan. Baltes mengasumsikan bahwa kebijaksanaan individu lansia mulai menurun setelah usia 75 tahun seiring dengan menurunnya fungsi kognitifnya yang mereka miliki (Snyder & Lopez, 2002).

Perbedaan Kebijaksanaan

Pengalaman hidup juga merupakan satu dari beberapa faktor yang dianggap dapat mempengaruhi tingkat kebijaksanaan individu. Salah satu pengalaman hidup yang dimaksud berupa pendidikan dan jenis pekerjaan yang dipilih individu, yang didukung oleh hasil penelitian Baltes dan Staudinger yang menemukan bahwa individu yang bekerja melayani manusia (human services) memperoleh nilai yang lebih tinggi untuk kriteria kebijaksanaan dibandingkan individu yang tidak bekerja melayani manusia (nonhuman services) (Sternberg & Jordan, 2005). Penjelasan di balik hasil penelitian tersebut diduga bahwa individu yang bekerja melayani manusia mendapatkan kesempatan untuk mengasah ketajaman perspektif mereka dalam memandang masalah dan keterampilan memecahkan masalah kehidupan yang kompleks. 



Sternberg, R., & Jordan, J. (Eds.) (2005). A Handbook of Wisdom: Psychological Perspectives. New York: Cambridge University Press.  

Snyder, C., & Lopez, S. (Eds.). (2002). Handbook of Positive Psychology. New York: Oxford University Press. 

Kuntjoro, Z. (2011, 21 Oktober). Memahami Mitos dan Realita Tentang Lansia. Kadai Kopi. Diakses dari http://kadaikopi.com  

Schaie, W., & Willis, S. (Eds.). (2011). Handbook of the Psychology of Aging (7th ed.). London: Elsevier-Academic Press. 

Wahyuningsih, M. (2011, 6 Desember). Ini Dia 5 Provinsi dengan Jumlah Lansia Paling Banyak. Detik Health. Diakses dari http://www.detikhealth.com 

Perbedaan Kebijaksanaan (Wisdom) Pada Lansia Ditinjau dari Jenis Pekerjaan Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment