Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 2 October 2015

Metode Overlay Peta Sistem Informasi Geografis (SIG)

Pengertian Metode Overlay adalah suatu sistem informasi dalam bentuk grafis yang dibentuk  dari penggabungan berbagai peta individu (memiliki informasi/database yang spesifik). 


Overlay peta dilakukan minimal dengan 2 jenis peta yang  berbeda secara teknis dikatakan harus ada polygon yang terbentuk dari 2 jenis peta yang dioverlaykan. Jika dilihat data atributnya, maka akan terdiri dari informasi peta pembentukya (Prahasta, Eddy. 2006), contohnya, melakukan overlay  peta tofografi dengan peta penggunaan lahan, maka di peta barunya akan menghasilkan polygon baru berisi atribut topografi dan penggunaan lahan. Agregat dari kumpulan peta individu ini, atau yang biasa disebut peta komposit, mampu memberikan informasi yang lebih luas dan bervariasi. 

Masing-masing peta tranparansi memberikan informasi tentang komponen lingkungan dan sosial. Peta komposit yang terbentuk akan memberikan gambaran tentang konflik antara proyek dan faktor lingkungan. Metode ini tidak menjamin akan mengakomodir semua dampak potensial, tetapi dapat memberikan dampak potensial pada spasial tertentu (Prahasta. 2005).


Daftar Pustaka Makalah Metode Overlay Peta

Prahasta, Eddy. 2006. Sistem Informasi Geografis ( Membangun  Web  Based  GIS  dengan Mapserver). Bandung : CV. Informatika.

Prahasta,  Eddy.  2005.  Konsep  -  Konsep  Dasar  Sistem  Informasi    Geografis. Bandung : CV. Informatika.

Metode Overlay Peta Sistem Informasi Geografis (SIG) Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment