Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 23 October 2015

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Menurut Definisi Para Ahli dan Manfaat

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban adalah suatu proses pengumpulan dan pencatatan serta penyajian laporan atas transaksi ataupun data keuangan yang telah lalu dapat membantu manajemen dalam memperoleh informasi yang berhubungan dengan pendapatan dan biaya melalui laporan yang disajikan sebagai ukuran kegiatan yang telah dilaksanakan berdasarkan tanggungjawab yang telah ditetapkan.


Definisi Akuntansi Pertanggungjawaban Menurut Para Ahli

Akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu konsep dari akuntansi manajemen dan merupakan suatu sistem di dalam akuntansi yang dirancang sehubungan dengan pendelegasian wewenang kepada manajer yang bertanggungjawab.

Menurut Mulyadi (2004:218),” Akuntansi pertanggungjawaban adalah suatu sistem akuntansi yang disusun sedemikian rupa sehingga pengumpulan dan pelaporan biaya dan pendapatan dilakukan sesuai dengan pusat pertanggungjawaban dalam organisasi dengan tujuan agar dapat ditunjuk orang atau kelompok orang yang bertanggungjawab atas penyimpangan biaya dan pendapatan yang dianggarkan.”

Definisi tersebut mengatakan bahwa akuntansi pertanggungjawaban mengelompokkan organisasi  atas pusat-pusat  pertanggungjawaban,  sehingga  apabila  terjadi penyimpangan atas anggaran, maka pihak manajemen dapat mencari orang yang bertanggungjawab atas penyimpangan yang terjadi.

Menurut Hansen dan Mowen (2001:818),” Akuntansi pertanggungjawaban adalah sebuah sistem yang disusun untuk mengukur hasil setiap pusat pertanggungjawaban dan membandingkan hasil-hasil tersebut dengan hasil yang diharapkan atau yang dianggarkan.” Dari definisi tersebut akuntansi pertanggungjawaban merupakan alat untuk mengukur kinerja  dari  setiap  pusat  pertanggungjawaban dan  kinerja  tersebut  dapat  dibandingkan antara anggaran kegiatan/biaya dengan realisasi kegiatan/biaya.

Adapun konsep-konsep yang mendasari penerapan sistem akuntansi pertanggungjawaban dapat dijelaskan sebagai berikut :
  • akuntansi pertanggungjawaban didasarkan atas pengelompokan tanggungjawab (departemen-departemen) menajerial pada setiap tingkatan dalam suatu organisasi dengan tujuan membentuk anggaran bagi masing-masing departemen.
  • titik awal dari sistem informasi akuntansi pertanggungjawaban terletak pada bagan organisasi dimana ruang lingkup wewenang telah ditentukan pertimbangan dan kerjasama antara penyelia kepala departemen atau manajer, biaya tersebut diajukan dalam anggaran perusahaan.


Dari keterangandiatas dapat disimpulkan bahwa peranan akuntansi pertanggungjawaban yang baik harus memiliki standar yang telah ditentukan.

Manfaat Akuntansi pertanggungjawaban

Setiap unit organisasi merupakan pusat pertanggungjawaban maka setiap pimpinan pusat pertanggungjawaban akan memberikan informasi baik berupa anggaran maupun laporan manajemen. Adapun yang menjadi manfaat informasi akuntansi pertanggungjawaban adalah “informasi akuntansi pertanggungjawaban yang berupa informasi yang akan datang bermanfaat untuk penyusunan anggaran, sedangkan informasi masa lalu bermanfaat sebagai penilai kinerja manajer pusat pertanggungjawaban dan alat pemotivasi manajer’ (Mulyadi:2001:174-175).

Dari keterangan diatas dapat disimpulkan bahwa ada 3 manfaat informasi akuntansi pertanggungjawaban adalah sebagai berikut :

a. Dasar Penyusunan anggaran
informasi akuntansi pertangunggjawaban bermanfaat untuk memperjelas peran seorang manajer sebab dalam penyusunan anggaran, ditetapkan siapa atau pihak mana yang bertanggungjawab atas pelaksanaan kegiatan pencapaian tujuan perusahaan, juga  ditetapkan sunber daya ( yang disusun dalam satuan mata uang) yang disediakan bagi pemegang tanggungjawab tersebut untuk melaksanakan kegiatan itu.

b. Alat penilai kinerja manajer pusat pertanggungjawaban
Penilaian kinerja merupakan penilaian atas perilaku manusia dalam melaksanakan  peran yang mereka miliki dalam organisasi, jika informasi akuntansi merupakan salah satu dasar  penilaian  kinerja  maka informasi  itu  terkait  dengan  akuntansi  manajemen   yang dihubungkan dengan individu yang memiliki peran dalam organisasi yang merupakan informasi akuntansi manajemen.

c. Alat pemotivasian Manajer
Motivasi adalah proses prakarsa dilakukannya suatu tindakan secara sadar dan  bertujuan. Pemotivasian adalah sesuatu yang digunakan untuk mendorong timbulnya prakarsa seseorang untuk melakukan tindakan secara sadar dan bertujuan. Dalam sistem penghargaan perusahaan, informasi akuntansi merupakan bagian yang penting.
Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban

Mulyadi (2001:418) mengatakan,” seseorang akan termotivasi untuk bekerja jika ia yakin kinerjanya akan mendapat penghargaan,” pemberian penghargaan atas kinerja akan berpengaruh langsung pada motivasi manajer untuk meningkatkan kinerja.

Informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan salah satu tipe inforamasi akuntansi manajemen dan meruapakan keluaran sistem akuntansi manajemen.

Konsep informasi akuntansi pertanggungjawaban telah mengalami perkembangan, sejalan dengan metode pengendalian biaya yang digunakan dalam perusahaan.

Informasi akuntansi pertanggungjawaban adalah penting untuk para manajer yang bertanggungjawab terhadap hasil. Tanggungjawab juga mencakup akuntabilitas, akuntabilitas secara tidak langsung mencerminkan pengukuran kinerja, yang berarti informasi akuntansi pertanggungjawaban merupakan informasi aktiba, pendapatan,  dan/atau biaya, yang dihubungkan dengan manajer yang bertanggungjawab atas pusat pertanggungjawaban tertentu.

Wewenang didelegasikan kepada setiap manajer bawah kemudian mempertangungjawabkan pelaksanaan wewenang tersebut kepada manajer atasannya. Tanggungjawab timbul sebagai akibat adanya pendelegasian wewenang yang dilakukan oleh suatu tingkatan manajemen yang lebih tinggi ke tingkat manajemen yang lebih rendah dengan demikian, wewenang mengalir dari tingkat manajer tingkat atas ke bawah sedangkan tangggungjawab mengalir sebaliknya. Oleh karena itu, timbul kebutuhan manajemen akan informasi akuntansi yang bersangkutan dengan pertanggungjawaban pelaksanaan wewenang disebut dengan informasi akuntansi pertanggungjawaban.

Informasi akuntasi pertanggungjawaban merupakan informasi yang penting dalam proses pengendalian manajemen karena informasi tersebut menekankan hubungan antara informasi keuangan dengan manajer yang bertanggungjawab terhadap perencanaan dan pelaksanaannya.


Dastar Pustaka Makalah Akuntansi Pertanggungjawaban

Hansen Don R dan Mowen Maryanne, 2001. Manajemen Biaya, Akuntansi dan Pengendalian, Buku Dua, Edisi Pertama. Terjemahan Thomson Learning, Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Mulyadi, 2001. Akuntansi Manajemen : Konsep, Manfaat dan Rekayasa, Edisi Tiga Penerbit Salemba Empat, Jakarta

Pengertian Akuntansi Pertanggungjawaban Menurut Definisi Para Ahli dan Manfaat Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment