Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Sunday, 4 October 2015

Pengertian Budaya Populer sebagai Komukasi Politik Menurut Para Ahli

Pengertian Budaya populer adalah mata kajian kontemporer dari Kajian Budaya. Menurut Littlejhon, Cultural Stadies merupakan bagian dari ilmu sosial yang terlibat dalam penelitian bagaimana budaya terbentuk melalui sebuah pergulatan diantara ideologi. Studi terhadap komunikasi massa menjadi fokus dari bidang ini, sebab media dianggap sebagai alat utama dari ideologi yang dominan di masyarakat.


Budaya populer menjadi fenomena era informasi, di mana studi tentang hal ini mengkritisi bahwa budaya massa terbentuk melalui komunikasi yang disiarkan media massa dalam dominasi kapitalisme pemilik media. 

Definisi Budaya Populer Menurut Para Ahli

Budaya populer sendiri menurut  Storey,  diterjemahkan  sebagai  budaya  komersial dari  produksi massal, yang diproduksi massa, dan dikonsumsi oleh massa sendiri. Buday ini dikonsumsi oleh massa tanpa pikir panjang.Alfito Deannova Ginting. Op. Cit., hal. 66  

Budaya pop banyak dikritisi sebagai industri yang dirancang untuk tujuan profit yang menciptakan produk homogen dan terstandarisasi untuk menarik minat audiens. Menurut Gans, dalam hal ini audiens ditempatkan sebagai konsumen  yang bersifat pasif, dimana partisipasi mereka dibatasi pada pilihan membeli atau tidak membeli. Jika Political Marketing adalah alat untuk mencapai kemenangan politik, maka Budaya Pop adalah referensi yang digunakan dalam menjalankan alat tersebut oleh caleg selebritis.

Aktifitas komunikasi politik, sepenuhnya adalah tentang mengubah para politisi menjadi selebritis dalam rangka membangkitkan sentimen yang diinginkan dari masyarakat dari sosok yang hendak dipresentasekan. Ibid. hal. 67


Daftar Pustaka Makalah Budaya Populer

Pengertian Budaya Populer sebagai Komukasi Politik Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment