Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 6 October 2015

Pengertian Citra Perusahaan Definisi Jenis Analisis Menurut Para Ahli

Pengertian Citra adalah seperangkat keyakinan, ide, dan kesan seseorang terhadap suatu objek tertentu. Sikap dan tindakan seseorang terhadap suatu objek akan ditentukan oleh citra objek tersebut yang menampilkan kondisi terbaiknya. (Rusalan,2008:80).

Definisi Citra Perusahaan adalah karakter dari perusahaan itu sendiri dan cara perusahaan mengusahakan untuk mempengaruhi kesan orang terhadap  perusahaan. (Ritonga,2004: 128).


Menurut Jefkins, ada beberapa jenis citra yaitu:
  1. Citra bayangan: citra yang melekat pada orang atau anggota-anggota organisasi. Biasanya adalah pimpinannya mengenai anggapan pihak luar tentang organisasinya. Citra ini sering kali tidaklah tepat, bahkan hanya sekedar ilusi, sebagai akibat dari tidak memadainya informasi, pengetahuan ataupun pemahaman yang dimiliki oleh kalangan dalam organisasi itu mengenai pendapat atau pandangan pihak- pihak luar.
  2. Citra yang berlaku: kebalikan dari citra bayangan, citra yang berlaku  (current image) ini adalah suatu citra atau pandangan yang melekat pada pihak-pihak luar mengenai suatu organisasi. Namun sama halnya dengan citra bayangan, citra yang berlaku tidak selamanya, bahkan jarang sesuai dengan kenyataan karena semata-mata terbentuk dari pengalaman atau pengetahuan orang-orang luar yang bersangkutan yang biasanya tidak memadai.
  3. Citra yang diharapkan: citra harapan (wish image) adalah suatu citra yang diinginkan oleh pihak manajemen. Citra ini juga tidak sama dengan citra yang sebenarnya. Biasanya citra yang diharapkan lebih baik atau lebih menyenangkan daripada citra yang ada.
  4. Citra perusahaan: atau ada juga yang menyebutnya citra lembaga adalah  citra dari suatu organisasi secara keseluruhan, jadi bukan hanya citra produk dan pelayanannya.
  5. Citra majemuk: setiap perusahaan atau organisasi memiliki banyak unit dan pegawai (anggota). Masing-masing individu tersebut memiliki perangai dan perilaku tersendiri sehingga secara sengaja atau tidak, dan sadar atau tidak, mereka pasti memunculkan suatu citra yang belum tentu sama dengan citra organisasi atau perusahaan secara keseluruhan.


Analisis Citra

Untuk mengukur penilaian atau pengetahuan khalayak terhadap objek tertentu melalui modifikasi “analisis citra dan pengukuran tanggapan khalayak.” (Ruslan,2003:81) Berikut ini penjelasan dan analisisnya:
  1. Point A, merupakan grade citra perusahaan atau penilaian pelayanan dalam posisi yang ideal atau positif, dan dikenal sangat baik oleh semua orang, pelanggan atau khalayak yang menjadi sasarannya.
  2. Point B, grade perusahaan atau pelayanan cukup positif, dan lembaga bersangkutan hanya disukai atau dikenal oleh khalayak tertentu (kurang dikenal).
  3. Point  C,  grade  citra  perusahaan  atau  penilaian  terhadap  pelayanan buruk.
    Tetapi lembaga yang bersangkutan kurang dikenal oleh semua orang atau khalayaknya.
  4. Point D, merupakan grade atau penilaian terhadap nama perusahaan hingga tingkat pelayanannya sangat terkenal kurang baik, dan memiliki citra buruk setiap orang atau khalaknya.


Pengertian Citra Perusahaan

Gambar. Analisis Citra dan Tanggapan Khalayak


Daftar Pustaka Makalah Citra Perusahaan

Ruslan,  Rosadi.  2003.  Manajemen  Public  Relations  &  Media   Komunikasi.Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.

Ritonga, Jamiluddin. -----. Riset Kehumasan. Jakarta: PT. Grasindo.

Jefkins, Frank dan Daniel Yadin. 2004. Public Relations. Jakarta: Erlangga. Kriyantono, Rachmat. 

Pengertian Citra Perusahaan Definisi Jenis Analisis Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment