Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Saturday, 3 October 2015

Pengertian Diplomasi Definisi Menurut Para Ahli Fungsi dan Tujuan

Pengertian Diplomasi adalah - Dalam the advanced learners dictionary of current English diuraikan bahwa diplomasi ialah skill in making arrangements cleverness in dealing with people so that they remain friendly and willing to help.

Sedang akar kata diplomasi berasal dari bahasa yunani yaitu ZIPLWMA, Duplicate yang artinya di gandakan dalam abab pertengahan kata diploma disebarkan sebagai nama naskah dokumen-dokumen tertentu. 


Definisi Diplomasi menurut Para Ahli

Berikut  beberapa  defenisi  yang  dikutip  dari  kamus  dan  pendapat para ahli  Jusuf banri,1994, Kiat diplomasi Mekanisme dan Pelaksanaannya,Jakarta: Sinar Harapan., Hal.

Dalam kamus besar bahasa indonesia diplomasi diartikan sebagai urusan penyelengaraan perhubungan resmi antara satu negara dengan negara lain. Bisa juga dairtikan sebagai urusan kepentingan sebuah negara dengan perantaraan wakil-wakilnya di negara lain.

Dalam oxford advanced leaners dictionary of current english  Dairtikan sebagai art of skill in dealing with people so that business is done smoothly.

Sedang sir Ernest Satow mengartikan sebagai the application of tact and intelligence to the conduct of foreign relations between governments of indenpendent states.

Dalam dipolamasi sendiri terdapat merupakan prosedur hubungan antar Negara yang bebas nilai dan dangat bergantung pada kemampuan serta kecakapan dari mereka yang melaksanakannya.Suwardi Wiriaatmadja,1970 Pengantar Hubungan Internasional,Bandung : Alumni

Dengan kata lain diplomasi itu merupakan mesin atau alat dari politik luar negeri sebuuah Negara. Pentiungnya diplomasi ini sanga vital dalam mengkomunikasikan sesama negara-negara dunia untuk menjaga perdamaian dunia.  Karena  memang  salah  faktor pecahnya  perang ( war ) dikarenakan tidak adanya komunikasi antar negara-negara yang bertikai seperti kasus  perang dunia. David W Ziegler,1984 ,third edition,War,Peace and International relations, Toronto: Little Brown Company., Hal. 272

Oleh sebab itu ziegler menyebut diplomasi sebagai the process of talking over diffrences, clarrifying aims and exploring adjustment short of fighting is called diplomacy.Ibid., Hal 272

Fungsi Diplomat

Sebagai duta dari negaranya maka diplolasi memiliki fungsi yaitu: Norman dan Howard c parkins,1957,second edition,International relations,London: The London Institute of world Affairs
  1. Representasi
    Yaitu mewakili Negara asalnya dalam melakukan perundingan dan sebagainya dengan membawa nama Negara asal
  2. Negosiasi
    Melakukan negosiasi dengan Negara lain berkait dengan permasalahan Negara asal
  3. Reporting
  4. Protection of the interest of the nation and of its citizans in foreigen lands.

Tujuan Diplomasi

Sedang tujuan dari diplomasi yaitu: S L Roy,1991,Diplomasi,Jakarta: Rajawali Press., Hal. 5-13
  1. Tujuan politik
    berkaitan dengan kebebasan politik dan integritas teritorialnya. Dalam konteks Indonesia adalah mempertahankan kemerdekaan yang telah  diperoleh serta melindungi kedaulatan wilayah NKRI dari sabang sampau Merauke.
  2. Tujuan Ekonomi
    berkaitan dengan pembangunan ekonomi nasional
  3. Tujuan Kultur
    melestarisakn serta memperkenalkan kebudayaan nasional pada dunia internasional
  4. Idiologi
    mempertahankan keyakinan dan kepercyaan yang diyakini oleh sebuah bangsa. Dalam konteks indonesia adalah pancasila.


Daftar Pustaka Makalah Diplomasi

Pengertian Diplomasi Definisi Menurut Para Ahli Fungsi dan Tujuan Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment