Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Wednesday, 21 October 2015

Pengertian Electronic Data Processing System (EDP) Definisi dan Elemen Menurut Para Ahli

Pengertian EDP Electronic Data Processing adalah Sistem pengolahan data elektronik ditandai dengan penggunaan perangkat komputer. Pemakaian komputer mempunyai dampak yang cukup besar terhadap perusahaan, terutama operasional perusahaan yang saat ini wajib harus digunakan perusahaan. Hal ini ditandai dengan komputer yang mampu bekerja sesuai program yang ada dalam sistem komputer itu sendiri sehingga mampu melaksanakan pekerjaan sesuai dengan standar dan keinginan perusahaan.


Definisi Electronic Data Processing System Menurut Para Ahli 

Data merupakan sekumpulan catatan tentang fakta yang belum terorganisir namun telah disiapkan prosedur pencatatannya untuk kemungkinan pengorganisasiannya. Data-data diolah sehingga menghasilkan suatu informasi yang diinginkan. Menurut Romney B. Marshal (2005) “Informasi adalah data yang telah diproses dan diatur ke dalam bentuk output yang memiliki arti bagi orang yang menerimanya.”

Jika dikaitkan dengan penerapan pemrosesan data yang dilakukan oleh sistem EDP, maka menurut Romney B. Marshal (2005) “Electronic Data Processing adalah pemrosesan data dengan menggunakan sistem komputer, hanya dibutuhkan sedikit atau bahkan tidak ada keterlibatan manusia ketika sedang diproses.”

Sedangkan menurut Bodnar et al (2004:5) “Electronic Data Processing is the use of computer technology to perform an organizations transactions oriented data processing.”

Pengolahan data secara elektronik adalah pemanfaatan teknologi komputer untuk melakukan pengolahan data yang berorientasi pada transaksi dalam suatu organisasi. Menurut Nugroho Widjajanto (2001:29), “Teknik EDP ditemukan pada akhir abad ke-19”.

Menurut Edi Purnomo (2004:5) pengolahan data dengan bantuan  komputer atau disebut dengan komputerisasi adalah “sebuah model pengolahan data yang segenap prosedur pengolahan datanya telah disiapkan dalam program yang menggunakan bahasa komputer sebagai medianya yang dengan demikian memungkinkan komputer tersebut mengerjakan semua perintah yang diterimanya tanpa ada campur tangan dari manusia.”

Pengolahan data berbasis komputer merupakan aplikasi dari sistem informasi akuntansi dan bagian dari tugas sistem informasi akuntan yang mengumpulkan data yang menjelaskan kegiatan perusahaan, mengubah data tersebut menjadi infomasi serta menyediakan informasi bagi pemakai baik dalam maupun luar perusahaan.

Menurut Zaki Baridwan (2005) “Sistem Informasi Akuntansi adalah suatu kesatuan sistem dalam suatu perusahaan yang memproses data keuangan untuk menyediakan informasi akuntansi bagi para pemakai.”

Dalam perbankan sistem pengolahan data berbasis komputer digunakan untuk mencatat transaksi ke dalam jurnal, baik transaksi perbankan tunai maupun non tunai antara pihak bank dan nasabah, mempostingnya ke dalam buku besar serta menyiapkan laporan keuangan. Sistem pengolahan data berbasis komputer didukung oleh perangkat keras, perangkat lunak, database, prosedur, dan personal brainware.


Elemen-elemen EDP System

Dalam rangka era globalisasi dan meningkatkan daya saing di bidang industri perbankan yang semakin ketat, Bank Mandiri memiliki sistem komputerisasi yang bernama MASTER (Mandiri Sistem Terpadu). MASTER merupakan system informasi berbasis komputer yang bertujuan untuk memindahkan pencatatan baik untuk data yang lalu dan pada saat sekarang sehingga menghasilkan laporan keuangan yang akurat. Pada perangkat keras MASTER mempunyai kelebihan dimana komputer mampu menyederhanakan jumlah transaksi yang kompleks dan masih mungkin untuk menambah jumlah terminal.

Pada EDP Sistem terdapat beberapa elemen-elemen. Secara umum elemen-elemen yang terdapat dalam EDP adalah:
a. Hardware/perangkat keras
b. Software/perangkat lunak
c. Database
d. Procedures
e. Personal Brainware

a. Hardware / perangkat keras
Perangkat keras yang dimaksud adalah bentuk fisik seperangkat komponen-komponen peralatan yang membentuk sistem komputer, dimana mempunyai lima komponen pokok yaitu:
  • Unit Masukan (Input Device)
  • Unit Pemrosesan Sentral (Central Processing Unit)
  • Unit Keluaran (Output Device)
  • Perangkat Penyimpangan (Storage Unit)
  • Perangkat Tambahan (Peripheral)


1.1. Unit Masukan (Input Device)
Nugroho Widjajanto (2001:60) menyatakan bahwa unit masukan yaitu media yang digunakan untuk menerima masukan data untuk diproses, dan alat input ini dibagi atas dua golongan yaitu:
- Alat input langsung (on-line input), yaitu alat input yang langsung dibaca komputer seperti:
  • Keyboard yaitu alat berbentuk papan tombol. Input dimasukkan  dengan melakukan pengetikan dengan jalan menekan tombol tersebut. Biasanya keyboard didampingi oleh alat tambahan untuk mengetahui dan melihat apa yang ditekan di keyboard, yaitu monitor.
  • Teleprinter adalah alat kombinasi antara keyboard dengan alat cetak (printer) dimana hasil tampilan tersebut dapat dilihat di kertas.
  • Financial Transaction Terminal merupakan suatu alat yang digunakan untuk transaksi yang berhubungan dengan ATM (Automatic Teller Machine) dimana terminal ini dapat melakukan transaksi 24 jam per harinya dengan memasukkan kartu berisi kode rekening nasabah  diikuti dengan beberapa instruksi penekanan tombol sesuai dengan nomor PIN (Personal Identity Number).
  • Point Of Sales (POS), yaitu terminal yang digunakan dalam chek-out counter pada toko-toko pusat perbelanjaan (pasar sawalayan) untuk mencatat barang-barang terjual dan pengendalian persediaan  (inventory control).
  • Visual Display Terminal, yaitu alat yang digunakan  untuk memasukkan  data  ke  komputer  dengan  terdiri  dari  keyboard     dan monitor. Visual display terminal disebut juga CRT (Cathoda Ray  Tube) Terminal.
  • Point Device, yaitu suatu alat masukan yang biasanya dipergunakan untuk pembuatan grafik dan gambar alat-alat ini antara lain: mouse, touch screen, light pen, digitzer tablet.
  • Scanner, yaitu alat input yang terdiri dari Magnetic Inc Character Recognition (OCR), OCR tag reader, bar code wand, dan Optical Mark Recognition (OMR) reader.
Electronic Data Processing System

- Alat input tidak langsung (off-line input)
Input unit tidak langsung diproses oleh CPU melainkan direkam kesuatu media agar dapat dibaca komputer seperti kartu plong (puched card), pita magnetik (magnetic tape), atau disk magnetik (magnetic disc).

1.2. Unit Pemrosesan Sentral (Central Processing Unit)
Menurut Nugroho Widjajanto (2001:61), “Central Processing Unit (CPU) adalah komponen inti dari suatu sistem komputer guna menginterpretasikan dan melakukan eksekusi instruksi program”. Pada CPU terdapat tiga komponen yaitu: Control Unit, Arithmatic Logic Unit (ALU), dan Primary Storage.

Tugas Control Unit ini untuk menseleksi, menafsirkan, dan melaksanakan instruksi program dimana unit kontrol CPU bisa mengatur dan mengarahkan operasi seluruh instalasi.

Pada ALU bertugas melakukan operasi aritmatika seperti perhitungan, pengurangan, perkalian, dan pembagian atas dasar penjumlahan. ALU juga bertugas melakukan operasi logika sesuai dengan instruksi program.

Sedangkan Primary Storage berguna untuk menyimpan program-program instruksi yang tengah dilaksanakan dan juga menyimpan data pada saat data itu tengah diproses di CPU.

1.3. Unit Keluaran (Output Device)
Unit keluaran (output device) menurut Nugroho Widjajanto (2001:61) adalah “media perekam dan penyaji data dalam bentuk yang terbaca oleh manusia atau dalam bentuk yang terbaca oleh komputer”. Ada tiga golongan output berdasarkan fungsinya yaitu:
  • Hard copy device yaitu berupa alat yang digunakan untuk mencetak  tulisan baik berupa simbol-simbol, angka, dan gambar yang bersifat grafis di media keras (hard copy), misalnya kertas atau film. Alat ini misalnya printer dan potter.
  • Soft copy device yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan hasil  output berupa signal elektronik seperti video display, flat panel display, dan speaker.
  • Drive device, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dan hanya dapat dibaca oleh mesin disc drive dan tape magnetic.


Sedangkan bentuk yang terbaca oleh manusia antara lain adalah hasil cetak komputer, dengan menggunakan perangkat seperti dot matrix, ink jet, dan laser. 

1.4. Unit Penyimpanan (Storage Device)
Menurut Romney et al (2006:187), “Unit penyimpanan data adalah tempat menyimpan data baik secara permanen maupun temporer”. Media penyimpanan dapat dibedakan menjadi dua bagian, yaitu: internal storage (primary storage), dan external storage (secondary storage). Internal Storage adalah media penyimpanan yang terletak di dalam dan berhubungan langsung dengan CPU, sedangkan external storage terpisah dan tidak berhubungan langsung dengan CPU. Media penyimpanan terbagi atas tiga golongan dari sisi teknologi mekanik seperti: kartu plong, teknologi magnetik misalnya: tape magnetik, hard disc, disket, dan teknologi optik, seperti CD ROM, optical disc, dan floptical disc.

1.5. Perangkat Tambahan (Peripheral)
Merupakan perangkat yang berguna untuk menambah kegunaan komputer. Perangkat ini biasanya ditambahkan ke dalam rangkaian komputer yang disebut expansion slot atau expansion bus. Contoh dari peripheral ini adalah:
  • Network card yang berguna untuk menghubungkan antara komputer PC atau PS/2 ke komputer PC atau PS/2 yang lain sehingga membentuk jaringan komputer.
  • Sound card yaitu suatu alat tambahan yang dipergunakan untuk menambah kualitas suara.
  • Modem yaitu suatu alat untuk menghubungkan dari terminal komputer ke komunikasi dengan terminal lain melalui saluran telepon.
  • Concentrator yaitu suatu alat untuk menghubungkan beberapa sinyal data dari channel transmiter berkapasitas rendah ke transmiter berkapasitas tinggi.


b. Perangkat Lunak (Software)
Perangkat lunak adalah komponen dalam electronic data processing system merupakan program-program yang berfungsi dengan memberikan instruksi-instruksi tertentu sehingga mengidentifikasi program, menyiapkan aplikasi program agar seluruh peralatan komputer terkontrol dan menghasilkan hubungan yang lebih efisien antara manusia dengan mesin komputer. Perangkat lunak dikategorikan atas tiga bagian, yaitu: system software, perangkat lunak bahasa (language software) dan perangkat lunak aplikasi (application software).
  1. System software, yaitu perangkat lunak yang berfungsi untuk mengatur bagaimana cara menggunakan peralatan. Ada beberapa jenis software yaitu:
    • Sistem operasi (operating system), adalah program komputer yang digunakan untuk mengorganisasikan penggunaan komputer. Program sistem operasi ini antara lain: PC DOS, MS DOS, dan XENIC dibuat oleh Microsoft, APPLE DOS, dan TRS DOS dibuat oleh Apple, dan Radio Shack Respectively, UNIX dikembangkan oleh perusahaan AT&T yang banyak dipergunakan dalam mainframe, supermini, dan supermicro.
    • Software Development Kit (SDK), yaitu software yang dibuat oleh pembuat hardware guna membantu para programmer dalam membuat software baru.
    • Utility program, yaitu perangkat lunak tambahan yang digunakan untuk membantu para pemakai komputer misalnya memperbaiki, mengubah, dan memanajemen sistem baru lainnya.
  2. Perangkat lunak aplikasi (application software)
    Perangkat ini adalah program komputer yang sengaja dibuat untuk pemakai komputer.
  3. Perangkat lunak bahasa (language software)
    Perangkat lunak bahasa komputer merupakan program khusus yang sudah dapat dibuat oleh perusahaan perangkat lunak yang dipergunakan untuk mengembangkan program aplikasi.


c. Database
Database menurut Nugroho Widjajanto (2001:64) diartikan sebagai “kumpulan file yang terstruktur dan terintegrasi sedemikian rupa sehingga proses data dan pencaharian data pada file dapat dilakukan dengan mudah”. Pada dasarnya penerapan database merupakan suatu hal yang terpenting dari electronic data processing system dimana database bertujuan mengorganisasikan data dalam memproses pengelolaan data sehingga memudahkan para pemakai informasi. Pelaksanaan penggunaan database memerlukan suatu file data program, hal ini yang sering disebut sebagai Database Management System (DBMS).


c. Procedures
Prosedur dibutuhkan agar terjadi keefektifan dalam penggunaan sistem komputer dimana para pemakai dapat melakukan aktivitasnya dengan menggunakan komputer secara efektif dan efisien.


d. Personal (brainware)
Pemakai komputer (brainware) adalah aspek manusia yang menangani komputer. Pemakai komputer inilah yang seharusnya bekerja dalam setiap penggunaan komputer. Sebab data yang dihasilkan oleh komputer selalu berawal pada data yang diinput oleh pemakai.


Daftar Pustaka Makalah Electronic Data Processing System (EDP) 

Romney, Marshall B dan Paul J Steinbart, 2005. Accounting Information System, diterjemahkan oleh Dewi Fitriasari, S.S dan Deny Arnos Kwary, M.Hum Buku 1, Edisi Sembilan, Salemba Empat, Jakarta.

Bodnar, George H dan Williams S Hopwood 2004. Acconting Informations Systems, Ninth Editions, Pearson Education International.

Wijayanto, Nugroho, 2001. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Ketiga, Erlangga, Jakarta.

Baridwan, Zaki, 2000. Sistem Informasi Akuntansi, Edisi Ketujuh, BPFE-Yogyakarta, Yogyakarta.

Purnomo, Edi, 2004. Aspek-Aspek EDP Audit Pengendalian Internet Data Komputerisasi, Edisi Pertama, Andi Offset, Yogyakarta.

Romney, Marshall B dan Paul J Steinbart, 2006. Accounting Information System, diterjemahkan oleh Dewi Fitriasari, S.S dan Deny Arnos Kwary, S.S Buku Dua, Edisi Sembilan, Salemba Empat, Jakarta.

Pengertian Electronic Data Processing System (EDP) Definisi dan Elemen Menurut Para Ahli Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment