Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 2 October 2015

Pengertian Jaringan Komputer adalah Berdasarkan Area, Penghantar dan Fungsi

Pengertian Jaringan komputer adalah dapat diartikan sebagai kumpulan beberapa komputer dan peralatan lain yang saling terhubung menggunakan aturan-aturan tertentu. Hubungan ini dapat terjadi menggunakan media fisik berupa kabel, gelombang radio,  infra merah, bahkan satelit. Setiap peralatan yang tersambung kejaringan disebut node Margolang, A.K. 2011. Perancangan Sistem Manajemen Bandwidth Jaringan Menggunakan WebHTB Dengan Linux Ubuntu. Tugas Akhir. Universitas Sumatera Utara..


Para ahli membagi jaringan komputer berdasarkan beberapa klasifikasi yaitu berdasarkan area atau skala, media penghantar dan fungsi.

a. Berdasarkan Area
  1. Local Area Network (LAN)
    LAN merupakan jaringan komputer yang memiliki jangkauan area yang terbatas dimana antara satu komputer dengan komputer lainnya saling berdekatan. LAN biasanya digunakan pada jaringan kantor, rumah, maupun warung internet (warnet).
  2. Metropolitan Area Network (MAN)
    MAN merupakan jaringan komputer yang memiliki jangkauan area yang lebih besar dari LAN. MAN biasanya digunakan pada jaringan komputer antar kota.
  3. Wide Area Network (WAN)
    WAN merupakan jaringan komputer yang memiliki jangkauan area geografi yang sangat luas seperti antar negara maupun antar benua. Metode yang digunakan adalah pengembangan dari LAN dan WAN.
  4. Interconnection Networking (Internet)
    Internet adalah interkoneksi jaringan-jaringan komputer yang ada di dunia. Sehingga cakupannya sudah mencapai satu planet,  tidak menutup kemungkinan mencakup antarplanet. Koneksi antar jaringan komputer dapat dilakukan berkat dukungan protokol yang khas, yaitu Internet Protocol (IP) (Kalista, S. 2009. Studi Perbandingan Protokol VoIP SIP dan    IAX2 : Analisis Bandwidth. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.).


b. Berdasarkan media penghantar
  1. Wire Network
    Wire Network atau jaringan berkabel adalah jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar. Kabel yang digunakan umumnya berbahan dasar tembaga. Ada juga jenis kabel lain yang menggunakan bahan dengan jenis fiber optic.
  2. Wireless Network
    Wireless Network atau jaringan nirkabel adalah jaringan tanpa kabel yang menggunakan media penghantar gelombang radio atau cahaya infrared.


c. Berdasarkan fungsi
  1. Client Server
    Client Server adalah jaringan komputer yang salah satu (boleh lebih) komputer difungsikan sebagai server yang menyediakan layanan. Layanan bisa berupa akses web, e-mail, VoIP, dan lain-lain.
  2. Peer to Peer
    Peer to Peer adalah jaringan komputer di mana setiap komputer bisa menjadi server sekaligus client. Setiap komputer dapat menerima dan memberikan akses dari atau ke komputer lain (Kalista, S. 2009. Studi Perbandingan Protokol VoIP SIP dan    IAX2 : Analisis Bandwidth. Skripsi. Universitas Sumatera Utara.).

 Daftar Pustaka Makalah  Jaringan Komputer

Pengertian Jaringan Komputer adalah Berdasarkan Area, Penghantar dan Fungsi Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment