Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Saturday, 28 May 2016

Pengertian Kemitraan Definisi Menurut Undang Undang dan Para Ahli dan Tujuannya

Pengertian Kemitraan adalah - Menurut Undang-Undang No. 9 Tahun 1995 tentang Usaha Kecil Pasal 8 ayat 1 yang berbunyi “Kemitraan adalah kerjasama usaha antara usaha kecil dengan usaha menengah atau dengan usaha besar disertai pembinaan dan pengembangan usaha oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat, dan saling menguntungkan ”.

Upaya peningkatan mutu penyelenggaraan industri akan terus didorong dengan meningkatkan partisipasi masyarakat secara optimal terutama masyarakat dunia usaha melalui peran sertanya dalam melakukan invetasi untuk mencapai sinergi yang optimal. Partisipasi dunia usaha diharapkan akan memberikan penyertaan modal, teknologi, manajemen dan pemasaran untuk dipadukan dengan aset lahan, tenaga kerja serta fasilitas dan sarana umum. Dalam hal ini diharapkan dunia usaha, melakukan kerjasama usaha sehingga akan terwujud pertumbuhan ekonomi wilayah yang mandiri dan handal. Sebagai usaha bersama atas asas kekeluargaan melalui kerjasama kemitraan.

Kemitraan sekarang ini sudah menjadi perhatian semuah pihak, karena kemitraan merupakan salah satu aspek dalam pertumbuhan iklim usaha untuk pengembangan usaha kecil dan menengah melalui “permberdayaan” dalam rangka memperoleh peningkatan pendapatan dan kemampuan usaha serta peningkatan daya  saing  dari  usaha  kecil  dan  menengah  atau  usaha  besar.     Pemberdayaan tersebut disertai perbaikan dan pengembangan oleh usaha menengah atau usaha besar dengan memperhatikan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan. Dengan demikian kemitraan merupakan suatu tindakan dan hubungan bisnis untuk membesarkan usaha kecil secara rasional.
Tujuan kemitraan adalah untuk mengangkat usaha kecil menjadi pilar pembangunan ekonomi karena kelemahan mendasar usaha kecil adalah dari segi ekonomi dan akses ke sumber permodalan dan pasar. Kelompok usaha kecil memerlukan dorongan pemerintah dalam peningkatan kualitas sumberdaya manusia, teknologi, permodalan/kredit dan pemasaran. Jasa Marga, Op.Cit.

Melalui   kemitraan   akan   tercipta   Transfer   of   Knowledge   dalam  hal pengalaman pengelolaan usaha yang lebih efisien dan prospektif bagi usaha kecil, sedangkan bagi usaha besar dan usaha menengah akan memperolah kontinuitas produksi atau meningkatkan kapasitas yang lebih besar.

Pengertian Kemitraan adalah

Apabila diamati, usaha yang dikembangkan akan menghasilkan efisiensi dan sinergi sumberdaya yang dimiliki masing-masing pihak yang bermitra  sehingga kemitraan dapat menjawab masalah Diseconomies of scale yang sering dihadapi oleh usaha besar atau usaha menengah. Disamping itu kemitraan juga dapat memperkuat mekanisme pasar dan persaingan usaha yang efisien dan produktif, sehingga dapat mengalihkan dari kecenderungan monopoli/monopsoni atau aligopoli. Bagi usaha kecil seperti transmigran, kemitraan jelas sangat menguntungkan karena dapat turut mengambil manfaat pasar, modal, teknologi, manajemen   dan   kewirausahaan   yang   dikuasi   oleh   usaha   besar   atau usaha menengah.

Mewujudkan kerjasama kemitraan diperlukan upaya-upaya nyata dalam menciptakan iklim yang mampu merangsang terselenggaranya usaha yang kokoh berdasarkan prinsip saling memerlukan, saling memperkuat dan saling menguntungkan.

Kerjasama kemitraan dalam upaya keterkaitan usaha dilaksanakan melalui pola-pola yang sesuai dengan sifat dan tujuan usaha yang dimitrakan dengan memberikan peluang kemitraan seluas-luasnya kepada transmigran baik oleh pemerintah maupun dunia usaha.


Daftar Pustaka Makalah Kemitraan

Pengertian Kemitraan Definisi Menurut Undang Undang dan Para Ahli dan Tujuannya Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment