Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 27 May 2016

Pengertian Nasabah Debitur, Penyimpan Definisi Menurut Undang Undang Tentang Perbankan

Pengertian Nasabah adalah - Tidak dijumpai rumusan/pengertian nasabah dalam Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 Tentang Perbankan, padahal di dalamnya dijumpai rumusan bank. Bagaimana mungkin sebuah undang-undang yang mengatur tentang perbankan tetapi tidak memberikan pengertian tentang nasabah.

Definisi Nasabah Menurut Undang Undang

Definisi nasabah baru dapat direalisasikan dalam Undang-Undang  No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan diatur perihal nasabah yang terdiri dari dua pengertian yaitu:
  1. Nasabah penyimpan adalah nasabah yang menempatkan dananya di bank  dalam bentuk simpanan berdasarkan perjanjian bank dengan nasabah yang bersangkutan.
  2. Nasabah debitur adalah nasabah yang memperoleh fasilitas kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah atau yang dipersamakan dengan itu berdasarkan perjanjian bank dengan nasabah yang bersangkutan.


Sementara itu Undang-Undang No. 24 Tahun 2004 tentang Lembaga Penjamin Simpanan mengenal pengertian nasabah sebagaimana dijelaskan dalam Undang-Undang No. 10 Tahun 1998 tentang Perubahan Atas Undang-Undang No. 7 Tahun 1992 tentang Perbankan, yaitu :
  1. Pengertian Nasabah penyimpan, yaitu nasabah yang menempatkan dananya di bank dalam bentuk simpanan berdasarkan perjanjian bank dengan nasabah yang bersangkutan.
  2. Pengertian Nasabah debitur adalah nasabah yang memperoleh fasilitas kredit atau pembiayaan berdasarkan prinsip syariah atau yang dipersamakan dengan itu berdasarkan perjanjian bank dengan nasabah yang bersangkutan.
Pengertian Nasabah Debitur

Tiga Macam Nasabah

Demikian juga halnya dalam praktek perbankan dikenal ada tiga macam nasabah yaitu :
  1. Nasabah deposan yaitu nasabah yang menyimpan dananya pada suatu bank.
  2. Nasabah yang memanfaatkan fasilitas kredit perbankan.
  3. Nasabah yang melakukan transaksi dengan pihak lain melalui bank. Yusuf Shofie, Perlindungan Konsumen dan Instrumen-Instrumen Hukumnya, Citra Aditya Bakti, Bandung, 2003, hlm. 40-41.


Kamus besar Bahasa Indonesia menjelaskan nasabah adalah “orang yang biasa berhubungan dengan atau menjadi pelanggan bank (Dalam hal keuangan), dapat juga diartikan sebagai orang yang menjadi tanggungan asuransi, perbandingam pertalian. Dinas Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, PN. Balai Pustaka, 2003, hlm. 775.

Sedangkan   Muhammad   Djumhana   menyebutkan   nasabah   merupakan konsumen dari pelayanan jasa perbankan. Muhammad Djumhana, Hukum Perbankan di Indonesia, Citra Aditya Bakti,  Bandung,  2003, hlm. 282.

Daftar Pustaka Makalah Nasabah

Pengertian Nasabah Debitur, Penyimpan Definisi Menurut Undang Undang Tentang Perbankan Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment