Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 9 October 2015

Pengertian Organisasi Definisi Menurut Para Ahli dan Macam Macamnya

Pengertian Organisasi adalah - Perkataan organisasi berasal dari bahasa Yunani yaitu organon yang berarti alat, bagian, anggotam atau bagian badan. Sedangkan kata “organisasi” itu mempunyai dua pengertian umum. Pengertian pertama menandakan suatu lembaga atau kelompok fungsional, seperti organisasi perusahaan, rumah sakit, perwakilan pemerintah atau suatu perkumpulan olahraga. Pengertian kedua berkenaan dengan proses pengorganisasian, sebagai suatu cara dalam mana kegiatan organisasi dialokasikan dan ditugaskan di antara para anggotanya agar tujuan organisasi dapat tercapai dengan efisien.


Definisi Organisasi Menurut Para Ahli

Beberapa ahli mendefenisikan organisasi sebagai: (dalam Malayu 2003:11)

  1. Organisasi dapat diartikan sebagai proses penentuan dan  pengelompokan  pekerjaan yang akan dikerjakan, menetapkan dan melimpahkan wewenang dan tanggung jawab, dengan maksud untuk memungkinkan orang-orang bekerja sama secara efektif dalam mencapai tujuan (Louis A. Allen).
  2. Organisasi adalah suatu sistem perserikatan formal, berstruktur, dan terkoordinasi dari sekelompok orang yang bekerja sama dalam mencapai tujuan tertentu. Organiasi hanya merupakan alat dan wadah saja (Malayu Hasibuan).
  3. Organisasi adalah pola keadaan di mana sejumlah orang banyak, sangat banyak mempunyai teman berhubungan langsung dengan semua yang lain, dan menangani tugas-tugas yang kompleks, menghubungkan mereka sendiri satu sama lain dengan sadar, penentuan dan pencapaian yang sistematis dari tujuan-tujuan yang saling disetujui (John m. Pfifner dan Frank P. Sherwood).

Setiap organisasi mempunyai kekhususan sendiri-sendiri, ini ditentukan oleh arah tujuan, materi kepentingan, sasaran perjuangan dan situs aktivitas dari masing- masing organisasi yang berbeda bentuk dan sifatnya tersebut, disusunlah sebuah struktur organisasi. Walaupun demikian, semua organisasi mempunyai kesamaan secara umum, yaitu bahwa setiap organisasi harus mempunyai dan pasti berdiri di  atas basis serta bergerak melangkah dipimpin oleh pimpinan organisasinya. Organisasi basis (pokok atau dasar) sebagai dasar kekuatan, dan pimpinan sebagai pengendali organisasi, merupakan dua hal yang mutlak tidak bisa ditinggalkan.
Struktur organisasi harus disusun dan diatur sedemikian rupa agar   memenuhi syarat dan mencapai maksud dari arti hakikat struktur organisasi, yaitu:
  1. Bagaimana hubungan pimpinan sebagai pengendali dan pengarah penggunaan kekuatan organisasi dengan organisasi basis sebagai wadah dan penghimpun langsung sebagai dasar dan sumber kekuatan organisasi, bisa lincah, cepat dan seksama.
  2. Bisa dengan tangkas dan tangguh menghadapi tantangan dan secara luwes berhubungan dengan sahabat/sekutu dalam mengurus serta menyelesaikan persoalan.
  3. Mampu memelihara dan menjaga kekuatannya tetap solid serta selalu siap- tegap untuk bergerak melangkah melaksanakan tugas.

Macam Macam Organisasi

Kelompok Kerja untuk Demokrasi Rakyat. Tentang Organisasi Massa Demokratis Nasional. Indonesia. 2004

a. Organisasi Politik
Organisasi yang bertujuan mengubah sistem sosial dan politik. organisasi semacam ini berbentuk partai politik sebagai wujud bentuk tertingginya. Bentuk-bentuk perjuangan lebih pada aksi-aksi politik dibanding dengan aksi ekonomi. Sebagai organisasi yang berjuang untuk mengubah satu sistem, organisasi ini bergerak pada banyak lini kehidupan.

b. Organisasi Massa
Di dalam mengorganisasikan massa dalam berbagai organisasi massa, maka menjadi penting bahwa organisasi tersebut mampu merumuskan ide-ide perjuangan yang didapatkan dari massa sekaligus didukung secara luas oleh massa. Dengan demikian organisasi ini adalah milik massa dan massa akan terlibat secara aktif dalam mengembangkan organisasi serta programnya.

Organisasi massa adalah organisasi yang mengedepankan mengakomodasi/memperjuangkan kepentingan massa, baik organisasi massa kelas buruh, kaum tani, perempuan serta pemuda dan mahasiswa, yaitu kepentingan dan tujuan kesejahteraan sosial atau ekonomi. Lapangan dan sasaran aktivitas dari perjuangan organisasi massa adalah satu sektor sosial atau ekonomi bagi kepentingan kesejahteraan massa atau anggotanya. Perjuangan ormas tersebut akan mengarah dan meningkat pada perjuangan politik ketika perjuangan sosial atau ekonominya sudah sampai berhadapan dengan dinding politik yang dikuasai oleh penguasa yang menghadang.

Karena perjuangan politik akan dimengerti, dan ditanggapi massa apabila berkaitan dengan kepentingan sosial atau ekonominya. Apabila tidak, tentunya perjuangan-perjuangan politik akan sangat lemah ditanggapi massa dan tidak mengakar. Perjuangan politik yang dilakukan tentunya dalam kerangka membebaskan dirinya dari sistem penindasan yang dilakukan oleh imperialisme dan feodalisme. Maka arah perjuangan dari organisasi massa dimulai dari tahap yang bersifat kuantitatif ke kualitatif, dari reform dan demokratis keperubahan- perubahan yang bersifat revolusioner. Hanya dengan cara inilah ormas  akan kuat serta tumbuh dan berkembang secara luas.

c. Organisasi Sosial
Organisasi yang didirikan oleh segelintir orang yang memiliki hak-hak istimewa dibandingkan dengan anggota selanjutnya. Organisasi ini ditujukan untuk memberikan pelayanan sosial pada masyarakat. Bentuk dari organisasi sosial, antara lain: yayasan sosial, lembaga bantuan, dan sejenisnya.

Sehingga dalam penelitian ini juga menggunakan pendekatan ekonomi-politik dalam model produksi dan hubungan produksi dalam masyarakat Indonesia yang setengah feodal Darsono, Dasar-Dasar Ekonomi Politik Marxis, Jakarta; Aliarcham Institute, 1962, hal.23.


Pengertian Organisasi Massa Petani

Beranjak dari pengertian ‘organisasi’ dan ,organisasi massa, di atas, maka dalam penelitian ini yang dimaksud dengan ‘organisasi massa petani’ adalah organisasi yang bertujuan membela kepentingan sosial-ekonomi massa petani, dengan pola keanggotaan yang luas dan berbasis petani.

Dalam buku Seri Panduan Organisasi Tani yang diterbitkan Konsorsium Pembaruan Agraria, dinyatakan bahwa organisasi massa petani harus berjenjang dari tingkat desa/lokal, tingkat wilayah, dan tingkat nasional. Organisasi tingkat lokal merupakan organisasi tingkat desa yang dipimpin oleh kader-kader petani. Karena masalah-masalah kongkrit yang dihadapi petani ada pada tingkat lokal, maka perjuangan kongkrit petani ada di tingkat lokal.  Organisasi-organisasi tingkat  lokal ini kemudian berhimpun ke dalam organisasi tingkat wilayah, baik wilayah  kabupaten, maupun wilayah propinsi. Adapun tugas organisasi tingkat wilayah yang dipimpin oleh kader-kader terpilih dari tingkat lokal tersebut adalah memimpin perjuangan dan kampanye politik di tingkatan wilayah, selain juga melakukan pendidikan. Organisasi wilayah dibentuk apabila organisasi-organisasi di tingkat  lokal sudah kuat. Sementara organisasi tingkat nasional adalah organisasi yang dipimpin oleh kader-kader terpilih dari tingkat wilayah yang sudah teruji kemampuannya. (Faryadi (ed,), 2005: 11)


Daftar Pustaka Makalah  Organisasi

Hasibuan, Malayu S.P. 2003. Manajemen : Dasar, Pengertian dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara.

Pengertian Organisasi Definisi Menurut Para Ahli dan Macam Macamnya Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment