Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 2 October 2015

Pengertian Song Recognition Parameter Rancangan atau Pengenalan Lagu

Pengertian Song dalam bahasa Indonesia diartikan sebagai lagu dan Recognition berarti pengenalan sehingga Song Recognition dapat diartikan sebagai pengenalan pada  media suara yakni lagu. Pada dasarnya setiap lagu memiliki karakteristik yang berbeda-beda antara lagu yang satu dengan yang lainnya layaknya sidik jari manusia. Pengenalan lagu dapat dipandang sebagai ringkasan pendek dari suatu objek lagu. ringkasan tersebut diolah sedemikian rupa menjadi sekumpulan kode yang disebut hash. Hash tersebut dibuat dengan teknik khusus dengan tujuan agar kemiripan lagu bisa didapatkan. Secara pendengaran manusia, lagu yang diperdengarkan terlihat sama namun sebenarnya beda. Hash inilah yang akan membedakannya.


Pengenalan lagu membandingkan hash yang dihasilkan dari rekaman dengan yang ada pada basis data. Hal ini terlihat seperti kriptografi, namun kriptografi agak sensitif dalam kesetaraan perhitungan matematika. Satu bit saja berbeda akan menghasilkan perbedaan. Sedangkan pengenalan lagu membutuhkan kesamaan persepsi yakni, lagu yang diperdengarkan memiliki gangguan seperti sinyal yang buruk (gangguan suara disekitar) tetapi masih diakui sebagai lagu asli Haitsma, J & Kalker, T. 2002. A Highly Robust Audio Fingerprinting System. Proceedings of the International Symposium on Music Information Retrieval (ISMIR). pp. 107-115.

Pengenalan lagu didasarkan pada lagu yang memang dari penyanyi aslinya bukan lagu yang dibawakan ulang oleh penyanyi lain meskipun lirik dan melodi sama. Lagu yang dibawakan ulang tersebut sudah memiliki karakteristik yang berbeda dengan lagu asli tetapi dalam beberapa hal masih bisa memiliki kesamaan. Ini ditunjukkan pada penyanyi asli membawakan lagunya secara langsung dan membawakan lagunya.

Istilah lain untuk pengenalan lagu diantaranya pencocokan kuat, hashing kuat atau persepsi, tanda tangan digital berbasis konten dan identifikasi lagu berbasis konten. Bidang yang relevan dengan pengenalan lagu yang meliputi pencarian informasi, pencocokan pola, pemrosesan sinyal, database, dan kriptografi.

Parameter Song Recognition

Dalam Song Recognition, terdapat beberapa parameter yang digunakan sebagai acuanHaitsma, J & Kalker, T. 2002. A Highly Robust Audio Fingerprinting System. Proceedings of the International Symposium on Music Information Retrieval (ISMIR). pp. 107-115. . Parameter-parameter yang paling utama adalah sebagai berikut:

1. Ketahanan
Rekaman lagu masih bisa diidentifikasi bila degradasi sinyalnya buruk. Untuk mencapai ketahanan tinggi, Song Recognition harus didasarkan pada persepsi yang bersifat tetap (setidaknya untuk tingkat tertentu) dengan sinyal degradasi. Sebaliknya, pada lagu yang memiliki degradasi buruk masih mengarah ke hasil yang sangat mirip.

2. Kehandalan
Seberapa sering lagu yang diidentifikasi hasilnya salah. Misalnya, "The  Rolling Stones-Angie" yang diidentifikasi sebagai "Beatles-Yesterday". Tingkat di mana kejadian ini biasanya mengacu pada tingkat positif yang  salah.

3. Ukuran
Berapa banyak penyimpanan yang dibutuhkan untuk Song Recognition. Untuk mengaktifkan pencarian cepat, proses Song Recognition biasanya disimpan dalam memori RAM. Oleh karena itu ukuran Song Recognition, biasanya dinyatakan dalam bit per detik atau bit per lagu, menentukan batas besar sumber daya memori yang dibutuhkan untuk server basis data Song Recognition.

4. Granular
Berapa detik durasi lagu yang diperlukan untuk mengidentifikasi lagu. Granular adalah parameter yang dapat bergantung pada aplikasi.

5. Kecepatan pencarian dan skalabilitas
Berapa lama waktu yang diperlukan untuk menemukan lagu dalam basis data. Bagaimana jika basis data berisi ribuan lagu. Untuk pengembangan komersil dari sistem Song Recognition, kecepatan pencarian dan skalabilitas merupakan parameter kunci. Kecepatan pencarian harus dalam urutan milidetik untuk sebuah database yang berisi lebih dari 100.000 lagu hanya menggunakan sumber daya komputasi yang terbatas (misalnya PC dengan speksifikasi rendah).

Kelima parameter dasar memiliki dampak yang besar pada satu sama lain. Misalnya,  jika  ingin granular  yang  lebih  rendah,  salah  satu  kebutuhan  untuk mengekstrak lagu lebih besar untuk mendapatkan keandalan yang sama. Hal ini dikarenakan tingkat positif berbanding terbalik dengan ukuran Song Recognition. Contoh lain yaitu, kecepatan pencarian umumnya meningkat ketika salah satu desain Song Recognition lebih kuat. Hal ini dikarenakan bahwa pencarian lagu adalah pencarian kedekatan. Yaitu serupa (atau paling mirip) lagu harus ditemukan. Oleh karena itu kecepatan pencarian dapat ditingkatkan.


Rancangan Song Recognition

Secara umum, proses yang dilakukan dalam Song Recognition dengan menggunakan algoritma Fast Fourier Transform dapat dilihat pada Gambar 1.




Gambar 1 Cara kerja umum aplikasi Song Recognition Cano, P., Batlle, E., Gomez, E., Gomes, Leandro de C.T., & Bonnet,M. 2005. Audio Fingerprinting: Concepts And Applications. Study in Compational Intelligence (SCI). pp. 233-245.



 Daftar Pustaka Makalah Song Recognition Parameter

Pengertian Song Recognition Parameter Rancangan atau Pengenalan Lagu Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment