Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Monday, 12 October 2015

Pengertian Surat Paksa Karakteristak dan Prosedur Pelaksanaannya untuk membayar Hutang Pajak

Pengertian Surat Paksa adalah surat perintah untuk membayar hutang pajak dan biaya penagihan pajak.  Surat Paksa dapat dilihat dari 2 (dua) segi yaitu :


Isi dan Karakteristiknya Surat Paksa

  1. Surat Paksa ditinjau dari segi karakteristiknya :
    • Mempunyai kekuatan hukum yang sama dengan putusan hakim perdata.
    • Surat Paksa tidak dapat dimintakan banding lagi kepada hakim atasan.
    • Surat Paksa mempunyai kekuatan hukum yang pasti.
    • Mempunyai fungsi ganda yaitu menagih pajak (pokok, bunga, denda, dan kenaikan), dan bukan pajak (biaya penagihan seperti biaya penyampaian Surat Paksa, Surat Perintah Melaksanakan Penyitaan, Pengumuman Lelang dan lain-lain ).
  2. Surat Paksa ditinjau dari segi isinya, yang memuat :
    • Titel eksekusi tercermin dari kepala surat yang berkepala : “ Demi Keadiln Berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa “
    • Nama Wajib Pajak, Nomor Pokok Wajib Pajak, Alamat Penanggung Pajak atau Wajib Pajak.
    • Jenis Pajak, Tahun Pajak, Nomor Surat Ketetapan Pajak, dan jumlah tunggakan pajak yang belum dilunasi.
    • Perintah kepada Penanggung Pajak untuk membayar jumlah tunggakan pajak ke Kantor Pos dan Giro/Bank Persepsi, ditambah biaya penagihan dalam waktu 2 ( dua ) x 24 ( dua  puluh empat ) jam setelah pemberitahuan Surat Paksa.
    • Perintah kepada Juru Sita yang melaksanakan Surat Paksa untuk melakukan penyitaan atas barang-barang milik Penanggung Pajak apabila dalam 2 ( dua ) x 24 ( dua puluh empat ) jam Surat Paksa tidak dipenuhi.

Prosedur Pelaksanaan Surat Paksa

Surat Paksa diberitahukan oleh Jurusita Pajak dengan pernyataan dan penyerahan Salinan Surat Paksa Penanggung Pajak. Pemberitahuan Surat Paksa dituangkan dalam Berita Acara yang sekurang-kurangnya memuat hari, tanggal pemberitahuan Surat Paksa, nama Jurusita Pajak, nama yang menerima, dan tempat pemberitahuan Surat Paksa. Pemberitahuan Surat  Paksa ditujukan kepada :

a. Orang Pribadi

Surat Paksa terhadap orang pribadi diberitahukan oleh jurusita pajak kepada:
  1. Penanggung Pajak ditempat tinggal, tempat usaha atau  tempat lain yang memungkinkan.
  2. Orang dewasa yang bertempat tinggal bersama ataupun yang bekerja ditempat usaha Penanggung Pajak jika yang bersangkutan tidak dapat ditemui.
  3. Salah seorang ahli waris atau yang mengurus harta peninggalannya, apabila Wajib Pajak telah meninggal dunia dan harta warisan telah dibagi.
  4. Terhadap ahli waris, apabila Wajib Pajak telah meninggal dunia dan harta warisan telah dibagi.


b. Badan

Surat Paksa terhadap badan, diberitahukan oleh Jurusita  Pajak kepada:
  1. Pengurus  kepala  perwakilan,  kepala  cabang,    penanggung jawab, pemilik modal, baik ditempat kedudukan badan yang bersangkutan, ditempat lain yang memungkinkan .
  2. Pegawai tetap ditempat kedudukan atau tempat usaha badan yang bersangkutan apabila Jurusita Pajak tidak dapat menjumpai salah seorang pengurus, kepala  perwakilan, kepala cabang, serta pemilik modal.
  3. Dalam hal Wajib Pajak dinyatakan pailit, Surat Paksa diberitahukan kepada kuartor, Hakim Pengawas atau Balai Harta Peninggalan dan dalam hal Wajib Pajak dinyatakan bubar atau dalam likuidasi, Surat Paksa diberitahukan kepada badan atau orang yang dibebani untuk melakukan pemberesan atau likuidator.
  4. Dalam hal Wajib Pajak menunjuk seorang kuasa dengan Surat Kuasa Khusus untuk menjalankan hak dan kewajiban perpajakan, Surat Paksa dapat diberutahukan kepada penerima kuasa dimaksud.


Apabila pemberitahuan Surat Paksa tidak dapat dilaksanakan karena Wajib Pajak tidak ditemukan atau tidak diketahui tempat tinggalnya, maka Surat Paksa disampaikan melalui dengan menempelkan Surat Paksa pada papan pengumuman kantor pejabat yang menerbitkannya, mengumumkan melalui media massa atau dengan cara lain ynag ditetapkan dengan Keputusan Menteri Keuangan.

Pengertian Surat Paksa Karakteristak dan Prosedur Pelaksanaannya untuk membayar Hutang Pajak Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment