Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Monday, 5 October 2015

Pengertian Teori Modernisasi Definisi Menurut Para Ahli dalam Pembangunan

Pengertian Teori Modernisasi adalah lahir dalam bentuknya yang sekarang ini, merupakan produk penting setelah masa Perand Dunia II. Pertama, muculnya Amerika Serikat sebagai kekuatan dominan dunia. Kedua, terjadi perluasan gerakan komunis sedunia. Ketiga, terbentuknya negara-negara merdeka baru di Asia, Afrika dan Amerika Latin, yang sebelumnya merupakan daerah jajahan negara-negara Eropa.


Definisi proses modernisasi dan pembangunan adalah didasarkan kepada perbedaan pokok yang saling bertolak belakang antara masyarakat tradisional dan masyarakat modern. Secara singkat, maka masyarakat modern ditandai dengan oleh adanya “norma-norma yang lebih universal, diferensiasi dan spesialisasi  fungsional serta pertimbangan yang berpedoman kepada prestasi”.

Modernisasi adalah suatu proses, dimana berlangsung transformasi di segala bidang seperti politik, ekonomi, sosial, kultural dan sebagainya; di mana terjadi perubahan-perubahan yang merombak dasar, susunan dan corak masyarakat lama, yang statis dan terbelakang, yang bersifat tradisionil agraris, dan sebagai akibat perubahan- perubahan itu lahirlah masyarakat baru, yang dinamis dan progresif, yang bersifat industrial,  rasional,   bertujuan  produktivitas  yang  lebih  tinggi,  pendek  kata     suatu masyarakat yang modern. Francois Raillon , Politik dan Ideologi Mahasiswa Indonesia (Dalam “Masalah modernisasi dan peranan inteligensia di negara-negara belum berkembang”, LP3ES . Mahasiswa Indonesia, no.68 , hal : 177. 

Teori modernisasi juga ditandai oleh satu dualisme yang sifatnya berbeda dimana secara dialektis ada pertentangan antara ekonomi dan kebudayaan atau mentalitas. Suatu pembangunan ekonomi yang cepat merupakan kebutuhan yang mendesak, akan tetapi dalam pengalaman menunjukan bahwa syarat-syarat ekonomi saja, seperti modal bahan-bahan mentah, tenaga, skill dan sebagainya belumlah mencukupi. Perubahan mental, cara berfikir dari anggota-anggota masyarakat serta perubahan nilai-nilai sosial kultural yang  menghalang-halangi  pembangunan merupakan masalah yang sentral dalam rangka modernisasi di negara-negara berkembang.

Berada di era globalisasi dan menyusul perdagangan bebas beberapa tahun kedepan mengakibatkan masing-masing negara berusaha untuk menjadi yang terbaik. Namun tak  jarang,  justru  muncul hal-hal diluar  perkiraan yang  lahir sebagai dampak  persaingan tersebut. Modernisasi membawa masyarakat pada tahap membangun yang akut, yang mengakibatkan terganggunya habitat asli lingkungan hidup.

Daftar Pustaka Makalah Teori Modernisasi

Pengertian Teori Modernisasi Definisi Menurut Para Ahli dalam Pembangunan Rating: 4.5 Posted By: Rarang Tengah

0 comments:

Post a Comment