Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Monday, 17 October 2016

Pengertian Bola Voli Mini Definisi Dasar Permainan Teknik Penguasaan Menurut Para Ahli - Ekstrakurikuler

Pengertian Bola Voli Mini adalah Menurut persatuan bolavoli seluruh indonesia (2004-2008: 7) “bolavoli mini adalah olahraga yang dimainkan oleh dua tim dalam setiap lapangan yang dipisahkan oleh sebuah net”. Tujuan dari permainan adalah melawatkan bola diatas net agar dapat jauh menyentuh lantai lawan. Setiap tim dapat memainkan tiga kali pantulan untuk mengembalikan bola.

Definisi Bola Voli Mini Menurut Para Ahli

Menurut Aip Syaifudin dan Muhadi (1991: 183) “permainan bolavoli dimainkan oleh dua regu masing-masing regu terdiri atas 6 orang pemain, setiap regu berusaha untuk dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan melewati di atas net dan mencegah pihak lawan dapat memukul dan menjatuhkan bola ke dalam lapangan. Berdasarkan beberapa pendapat di atas dapat disimpulkan bahwa permainan bolavoli merupakan permainan beregu (team) yang di mainkan oleh dua regu (team), masing- masing regu berusaha melewatkan bola diatas net dan menjatuhkannya di daerah pertahanan lawan untuk meraih kemenangan.

Dasar-dasar Permainan Bola Voli Mini

Menurut Suharno, HP (1983: 3) teknik adalah suatu proses melahirkan keaktifan jasmani dan pembuktian suatu praktek dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam cabang olahraga (khusunya cabang bolavoli), Teknik dikatakan baik apabila dari segi anatomis atau fisiologis mekanik dan mental terpenuhi secara benar perstaratannya. Apabila diterapkan pencapaian prestasi maksimal untuk menganalisa gerakan teknik umumnya para guru atau pelatih akan dapat mengoreksi dan memperbaiki.

Teknik Penguasaan Bola

Menurut Dleter Beullteshtahl (1986: 9) untuk dapat menguasai bola secara maksimal dan sempurna seorang pemain setidaknya harus memiliki kemampuan-kemampuan seperti mampu melakukan pasing atas secara baik dan benar dari teknik dasar ini tidak diabaikan dan harus dilatih dengan baik dan terus menerus agar dapat bermain bolavoli dengan baik, seseorang harus mengerti dan benar-benar dapat menguasai teknik penguasaan bola dengan baik. Dengan menguasai teknik penguasaan bola dan latihan yang continue diharapkan nantinya dapat bermain bolavoli secara baik dan benar.

Baca: Pengertian Sepak Bola Menurut Para Ahli

Dalam permainan bolavoli terhadap beberapa teknik yang harus dikuasai antara lain:
1)    Servis bawah
Menurut Aip Syarifuddin (1997: 70 ) servis bawah adalah cara melakukan pukulan permukaan dari petak servis dengan memukul bola dengan tangan dari bawah sebagai usaha mengidupkan bola dalam permainan. Servis bawah merupakan servis yang dilakukan dengan tangan bawah siku diluruskan dan ayunan tangan dari belakang kedepan melalui samping badan salah satunya tangan memegang bola dan bola tersebut dilambungkan baru dipukul.

Sedangkan menurut M.Yunus (1992:68-69) pada umumnya servis hanya merupakan pukulan pembukaan untuk memulai suatu permainan sesuai dengan kemajuan permainan tetapi jika ditinjau dari suudut taktik sudah merupakan suatu serangan awal untuk diperoleh nilai agar suatu regu berhasil diraih kemenangan. Pendapat serupa dinyatakan Dleter Beutelstahl (2005:9) bahwa mulanya servis hanya dipandang sebagai pukulan permulaan saja cara melempar bola untuk mulai permainan karena kedudukannya begitu penting maka para pelatih selalu berusaha menciptakan bentuk teknik servis yang dapat menyukarkan lawan.

2)    Servis atas
Menurut Aip Syarifuddin (1997: 53) servis atas adalah cara melakukan pukulan permulaan dari bawah servis dengan memukul bola dari atas kepala sebagai usaha menghidupakan bola kedalam permainan, servis atas banyak variasinya bola dapat dilambungkan dengan satu tangan atau dua tangan tinggi lambungan bola tergantung dari maksud pukulan dan kesenangan pribadi pemain, namun pada prinsipnya harus diusahakan agar bola dilambungkan sedemikian rupa tingginya sehingga seluruh rangkaian gerakan memukul menjadi satu gerakan yang tidak terputus-putus.

3)    Passing bawah
Menurut Aip Syarifuddin (1997: 69) passing bawah adalah mengambil bola yang berada di bawah badan atau bola dari bawah dan biasanya dilakukan dengan kedua lengan bagian bawah (dari sikut sampai pergelangan tangan yang dirapatkan), baik untuk dioperkan kekawan, maupun langsung ke lapangan lawan melalui diatas jaring. Sedangkan menurut Suharno HP (1979:29) passing dalam permainan bolavoli adalah usaha maupun upaya seseorang pemain dengan menggunakan suatu teknik tertentu yang tujuannya adalah mengoperkan bola yang dimainkannya itu kepada teman seregunya untuk dimainkan dilapangan sendiri.

Menurut Herry Koesyanto (2003:22) Passing adalah mengoperkan bola kepada teman sendri dalam satu regu dengan suatu teknik tertentu sebagai langkah awal dan menyusun pola serangan kepada regu lawan.

4)    Passing atas
Menurut Aip Syarifuddin (1997: 69) passing atas adalah cara pengambilan bola atau mengoper dari atas kepala dengan   jari-jari tangan, bola yang datang dari atas diambil dengan jari-jari tangan diatas agak depan kepala. Gerakan passing bawah dan passing atas yang menunjukan bahwa yang digunakan passing bawah pada saat bola yang datangnya rendah atau berada depan dada, sedangkan passing atas digunakan apabila bola yang datangnya diatas atau melambung.

Menurut Theo Khelmen dan Kruber (1990:40) dengan melakukan passing atas kedinding berturut-turut maka akan dapat mnyempurnakan  kemampuan  mengarahkan bola.

5)    Smash
Menurut Aip Syarifuddin (1997:58) smash adalah gerakan memukul bola yang dilakukan dengan kuat dan keras serta jalannya bola cepat tajam dan menukik serta sulit diterima lawan apabila pukulan itu dilakukan dengan cepat dan tepat pada teknik smash inilah letak seninya permainan bolavoli. Sedangkan menurut Beutelstahl (2005:23) smash adalah merupakan tindakan memukul bola yang lurus kebawah sehingga bola akan begerak dengan cepat dan menukik melewati atas jaring menuju kelapangan lawan dan akan sulit menerimanya, penguasaan teknik dasar smash dalam permainan bolavoli sangat penting.

Menurut M. Yunus (1992:108) smash merupakan pukulan yang utama dalam penyerangan dalam usaha mencapai kemenangan oleh karena itu setiap pemain dalam satu tim harus benar-benar menguasai smash dengan baik karena smash merupakan serangan utama.

6)    Block
Menurut Aip Syarifuddin (1997:58) block adalah bentuk gerakan seseorang atau beberapa orang pemain yang berada didekat net atau pemain depan tujuannya untuk menutupi atau block bola dari lapangan lawan caranya dengan menjulurkan kedua tangan keatas dengan ketinggian yang kanan lebih tinggi dari tepian atau bibir net. Selama melakukan blocking perhatian harus terus menerus kepada bola dan pandangan mata dari pada smasher untuk menyesuaikan terhadap arah datangnya smash maka perlu mengadakan langkah atau step kesamping kiri atau kanan dengan maksud agar setiap saat dapat melompat keatas untuk melakukan blocking.

Menurut M. Yunus (1992:119) block adalah tindakan membentuk benteng pertahanan untuk menangkis serangan lawan dan dapat dikatan bahwa block merupakan pertahanan utama dari serangan dengan cara membendung smash tersebut didepan jaring.

Ekstrakurikuler Bola Voli Mini

Banyak cara untuk menyalurkan minat dan bakat para siswa, salah satunya dengan mengikuti kegiatan ekstrakurikuler. Sekolah yang memberikan kesempatan kepada siswanya lebih meningkatkan bidangnya.

“Ekstrakurikuler merupakan kegiatan yang diselenggarakan untuk memenuhi tuntutan penguasaan bahan kajian dan pelajaran dengan alokasi waktu yang diatur secara tersendiri berdasarkan pada kebutuhan”. Kegiatan ekstrakurikuler dapat berupa kegiatan pengayaan dan kegiatan perbaikan yang berkaitan dengan program kurikuler atau kunjungan studi ke tempat-tempat tertentu yang berkaitan dengan esensi materi pelajaran tertentu (Depdiknas, 2003: 16).

Ekstrakurikuler Bola Voli Mini

Ekstrakurikuler adalah tempat wahana kegiatan bagi siswa untuk menampung, menyalurkan dan pembinaan minat, bakat serta kegemaran yang berkaitan dengan program kurikulum dan dilaksanakan di luar jam pelajaran sekolah.Salah satu kegiatan ekstrakurikuler di sekolah adalah ekstrakurikuler bolavoli.

Siswa Sekolah Dasar sesuai dengan tingkat pertumbuhan dan perkembangannya dalam kategori anak-anak.Pada masa anak-anak mereka masih menyukai hal-hal yang mengarah permainan.Dengan demikian agar mereka dalam bermain lebih terarah dan tidak menimbulkan pemborosan dan bahaya bagi diri anak, upaya yang dilakukan dengan mengarahkan waktu luang mereka dengan kegiatan yang positif yaitu berolahraga.Dalam hal ini sekolah mengadakan kegiatan ekstrakurikuler bolavoli. Dengan kegiatan ekstrakurikuler bolavoli siswa akan mendapatkan nilai positif yaitu pengembangan bakat dan minat, memupuk mental siswa, dan pengisian waktu luang yang positif.

Hakikat Bola Voli Mini

Setelah permainan bolavoli tersebar luas di seluruh pelosok- pelosok dunia dan berkembang dengan pesat, maka dirasa perlu juga untuk disebar luaskan kepada anak-anak.Dalam peraturan ini dipergunakankecuali untuk ukuran lapangan, tinggi jaring, besar maupun berat bola dan jumlah pemain setiap regu.

Di banyak negara telah banyak yang menyelenggarakan turnamen- turnamen antar kelompok anak.Namun dari semua belum adakeseragaman tentang ukuran tinggi net dan ukuran lapangan.Permainan bolavoli mini memang sangat bermanfaat untuk pemilihan pemain, mengingat cukup lama waktu yang dibutuhkan untuk menjadi pemain yang bermutu.Di samping ada beberapa hal untuk pembentukanpemain yang berkualitas, maka salah satu hal yang harus diperhatikan adalah adanya kegiatan turnamen yang terjadwal secara kontinu. Untuk mengembangkan keterampilam pada usia dewasa cukup mendapatkan kesulitan bila dibandingkan pada usia dini, apa lagi mereka didukung perasaan senang terhadap permainan bolavoli, maka mereka akan mudah untuk menuju atau prestasi yang diharapkan.

Menurut M. Mariyanto, dkk. (1996: 103) “Bolavoli mini adalah sejenis bolavoli yang dimainkan dilapangan kecil dengan 2 sampai 4 pemain setiap regunya dengan peraturan yang disederhanakan”.

Menurut Eso Suwarso dan Sumaryo (2010: 72) bolavoli mini termasuk kedalam cabang olahraga permainan yang sifatnya beregu, jumlah pemain dalam setiap regunya adalah 4 orang pemain ini dilakukan oleh anak-anak menggunakan bola berukuran sedang, serta lapangan pun berukuran kecil.

Bola dalam permainan bolavoli minimenggunakan bola bernomor 4, garis tengah bola 22-24 cm, dan berat 220-240gram. Jaring atau net untuk standar putra 210 cm dan untuk putri 200cm. lapangan bolavoli mini adalah panjang12 m x 6 m, tidak menggunakan garis serang, daerah sajian atau servis adalah selurh daerah belakang garis lapangan, tebal garis 5 cm (Sri Mawarti, 2009: 71).

Dari pengertian tersebut diatas dapat disimpulkan bahwa permainan bolavoli mini adalah suatu permainan yang dimainkan oleh anak-anak, setiap regunya biasanya 4 orang dengan menggunakan bola beru kuran sedang dan lapangan berukuran kecil serta mempunyai sifat permainan beregu.

Bolavoli mini adalah merupakan suatu permainan yang kompleks yang tidak mudah untuk dilakukan oleh setiap orang. Diperlukan pengetahuan tentang dasar-dasar bermain bolavoli mini meliputi servis, passing, smash, dan sebagainya. (Nuril Ahmadi, 2007:19).

Berdasarkan penjelasan diatas permainan bolavoli mini adalah suatu permainan beregu yang lapangannya dibatasi oleh net dan untuk memainkannya diperlukan teknik. Salah satu dasar yang harus dikuasai dalam permainan bolavoli mini adalah passaing bawah.

Daftar Pustaka Makalah Bola Voli Mini

Persatuan Bolavoli Seluruh Indonesia,    (2004-2008).    Peraturan    Permainan Bolavoli. Jakarta: PBSI.

Aip Syaifudin dan Muhadi. (1991). Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Jakarta: Depdikbub.

Soeharno HP. (1982). Dasar-dasar Permainan Bolavoli FPOK IKIP Jogjakarta.

Herry Koesyanto. (2003). Belajar Bermain Bolavoli. FIK Unes Semarang.

Depdikbud. (2002) Model Pembelajaran Dirjen Pendidikan Dasar dan Menengah Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta. PGSM.

M.    Mariyanto, (1996). Permainan Bola Besar (Bolavoli). Jakarta: Universitas Terbuka.

Nuril Ahmadi.(2007). Panduan Olahraga Bolavoli . Surakarta: Era Pustaka Utama.

Pengertian Bola Voli Mini Definisi Dasar Permainan Teknik Penguasaan Menurut Para Ahli - Ekstrakurikuler Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 comments:

Post a Comment