Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 24 March 2017

Pengertian SADARI Tujuan, Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Pada Perempuan Mengenali Gejala

Pengertian SADARI adalah pemeriksaan payudara sendiri. Ini adalah pemeriksaan, yang mudah dilakukan oleh setiap wanita untuk mencapai benjolan atau kelainan lainnya. Dengan posisi tegak menghadap kaca dan berbaring dilakukan pengamatan dan perabaan payudara secara sistematis. Pemeriksaan payudara sendiri dilakukan secara rutin setelah haid sekitar 1 minggu dari hari terakhir haid. Bila sudah menopause pemeriksaan payudara sendiri dilakukan pada tanggal tertentu setiap bulannya. Jika ditemukan benjolan di payudara segera konsultasi ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Tujuan utama SADARI adalah menemukan kanker dalam stadium dini sehingga pengobatannya menjadi lebih baik. Ternyata 75-85% keganasan payudara ditemukan pada saat dilakukan pemeriksaan payudara sendiri (Dalimartha , 2004). 

SADARI harus dilakukan setiap bulan karena telah banyak bukti bahwa kanker payudara ditemukan wanita sendiri secara kebetulan atau pada waktu meraba payudaranya sendiri.Wanita- wanita yang sudah berpengalaman dalam memeriksa payudaranya sendiri dapat meraba benjolan-benjolan kecil dengan garis tangan yang kurang dari satu sentimeter.Dengan demikian jika benjolan ini  ternyata ganas dapat diobati dalam stadium dini.Namun ada juga yang tidak berani menyentuh  atau meraba bagian-bagian tertentu dari payudaranya.Mereka akan mendapat masalah pada saat memeriksa payudaranya sendiri.Mereka segan melakukan ini karena takut menemukan sesuatu.Padahal pemeriksaan sendiri itu penting dilakukan secara teratur,ini merupakan bentuk tanggung jawab terhadap kesehatannya sendiri.(Wibisono,2009)  


 Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara

  1. Menurut Edi Sigar (2005.) pemeriksaan payudara sendiri dianjurkan pada setiap wanita dan pada usia tertentu: Wanita berusia antara 35-40, bertujuan untuk menetapkan keadaan payudara yang normal.
  2. Wanita usia 40-49, diwajibkan menjalani pemeriksaan dokter setiap tahun (secara   manual)   dan   setiap   dua   tahun   diperiksa   dengan   menggunakan mamogram. 
  3. Wanita setelah usia 50, harus menjalani pemeriksaan payudara secara manual dan dengan mamografi setiap tahun.

Ada beberapa cara untuk mengenali gejala-gejala tertentu pada payudara yaitu  seperti dalam label berikut:


 
 

Cara melakukan SADARI adalah sebagai berikut:

1.   Posisi berdiri 
  • Pada tahap awal, semua pakaian diatas, lalu berdiri didepan cermin dengan posisi kedua tangan lurus ke bawah. Perhatikan seluruh bagian kedua payudara dengan seksama.
  • Pastikan ada tidaknya perubahan yang tampak, baik bentuk maupun ukuran payudara. Hanya wanita yang bersangkutan yang lebih memahami jika ada perubahan bentuk maupun ukuran pada payudaranya. 
  • Angkat kedua tangan keatas hingga lurus. Perhatikan kembali seluruh bagian payudara. Pastikan ada tidaknya perubahan yang tampak, seperti adanya tarikan disekitar payudara atu adanya kerutan dikulit payudara. 
  • Pijat atau tekan secara perlahan-lahan payudara sebelah kiri tepat disekitar putting susu dengan tangan kanan, sedangkan payudara sebelah kanan dengan tangan kiri.

2.  Posisi Berbaring 
  • Letakkan  bantal   di  bawah  bahu  atau  di  bawah  punggung  untuk mempermudah pemeriksaan
  • Letakkan tangan kanan dibawah kepala dan tangan kiri meraba sambil menekan perlahan-lahan payudara sebelah kanan. Begitu pula sebaliknya, letakkan tangan kiri dibawah kepala dan periksa payudara kiri dengan tangan kanan. 
  • Lakukan perabaan dan gerakan memutar disertai tekanan secara perlahan-lahan. Gunakan tiga ujung jari telunjuk, jari tengah dan jari manis untuk meraba (Mardiana, 2007). 

Daftar Pustaka Makalah SADARI
Dalimartha Setiawan. (2002). Deteksi Dini Kanker dan Simplisia Anti Kanker. Jakarta : Swadaya
Wibisono, Nancy. (2009). Melawan Kanker Pauydara. Jakarta : Restu Gung.
Mardiana. Lina. (2007). Kanker Pada Wanita. Jakarta : Penebar Swadaya. 

Ernawati, Edi Siregar. (2005). Buku Pintar Perempuan. Jakarta : PT. Delapratasa Publishing. 

Pengertian SADARI Tujuan, Cara Melakukan Pemeriksaan Payudara Pada Perempuan Mengenali Gejala Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 comments:

Post a Comment