Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 28 April 2017

Bentuk Latihan Kekuatan Otot Perut Pengertian Sit Up dan Vertical Leg Crunch

Pengertian Kekuatan Otot Perut adalah Kekuatan (strength) adalah komponen kondisi fisik seseorang tentang kemampuannya dalam menggunakan otot untuk menerima beban sewaktu bekerja (Depdikbud, 1997:5).  Otot menurut kamus besar bahasa indonesia (1990:632) adalah urat yang besar atau jaringan kenyal ditubuh manusia untuk menggerakkan organ tubuh. Perut adalah bagian tubuh dibawah rongga dada (KBBI, 1990:676).


Definisi kekuatan otot perut adalah kemampuan sekelompok otot perut sewaktu melakukan suatu aktifitas. Kekuatan otot perut dalam melakukanjump heading berfungsi untuk membantu anggota gerak atas yaitu otot perutagar dapat menghasilkan jump heading yang maksimal. Pengaturan kekuatan otot perut dan kekuatan otot tungkai yang baik akan menghasilkan jump headingyang maksimal. Otot perut merupakan  otot-otot batang badan (Raven, 198:12). Lebih lanjut Raven mengatakan bahwa otot perut merupakan  otot-otot penegak badan selain otot punggung. Sebagai otot penegak badan, otot perut dan otot punggung memiliki arti penting dalam sikap dan gerak tulang belakang. 

Dinding depan perut dibentuk oleh otot-otot lurus perut yang terletak di sebelah kanan dan di sebelah kiri garis tengah badan. Di sisinya terdapat otototot lebar perut yang dapat pula dibagi atas serong luar perut, otot serong dalam perut, dan otot lintang perut. Otot-otot tersebut terentang diantara gelang panggul dan rangka dada, merupakan  sebuah penutup yang dapat merubah volume rongga perut (Raven, 1981:12).

Mencermati keberadaan otot perut yang terentang antara gelang panggul dan rongga dada, jika dikaji secara seksama otot memiliki peran yang sangat penting dalam pelaksanaan gerak anggota gerak bawah seperti tungkai. Hal ini secara logika dapat dimengerti karena anggota gerak bawah dalam melakukan gerakan terutama sekali dalam pelaksanaan menyundul bola memerlukan ayunan tungkai yang didukung oleh persendian pada panggul. Dengan demikian karena gerakan panggul memerlukan dukungan dan kinerja otot perut, maka dimungkinkan dengan memiliki kekuatan otot perut yang baik akan memungkinkan ayunan gerak yang kuat pada otot tungkai. Untuk lebih jelasnya mengenai bagian-bagian otot perut dapat diperhatikan pada gambar


Latihan Kekuatan Otot Perut

Menurut Harsono (1988:183), latihan untuk meningkatkan otot perut dapat dilakukan dengan sistem latihan tahanan untuk mamacu otot berkontraksi secara isotonis. Dalam tipe kontraksi isotonis akan nampak ada suatu gerakan dari anggota tubuh yang disebabkan oleh memanjang dan memendeknya otototot sehingga terdapat berubahan dalam panjang otot. Dalam bentuk latihan ini dapat digunakan badan sendiri sebagai beban.  Mengacu dari hal tersebut, maka untuk meningkatkan kekuatan otot perut dalam penelitian ini digunakan bentuk latihan berupa sit up dan vertical leg crunch. 

Adapun pelaksanaan dari latihan sit up dan vertical leg crunch adalah sebagai berikut:

Sit up
Sikap awal 
Berbaring terlentang kedua tangan di belakang tengkuk dan kedua siku lurus kedepan kedua lutut ditekuk dan telapak kaki tetap dilantai. 

Gerakan 
Dari sikap awalan tubuh diangkat kedua siku menyentuh lutut dan kembali berbaring atau ke sikap semula.

Beban latihan 
Beban dalam latihan sit up ini meliputi penambahan beban secara meningkat sesuai dengan program latihan dan pelaksanaannya memperhatikan repetisi, set dan interval diantara set. Irama gerak tiap melakukan sit-up adalah satu detik.  Untuk lebih jelasnya lihat gambar:
Gambar 2.6 Sikap Gerakan Sit Up
Vertical leg crunch

Sikap awal
Berbaring telentang kedua tangan disamping tubuh dengan telapak tangan menghadapa ke lantai.

Gerakan 
Dari sikap awalan angkat kaki dan tahan beberapa detik kemudian kembali berbaring pada posisi awal.

Beban latihan
Beban dalam latihan vertical leg crunch ini meliputi penambahan beban secara meningkat sesuai dengan program latihan dan pelaksanaannya memperhatikan repetisi, set dan interval diantara set. Irama gerak tiap melakukan sit-up adalah satu detik. Untuk lebih jelasnya lihat gambar:

Gambar 2.7 Gerakan latihan Vertical Leg Crunch

Daftar Pustaka Makalah Bentuk Latihan Kekuatan Otot Perut
Depdikbud, 1990. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta:Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. 
Raven, 1981. Atlas Kinisioligi. Semarang:Dhahara.  
Suharno HP. 1986. ilmu coaching umum.  Yogyakarta; FKIP yogyakarta.

Bentuk Latihan Kekuatan Otot Perut Pengertian Sit Up dan Vertical Leg Crunch Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

1 comments:

  1. Di www(titik)id303(titik)com
    Memberikan Bukti Bukan Janji !!!
    untuk anda yang sedang mencari rezeki untuk kebutuhan hidup. ayo di coba kesempatan anda

    ReplyDelete