Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 28 April 2017

Makalah Shooting dalam Sepakbola Pengetian Macam Teknik Tendangan Bola Dengan Kaki Bagian Luar Dalam, Punggung Penuh, Ujung dan Kura-Kura

Pengertian Shooting dalam Sepakbola - Menendang merupakan gerakan dasar yang paling dominan dalam sepakbola. Dengan menendang saja seseorang sudah bisa bermain sepakbola. Tujuan menendang bola adalah untuk mengumpan, shooting ke gawang, dan untuk menyapu menggagalkan serangan lawan (Sucipto,2000: 17). Dari sudut pandang penyerangan, tujuan sepakbola adalah melakukan shooting ke gawang. Seorang pemain harus menguasai ketrampilan dasar menendang bola dan selanjutnya mengembangkan sederetan teknik shooting yang memungkinkannya untuk melakukan tendangan shooting dan mencetak gol dari berbagai posisi dilapangan (Danny Mielke, 2003:67).


Seorang pemain yang masih sangat muda biasanya melakukan shooting dari dekat gawang. Ketika ketrampilan seorang pemain semakin meningkat, dia harus mulai melakukan shooting lebih jauh dari gawang. Seorang pemain perlu mengembangkan ketrampilan menggiring bola dan juga ketrampilan mengontrol bola lainya, seperti menerima passing atau menyundul bola. Kebanyakan peluang melakukan shooting datang secara tiba-tiba, dan seorang pemain harus siap memanfaatkan kesempatan melakukan shooting jika telah tiba waktunya. Shooting adalah tendangan yang dilakukan oleh seorang pemain terhadap target sasaran (gawang) (Tri Septa Agung Pamungkas, 2008:154).

Macam-Macam Teknik Tendangan

Menendang merupakan suatu usaha untuk memindahkan bola dari suatu tempat ke tempat yang lain dengan menggunakan kaki atau bagian kaki (Sarumpaet, dkk. 1992:20). Menendang bola dapat dilakukan dalam keadaan bola diam, menggelinding maupun melayang di udara. Namun, dalam penelitian ini karena pembahasannya adalah tendangan dengan jarak 16.5 meter, penulis memilih menendang bola dalam keadaan diam. Untuk dapat menendang bola dengan baik, pemain harus memperhatikan beberapa prinsidasar menendang bola dalam keadaan diam, dalam penelitian ini adalah bola ditempatkan  pada suatu titik. Luxbacher (2011:105-111) menjelaskan tentang beberapa ketrampilan menembak yang dasar mencakup tembakan instep drive, full volley, half volley, side volley dan swerving atau menikung. 

Sementara  menurut Sukatamsi, (1984:40) Teknik tendangan atau perkenaan bola pada kaki pada saat menendang dalam sepakbola ada lima, yaitu: (1) Menendang dengan kaki bagian dalam, (2) Menendang dengan kurakura kaki penuh, (3) Menendang dengan kura-kura kaki bagian dalam, (4) Menendang dengan kura-kura kaki bagian luar, (5) Menendang dengan ujung jari. 

a. Menendang Bola Dengan Kaki Bagian Dalam
Kegunaan menendang bola menggunakan kaki bagian dalam adalah: 1) untuk operan jarak pendek, 2) untuk operan bawah (rendah), 3) untuk operan melambung atas (tinggi), 4) untuk tendangan tepat ke mulut gawang, 5) untuk tendangan bola melengkung, dan 5) untuk tendangan kombinasi dengan gerakan lain (Sukatamsi, 1984:101).

Bola Dengan Kaki Bagian Dalam
Gambar 2.1 Shooting Menggunakan Kaki Bagian Dalam

  1. Kaki tumpu ditempatkan sejajar dan dekat dengan bola, lutut sedikit dibengkokkan.
  2. Kaki melintang tegak lurus kearah kaki bagian dalam tepat mengenai tengah-tengah bola dilanjutkan dengan gerakan lanjutan ke depan.
  3. Posisi badan berada diatas bola (menutup).
  4. Tangan membentang kesamping untuk menjaga keseimbangan tubuh.
  5. Setelah tendangan, kaki tendang masih terus mengikuti gerakan (follow through).

b. Menendang Dengan Menggunakan Punggung Kaki Penuh
Kegunaan menendang dengan menggunakan kura-kura kaki penuh adalah : 1) untuk operan jarak pendek, 2) untuk operan jarak jauh, 3) untuk operan bawah (rendah), 4) untuk operan melambung atas (tinggi), 5) untuk tendangan keras ke mulut gawang, 6) untuk tendangan tepat ke mulut gawang, 7) untuk tendangan bola melengkung (slice), 8)  untuk tendangan kombinasi dengan gerakan lain (Sukatamsi 1984:113).

Gambar 2.2 Shooting Menggunakan Kura-Kura Kaki Penuh

  1. Letakkan kaki tumpu di samping bola dengan jarak kurang lebih 15 cm dari bola.
  2. Arah kaki tumpu sejajar dengan arah sasaran.
  3. Kaki yang menendang diangkat ke belakang, salanjutnya diayunkan ke depan arah bola.
  4. Arah kaki lurus ke depan searah dengan arah sasaran dan sejajar dengan arah kaki tumpu.
  5. Kura-kura kaki penuh dari kaki yang menendang tepat mengenai tengahtengah bola, bola akan bergulir datar di atas tanah.

c.  Menendang Dengan Kura-Kura Kaki Bagian Dalam
Kegunaan menendang dengan menggunakan kura-kura kaki bagian dalam adalah : 1) untuk operan jarak pendek, 2) untuk operan jarak jauh, 3) untuk operan bawah (rendah), 4) untuk operan melambung atas (tinggi), 5) untuk memasukkan bola tepat ke mulut gawang, 6) untuk tendangan bola melengkung (slice), 7) untuk dikombinasikan dengan gerakan lain (Sukatamsi1984:123).

Gambar 2.3 Shooting Menggunakan Kura-Kura Kaki Dalam
  1. Kaki tumpu diletakkan di belakang samping bola antara 25 cm-30 cm.
  2. Arah kaki tumpu membuat sudut 40 derajat dengan garis lurus arah bola.
  3. Kaki yang menendang bola diangkat ke belakang, kemudian diayunkan ke depan ke arah sasaran.
  4. Hingga kura-kura kaki bagian dalam tepat mengenai tengah-tengah di bawah bola.
  5. Bagian bola yang ditendang tepat di tengah-tengah bawah bola, bola akan melambung tinggi.

d.  Menendang Dengan Kura-Kura Kaki Bagian Luar
Kegunaan menendang dengan mengunakan kura-kura kaki penuh adalah : 1) untuk operan jarak pendek, 2) untuk operan jarak jauh, 3) untuk operan bawah (rendah), 4) untuk operan melambung atas (tinggi), 5) untuk tendangan keras ke mulut gawang, 6) untuk tendangan tepat ke mulut gawang,
7) untuk tendangan bola melengkung (slice), 8)  untuk tendangan kombinasi dengan gerakan lain (Sukatamsi 1984:107).
Shooting dalam Sepakbola
Gambar 2.4 Shooting Menggunakan Kura-Kura Kaki Luar
  1. Kaki tumpu diletakkan di belakang samping bola antara 25 cm-30 cm, sedikit ke belakang.
  2. Arah kaki tumpu sejajar dengan arah sasaran.
  3. Tungkai kaki diputar arah ke dalam.
  4. Arah kaki agak menyudut arah ke dalam hingga kura-kura kaki bagian luar mengarah tepat di tengah-tengah belakang bola.
  5. Kura-kura kaki luar yang menendang tepat mengenai tengah-tengah bola, hingga bola akan bergulir datar di atas tanah.

e. Menendang Dengan Ujung Kaki
Kegunaan menendang dengan menggunakan kura-kura kaki penuh adalah : 1) untuk operan jarak pendek, 2) untuk operan jarak jauh, 3) untuk operan bawah (rendah), 4) untuk operan melambung atas (tinggi), 5) untuk tendangan keras ke mulut gawang, 6) untuk tendangan tepat ke mulut gawang, 7) untuk tendangan bola melengkung (slice), 8)  untuk tendangan kombinasi dengan gerakan lain (Sukatamsi:1984:116).
Gambar 2.5 Shooting Menggunakan Ujung Kaki
1) Letakkan kaki tumpu di samping bola dengan jarak kurang lebih 15 cm dari bola
2) Arah kaki tumpu sejajar dengan arah sasaran.
3) Kaki yang menendang diangkat ke belakang, salanjutnya diayunkan ke depan arah bola.
4) Arah kaki lurus ke depan searah dengan arah sasaran dan sejajar dengan arah kaki tumpu.
5) Ujung jari atau ujung kaki tepat mengenai tengah-tengah bola, hingga bola akan bergulir datar di atas tanah.

Ketepatan Shooting Ke Gawang

Menurut M. Sajoto (1995:9), ketepatan (accuracy) adalah kemampuan seseorang untuk mengendalikan gerak-gerak bebas terhadap suatu sasaran. Sasaran ini merupakan suatu jarak atau mungkin suatu objek langsung yang harus dikenai dengan salah satu bagian tubuh. Faktor-faktor yang mempengaruhi ketepatan dalam permainan sepakbola banyak hal yang perlu diperhatikan dan dipelajari guna mendukung kemampuan melakukan suatu gerakan yang diharapkan, misalnya tendangan ke gawang atau shooting, heading, controling, dan sebagainya. Selanjutnya pendapat menurut, Kosasih (2003:235) menjelaskan sebagai berikut: “pada saat menendang perhatian kita jangan hanya tertuju pada kaki  yang akan  menendang  saja,  tetapi  kaki  yang  sebelah  pun  harus  kita perhatikan pula dan pandangan harus kita arahkan pada bola dan kaki.”

Untuk mencapai tujuan yang diinginkan kaitanya terhadap ketepatan tendangan ke arah gawang, dibutuhkan faktor pendukung antara lain :

1. Konsentrasi 
Kensentrasi adalah keseriusan seorang yang akan melakukan suatu yang dilakukan dengan sadar dan mempunyai tujuan yang ingin dicapai.

2. Timeing 
Ketepatan seseorang melakukan suatu gerakan antara kesempatan yang ada dan kapan harus melakukannya, seorang atlet sepakbola pada saat perebutan bola di depan gawang untuk mencetak gol maka ia harus berfikir kapan melakukan shooting, bola diarahkan kemana, posisi atas atau bawah dan lain sebagainya.  

3. Gerakan yang diulang-ulang
Suatu gerakan yang sering diulang-ulang maka dengan sendirinya akan menjadi gerakan yang otomatis.

Apabila tendangan ke arah gawang semakin akurat dalam arti pemain memiliki tingkat keakuratan yang tinggi dalam menendang berarti akan semakin meningkatkan keberhasilan tendangan kearah gawang itu sendiri.

Daftar Pustaka Makalah Shooting dalam Sepakbola
Mielke, D. 2004. Dasar-Dasar Sepak Bola. Jakarta : Pakar Raya.
Sucipto. 2000. Sepak Bola. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta.
Tri Sepata Agung Pamungkas. 2009. Kamus Pintar Sepak Bola. Malang : Dioma.
Luxbacher, J,A. 2004. Sepak Bola. Jakata : PT Rajasa Grafindo Persada.
Sukatamsi. 1985. Teknik Dasar Bermain Sepak Bola. Solo : Tiga Serangkai.
M. Sajoto. 1995. Peningkatan Dan Pembinaan Kekuatan Kondisi Fisik Dalam Olahraga.  Semarang : Dahara Prize.
Kosasih, E. 1993. Olahraga Teknik dan Program Latihan. Jakarta: AKA Press.

Makalah Shooting dalam Sepakbola Pengetian Macam Teknik Tendangan Bola Dengan Kaki Bagian Luar Dalam, Punggung Penuh, Ujung dan Kura-Kura Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

1 comments:

  1. ID303 The First in INDONESIA
    Terpercaya www(titik)id303(titik)com
    PINBBM-7-B-3-1-3-0-B-F, whatsapp : +6281326993756
    bisa mendapatkan Uang loh,

    ReplyDelete