Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 28 April 2017

Makalah Teknik Gerak Dasar Permainan Bola Voli Seperti Service, Passing, Block, Smash, Set-Up Umpan

Gerak dasar dalam permainan bola voli adalah keterampilan gerak yang dilakukan dalam kegiatan bermain bola voli baik yang berkaitan dengan aktivitas pada saat tanpa memainkan bola. Gerak dasar permainan bola voli mencakup keterampilan dasar, keterampilan lokomotor dan keterampilan manipulatif.

Keterampilan lokomotor adalah kemampuan seseorang untuk bergerak atau memindahkan titik berat badan dan posisi badanya dari satu empat ketempat yang lain. Keterampilan itu mencakup gerakan melompat kearah tegak,terutama bertumpu pada dua kaki, dan keterampilan berjalan atau lari beberapa langkah untuk mengambil posisi yang baik agar bola dapat dimainkan dengan baik sesuai dengan tujuan yang dikehendaki oleh pemain. Gerak ini termasuk kedalam langkah-langkah “foot work” untuk bermain bola voli (Machfud Irsyada,2000 :17).

Keterampilan manipulatif, terutama menggunakan satu tangan atau dua tangan yang disatuakan terutama kemampuan pokok dalam permainan bola voli. Hal ini sesuai dalam karakteristik utama bermain bola voli yaitu bola dipukul dengan satu pukulan oleh tangan atau disentuh oleh bagian tubuh lainnya (misalnya : kaki, kepala), sebelum boal menyentuh lapangan. Permainan bola voli tergolong permainan yang membutuhkan kemampuan pemain, untuk memusatkan perhatiannya pada satu objek yang dimainkan bersama yaitu bola.

Mengetahui perhatian pemain bola voli terhadap bola membutuhkan kemampuan untuk mempersepsi bola, mencakup arah, ketinggian, dan kecepatan bola, untuk kemudian dipukul. Bola dapat dimainkan dengan cara memantulkan atau memukul hanya satu kali satu tangan, dua tangan menjadi satu, ataupun tangan membuka, bahkan kini bola dapat dimainkan oleh seluruh anggota tubuh (Machfud Irsyada, 2000 : 17-17).

Teknik Dasar Permainan Bola Voli

Permainan bola voli dimainkan oleh dua regu dimana setiap regu beranggota enam orang. Mengingat permainan bola voli adalah permainan beregu, maka pola kerja sama antar pemain, sifat toleransi antar kawan, sikapsaling percaya, serta sikap mau mengisi kekurangan atau kekompakan sama anggota regu dalam kesatuan tim mutlak diperlukan. 

Cabang olahraga bola voli sebagai cabang olahraga permainan yang dilakukan secara beregu, membutuhkan teknik dasar sebaik mungkin bagi setiap pemain. Dengan demikian, maka setiap pemain bola voli selalu berusaha meningkatkan teknik-teknik dasar permainan bola voli secara baik dan sempurna.

Berkaitan dengan meningkatkan teknik dasar permainan bola voli, M.Yunus (1992 : 68) Mengemukakan dalam bukunya bahwa teknik adalah “cara melakukan sesuatu untuk mencapai tujuan tertentu secara efektif dan efisien sesuai peraturan yang berlaku untuk hasil yang optimal”. Berpegangan pada pengertian tersebut, maka pengertian teknik dalam cabang olahraga permainan bola voli adalah cara untuk memainkan bola secara efektif dan efisien untuk mencapai hasil yang optimal yang harus dilakukan oleh setiap pemain.

Berdasarkan kemungkinan-kemungkinan yang dapat terjadi dalam permainan bola voli maka setiap pemain bola voli selalu berusaha dan berlatih untuk meningkatkan dan menumbuh kembangkan kemampuan-kemampuan berupa teknik dasar bola voli.

Munasifah (2008 : 25) Menyatakan bahwa teknik adalah suatu proses Melahirkan dan pembuktian dalam praktik dengan sebaik mungkin untuk menyelesaikan tugas yang pasti dalam abang permainan bola voli.

Mengkaji arti tentang pentingnya teknik-teknik dasar dalam permainan bola voli, maka teknik dasar dalam permainan bola voli mutlak harus dikuasai dengan baik dan sempurna oleh setiap pemain bola voli. Adapun macam-macam teknik dasar dalam permainan bola voli meliputi “service, pass, set-up, smash, dan block” M. Yunnus (1992 : 68). 

1. Service (servis)
Pada mulanya servis hanya pukulan pembuka untuk memulai suatu permainan, namun jika ditinjau dari sudut taktik servis sudah merupakan suatu serangan awal untuk mendapatkan nilai agar suatu regu berhasil meraih kemenangan bermain (M. Yunus, 1992 : 69).

2. Pass
Passing adalah usaha seseorang pemain bola voli dengan cara menggunakan suatu teknik tertentu yang bertujuan untuk mengoperkan bola yang dimainkan kepada teman seregu sebagai langkah awal untuk menyusun pola serangan kepada regu lawan (M Yunus, 1992 : 79).

3. Set-Up (Umpan)
Umpan adalah menyajikan bola kepada teman dalam satu regu, dan kemudian bola tersebut diharapkan dapat diserang ke daerah lawan dalam bentuk smash (M. Yunus, 1992 :101). Teknik mengumpan ini pada dasarnya sama dengan teknik passing. Letak perbedaannya pada tujuan dan jalanya bola. Teknik mengumpan dapat dilakukan baik dengan passing atas maupun passing bawah, namun jika ditinjau dari segi keuntungan pelaksanaanya tentu akan menguntungkan jika teknik umpan dilakukan dengan passing atas. Mengumpan dengan passing atas akan menjamin ketepatan sasaran dibandingkan dengan teknik passing bawah.

Umpan yang baik harus memenuhi beberapa persyaratan yaitu: a) Bola harus melambungkan dengan tenang di daerah serang lapangan sendiri, b) Bola harus diatas net dengan ketinggian yang cukup agar dapat di smash oleh smasher, dan c) Jarak umpan dengan net sesuai dengan tipe serangan yang diinginkan. Umpan yang normal jarak bola dengan net berkisar 20-50 cm (M.Yunus,1992 :101).

Macam-macam umpan :
a) Umpan Normal
Umpan Normal dikatakan oleh M. Yunnus (1992 : 101) bahwa umpan normal sebagai dasar untuk mengembangkan teknik-teknik yang lain. Tinggi umpan normal 2 meter keatas dari tepi net dan berlaku dari atas segala posisi. Kunci pelaksanaannya : dorongan umpan dilakukan setelah smasher terlebih dahulu melompat, dan pengumpan melihat tangan smasher . Dorong lebih banyak dengan pergelangan tangan (M. Yunus, 1992:101).

b) Umpan Semi
Umpan Semi digunakan dengan tujuan untuk membuat tempo permainan lebih cepat dan merupakan suatu variasi serangan untuk merusak pertahanan lawan. Tinggi umpan semi berkisar antara 1 m sampai 1,99 m di atas net. Kunci pelaksanaannya : Secepat mungkin menempatkan badan dibawah bola dengan sikap siap normal , posisi tangan didepan dada. Begitu bola tepat diatas dahi segera didorongkan didepan atas, dorongkan lengan tidak sepenuhnya umpan normal tetapi lebih banyak menggunakan pergerakan pergelangan tangan (M. Yunus, 1992 : 101).

c) Umpan push (umpan dorong)
Kunci pelaksanaannya : Umpan ini dilakukan dengan dorongan yang lebih cepat jika dibandingkan dengan teknik umpan lainnya. Ketinggian bola diatas net lebih kurang 0,5 sampai 1,5 m di atas net. Jika smasher dengan pengumpan relatif lebih jauh dan titik ketinggian bola berada di pinggir lapangan karena smasher akan mengambil awalan kepinggir keluar lapangan (M. Yunus,1992 : 101).

Makalah Teknik Gerak Dasar Permainan Bola Voli

d) Umpan Pull (quick)
Umpan ini juga bertujuan mengubah variasi serangan agar tempo permainan menjadi lebih cepat. Ketinggian umpan berkisar antara bola-bola persis diatas net sampai ketinggian 0,99 m dan letak bola umpan lebih dekat ke pengumpan atau berada di atas pengumpan. Kunci pelaksanaanya : dorongan umpan dilakukan setelah smasher lebih dahulu melompat, dan pengumpan melihat tangan smasher yang sudah melompat dan bola umpan diarahkan ketangan smasher, dorong lebih banyak menggunakan pergelangan tangan (M. Yunus, 1992 :1001).

e) Umpan pull straight
Umpan Pull Straight ini sama dengan umpan yang lain, yaitu bertujuan mengubah tempo permainan agar menjadi lebih cepat dan bervariasi. Perbedaannya dengan umpan pull, ada yang jalannya bola kearah pengumpan yang lebih tajam, seperti umpan push, tetapi ketinggian bola di atas net sama dengan umpan pull (M. Yunus,1992 : 101).

4. Smash (spike)
Smash adalah pukulan yang utama dalam penyerangan dalam usaha untuk mencapai kemenangan. Untuk mencapai keberhasilan yang gemilang dalam melakukan smash ini diperlukan latihan yang tinggi dan kemampuan meloncat tinggi (M. Yunus,1992 : 101).

Smash merupakan suatu teknik yang mempunyai gerakan yang komplek yang terdiri dari :
1) Langkah awal
2) Tolakan untuk meloncat
3) Memukul bola saat melayang di udara
4) Saat mendarat kembali setelah memukul bola

Proses gerakan seluruh dalam smash dapat diuraikan sebagai berikut : Dengan anggapan pemukul menggunakan tangan kanan dan smash dari daerah posisi empat.
  • Sikap pemula, berdiri kurang lebih 45 derajat dengan jarak 3 sampai 4 m, dari net.
  • Gerakan pelaksanaan, langkah kaki kiri depan dengan langkah biasa, kemudian diikuti dengan langkah kaki kanan panjang, diikuti dengan segera oleh kaki kiri yang diletakan disamping kaki kanan (ujung kaki kiri sedikit didepan kaki kanan), sambil menekuk lutut serendah, kedua lengan berada dibelakang badan, segera melakukan tolakan sambil mengayunkan lengan depan atas, pada saat loncatan tertinggi, segera meraih dan memukul bola setinggi-tingginya diatas net.
  • Gerakan lanjutan, menjaga keseimbangan badan agar tidak menyentuh dan menabrak net dan mendarat kembali dengan menumpu pada dua kaki sambil mengoper dan mengambil sikap siap normal. Teknik gerakan smash dan posisi badan saat akan memukul bola diatas net.

Smash menurut macamnya umpan :
1) Smash normal (open smash)
Proses smash dimulai dari : sikap permulaan, gerak pelaksanaan dan gerak lanjutan sama dengan pelaksanaan smash secara umum.

Ciri-ciri khusus :
  • Lambung (umpan) bola cukup tinggi mencapai 3 m keatas.
  • Jarak lintasan bola yang diumpan berkisar antara 20 sampai 50 cm dari net.
  • Titik jatuhnya bola yang diumpan berada disekitar daerah tengah antara pengumpan dan smasher yang diukur dari garis proyeksi smasher terhadap net.
  • Langkah awal dimulai setelah bola dilepas dari tangan pengumpan pandangan berkonsentrasi jalannya bola.
  • Meraih dan memukul bola setinggi-tingginya diatas net.

2) Smash semi
Sikap permulaan, gerak pelaksanaan dan gerak lanjutan sama dengan smash normal. Perbedaannya terletak pada ketinggian umpan yang diberikan dan timing mengambil langkah awalan. Awalan langkah kedepan dimulai pelan-pelan sejak bola mulai mengarah kepengumpan, smasher meloncat dan memukul bola secepat-cepatnya diatas net ketinggian umpan lebih kurang satu meter diatas net.

3) Smash semi jalan
Pada dasarnya smash semi jalan ini sama dengan smash semi, perbedaannya hanya pada arah jalannya awalan.

4) Smash push
Untuk mengambil awalan smasher menempatkan dirinya keluar lapangan mendekat ke tiang net, menghadap kearah pengumpan. Begitu bola datang kearah pengumpan, smasher langsung bergerak menyongsong bola dan lari sejajar dengan net. ketika bola umpan sampai keatas tepi jaring, maka smasher segera meloncat dan memukul bola secepat-cepatnya, dengan ketinggian bola berkisar 30-40 cm diatas net. Setelah melakukan pukulan, segera mendarat dengan dua kaki, tempat pendaratan agak didepan tempat menolak karena lari awalan sejajar dengan net.

5) Smash pull (quick)
Smash pull digunakan sebagai variasi serangan terutama untuk bermain dengan tempo cepat.

6) Smash pull jalan
Smsah mengambil posisi disamping pengumpan begitu bola sampai pada pengumpan smasher segera mengambil langkah awalan searah dengan jalanya bola umpan kemudian meloncat dan memukul bola secepat-cepatnya diatas net. Kemudian medarat sengan kedua kaki dengan gerakan mengoper dan cepat mengambil posisi siap normal kembali.

7) Smash pull straight
Smash pull straight hampir sama dengan smash pull sama smash pull straight, bola umpan didorong kedepan seperti umpan push hanya ketinggian diatas net sama dengan pull, yaitu bola tepat di atas net. timing lompatan smash pull straight bersama bola menyentuh tangan pengumpan.

8) Smash langsung
umpan relatif rendah dan juga digunakan untuk pukulan penyelamatan pada bola yang lebih rendah dari net.

9) Smash langsung

10) Yang dimaksud dengan smash langsung adalah smash yang dilakukan terhadap bola yang langsung datang dari daerah lawan.

11) Smash dari belakang
Smash dari belakang dilakukan sebagai variasi serangan untuk menghindari block yang kuat.
12) Smash silang dan smash lurus
Ditinjau dari arah smash maka dapat dibedakan smash silang dan smash lurus.

5. Block
Block merupakan beteng pertahanan yang utama untuk menangkis serangan lawan atau smash silang dengan cara membendung di depan net (M. Yunus,1992 : 119)

Daftar Pustaka Makalah Teknik Gerak Dasar Permainan Bola Voli
Machfud Irsyada.2000.Bola Voli.Jakarta: Depdiknas
M. Yunus.1992.Olahraga Pilihan Bola Voli. Jakarta: Depdikbud
Munasifah.2008.Bermain Bola Voli. Semarang : CV.Aneka Ilmu

Makalah Teknik Gerak Dasar Permainan Bola Voli Seperti Service, Passing, Block, Smash, Set-Up Umpan Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

1 comments:

  1. sebagai umat manusia ayo kita saling membantu untuk anda yang sedang mencari rezeki untuk kebutuhan hidup.
    silahkan hubungi aku ya
    PINBBM-7-B-3-1-3-0-B-F, whatsapp : +6281326993756 "id303"

    ReplyDelete