Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Tuesday, 25 April 2017

Pengerrtian Zumba Fitness Manfaat, Macam, Program Pelaksanaan Kelas Aqua Santao Toning Gold Tomic

Pengertian Zumba adalah Kata zumba berasal dari bahasa Kolumbia yaitu zum-zum yang berarti gerak cepat.  Awal mula zumba diciptakan pada tahun 1990 secara tidak sengaja oleh seorang instruktur fitness yang bernama Alberto Perez yang disapa “Beto”. Saat itu dia akan mengajar kelas aerobik, ternyata lupa tidak membawa CD (Comapct Disk) aerobik, akhirnya dia menggunakan musik up beat tarian latin sebagai pengganti musik aerobik. Dipadukan dengan basic step aerobik, namun ada tambahan gerakan latin seperti salsa, flamenco, reggato, saco, maringue, mambo, dll. Kemudian disesuaikan dengan irama musik latin yang digunakan. Seketika itu Beto melaksanakan kelas zumba untuk pertama kalinya. Diluar perkiraan ternyata antusias peserta sangat banyak sehingga mendorong Beto membuka kelas khusus zumba (file:///D:/webzumba201220feb /ZumbaDance, KombinasiTarian&FitnessyangBuatTubuhLangsing.htm).


Tahun 2001 Beto berkolaborasi dengan dua orang entrepener atau pengusaha dari Kolumbia yaitu Alberto Perlaman seorang CEO (Chief Executive Officer) dan Alberto Aghion seorang President Company dan COO (Chief Operating Officer). Kemudian membentuk Zumba Fitness LLC  yang melakukan perjalanan ke seluruh penjuru negara di dunia untuk mengenalkan zumba. Sehingga pada tahu 2003 zumba populer di Amerika dan pada tahun 2007 Zumba Fitness LLC mampu menjual tiga milyar DVD, serta sudah memiliki 10.000 ZIN (Zumba Instrucktur Network) sebutan untuk instruktur zumba yang tersebar lebih dari 30 negara di berbagai dunia dan salah satunya adalah negara Indonesia. Kemudian tahun 2009 zumba masuk di indonesia, sebagai pelopor sekaligus instruktur zumba pertama di indonesia Jun Ko Agus berhasil mengembangkan kelas zumba di seluruh Indonesia sehingga 2012 populer di Indonesia hingga saat ini (file:///D:/webzumba201220feb/ZumbaDance,Kombina siTarian& FitnessyangBuatTubuhLangsing.htm).

Awal mula diciptakan zumba maka munculah berbagai pengertian tentang zumba, menurut Zumba Fitness LLC (2014:1): The zumba program is a latininspired, dance-fitnes  class that incorporates latin and internasional musinc and dance movement, creating a dynamic exciting, exhilarating, and effective fitness program. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia zumba merupakan program fitness yang terinspirasi dari tarian latin, gerakan fitness yang dipadukan dengan musik latin internasional sehingga tercipta gerakan yang dinamik, menarik, menyenangkan, dan efektif untuk mencapai target fitness atau tujuan dari program fitness tersebut. Pendapat ini kemudian diperkuat oleh Jun Ko Agus dalam artikel (file:///D:/webzumba201220feb/ZumbaDance,KombinasiTarian& FitnessyangBuatTubuhLangsing.htm) zumba adalah tarian latin yang dipadukan dengan gerkan fitness 30% dan gerakan dansa atau tarian latin 70% yang bisa membakar kalori dalam jumlah banyak pada setiap latihannya. Sedangkan ZIN Liza Natalia mengatakan (file:///D:/webzumba201220feb/Satu JamSenamZumbaBisaMembakar500KaloriBeritasatu.com.htm) zumba merupakan program fitness yang mengabungkan gerkana fitness dan tarian latin yang disusun secara dinamis, berwarna, dan menarik seperti pesta sehingga peserta yang mengikuti kelas tidak merasa bosan, tertekan, dan mampu melakukan gerakan dengan maksimal sehingga para peserta mampu mendapatkan manfaat setelah mengikuti kelas zumba.

Jadi berdasarkan pengertian dari beberapa pendapat di atas maka dapat disimpulkan  zumba adalah salah satu jenis produk dalam senam general yangmemadukan unsur tarian latin, musik latin dan gerak fitness yang disusun secara sistematis, dianamis, dan menarik mengikuti irama musik latin untuk mencapai tujuan tertentu.

Program Pelaksanaan Zumba

Prinsip pelaksanaan program zumba berkaitan dengan jenis program kelas zumba. Dari sikap permulaan hingga akhir yang benar, semua latihan harus mempunyai dosis yang sesuai dengan tujuan. Dasarnya semua program zumba memiliki basic yang sama namun yang membedakan hanya gerakan yang disesuaikan dengan usia dan properti tambahan yang digunakan. Oleh karena itu Zumba Fitness LCC sebagai lembaga yang menaungi zumba di dunia sudah menetapkan ketentuan program zumba, agar gerakan yang dihasilkan mampu memberi manfaat yang maksimal dan aman untuk tubuh sehingga terhindar dari cedera. Adapun hal yang yang harus diperhatikan dalam pelaksanaan zumba menurut Zumba Fitness LCC (2014:4): 1) basic fotwork patterns such as step touch, with a few variation of the arms, shoulders, chest, and back, 2) cardio-adding a little intensity, direction, and a larger range of motion, 3) toning-muscle activation targeting the core and lower body.

Berdasarkan hasil wawancara dengan ZIN Lany seorang ZIN dari yang memiliki peringkat pertama di Jawa Tengah menjelaskan pengertian dan penerapan dari tiga program pelaksanaan zumba. Jika diartikan dalam bahasa Indonesia Basic footwork patterns merupakan dasar tarian latin yang terdiri dari gerak kaki yang memadukan dengan beberapa variasi gerak pada lengan, bahu, dada, dan punggung agar gerakan menjadi lebih menarik. Gerak dasar kaki terdiri dari basic step tarian latin yang terdiri dari salsa, merengue, mambo, chacha, cumbia, flamenco, tango, hip hop, rumba, calypso, dan bachata yang kemudian dipadupadankan dengan gerak tubuh bagian atas sehingga seluruh otot tubuh bagian atas, tengah, dan bawah berkerja dan dapat terlatih secara maksimal. Sedangkan basic cardio memiliki pengertian memulai gerak dari intensitas kecil, perlahan arahnya naik, dan menuju gerakan yang berintensitas tinggi. Kunci dari basic cardio adalah penggunaan musik, karena gerak yang dilakukan dalam zumba selalu mengikuti irama musik yang dilakukan. Sehingga musik yang digunakan harus sistematis tidak asal menggunakan musik, agar target latihan kardiovaskuler terpenuhi sehingga jantung juga ikut terlatih. Sedangkan basic toning-muscle merupakan teknik mengaktifkan otot pada tubuh baik tubuh bagian atas maupun bawah. Pengaktifan otot dilakukan agar otot dapat melakukan gerak secara maksimal sehingga otot dapat dilatih secara maksimal, jadi gerakan yang dilakukan tidak hanya asal bergerak mengikuti instruksi dari ZIN, jika hanya asal bergerak maka manfaat dari zumba tidak akan terserap secara maksimal. Namun dalam pelaksanaan pengaktifan otot dan sendi tidak boleh dilakukan secar berlebihan harus dilakukan senyamannya, disesuaikan dengan anatomi setiap individu agar tubuh terhindar dari cidera. 

Pengerrtian Zumba Fitness

Menurut ZIN Junko Agus, metode yang penerapan dalam zumba adalah HIIT (High Intensity Interval training), yaitu latihan kardio yang dilakukan dalam waktu singkat dalam intensitas yang tinggi sehingga sangat membantu dalam proses pembakaran lemak, pembakaran kalori, dan penurunan berat badan. Bentuk latihan pada zumba adalah interval atau yang disebut dengan intermittent training atau latihan terputus-putus. Dikatakan seperti itu karena lagu dalam latihan zumba berdurasi pendek sehingga dalam pergantian lagunya merupakan jeda sebagai waktu istirahat untuk menuju ke lagu selanjutnya. Satu kelas zumba biasanya menggunakan dua belas track lagu yang berdurasi 3-5 menit/lagu file:///D:/webzumba201220feb/ZumbaDance, KombinasiTarian&Fitnessyang Buat TubuhLangsing.htm)

Macam-macam zumba

Berdasar zumba fitness LCC, kelas zumba dibagi menjadi beberapa kelas yang disesuaikan dengan usia, tempat, serta properti dalam pelaksanaannya. Berikut 6 kelas zumba yang terdapat di Indonesia yang dibuat oleh zumba fitness LCC,(www.celebrityfitness.co,id/id/id/celebrity-fitness/classes-explained): 
  • Aqua zumba adalah kelas zumba yang dilakukan di dalam air seperi swimming poolatau kolam renang, diperuntukkan untuk segala usia. Aqua zumba merupakan gabungan zumba dengan olahraga kardio di dalam air yang bersifat menyokong berat badan maka tubuh bisa bergerak bebas dan fleksibel sehingga meminimalkan cidera dan stress pada otot dan sendi,
  • Zumba santao adalah kelas zumba yang menggunakan kursi sebagai alat bantu yang gerakannya fokus untuk membakar lemak, mengencangkan paha, bokong, perut serta kesehatan jantung,
  • Zumba toning adalah kelas zumba yang dilakukan dengan tujuan khusus untuk pembentukan tubuh khususnya tubuh bagian atas yaitu lengan. Pelaksanaan zumba toning biasanya menggunakan properti khusus yaitu marakas atau alat musik perkusi dari Amerika yang bisa juga diganti menggunakan dumbel dengan berat 1kg,
  • Zumba gold merupakan jenis zumba yang diperuntukkan untuk lansia dan ibu hamil dimana gerakan zumba dirancang dengan musik dan geraknya yang relatif pelan untuk menguatkan tulang serta berfokus pada kelenturan tubuh,
  • Zumba tomic adalah kelas zumba yang diperuntukkan untuk tingkatan usia anak-anak antara 4-12 tahun. Gerakannya lebih sederhana namun lucu dan berfokus untuk meningkatkan kesehatan tubuh, kelenturan, koordinasi, konsentrasi, dan motorik anak,
  • Zumba Fitness merupakan zumba untuk tingkatan usia remaja hingga dewasa. Gerakannya berguna untuk meningkatkan kesehatan serta mengatur berat badan.

Zumba Fitness

Merupakan salah satu program dalam zumba yang sangat diminati masyarakat di dunia pada saat ini khususnya di Indonesia. Hal ini terjadi karena pada program zumba fitness diperuntukkan untuk usia aktif yaitu pada usiaremaja  hingga dewasa. Gerakannya tidak memerlukan properti khusus, mudah dilakukan, dan yang terpenting sangat efektif untuk membakar kalori sehingga sangat tepat digunakan untuk peserta yang sedang menjalankan program body shaping. Fenomena ini diperkuat oleh pendapat ZIN Liza Natalia yang mengatakan dalam sebuah artikel (file:///D:/webofzumba01220feb/SatuJam SenamZumbaBisaMembakar500KaloriBeritasatu.com.htm) bahwa mengikuti program satu minggu 3-4 kali untuk mengurangi berat badan. Sedangkan untuk menjaga berat badan cukup dengan melakukan 1-2 kali dalam satu minggu.

Pendapat diatas dilengkapi oleh ZIN Jun Ko Agus dalam sebuah artikel (file:///D:/webofzumba201220feb/SehatnyaMenariZumbaKesehatanIsuWanitaFemina.co.id.htm) zumba fitness berfokus pada daerah pinggul serta pinggang tempo musik dan gerakan yang cepat sehingga efektif mebakar kalori. Satu jam melakukan zumba fitness dapat membakar 60-100kkal/jam. Selain efektifmembakar kalori zumba fitness juga sangat efektif untuk pembentukan postur tubuh karena gerakan dalam zumba fitness banyak memadukan gerakan fitness yang terfokus pada pundak, bahu, lengan, dada, perut, pinggul, pinggang, tungkai, dan kaki. 

Manfaat Zumba Fitness

Manfaat dari mengikuti latihan pada kelas zumba fitness sendiri adalah: 
  1. menimbulkan perasaan senang, 
  2. dapat menghilangkan stres (relaksasi), walaupun terkesan rumit gerakan zumba fitness sangat mudah diikuti karena mengikuti irama dari musik latin yang menyenangkan, 
  3. koreografinya mudah diikuti, bervariasi, dan menyenangkan, 
  4. menurunkan berat badan tanpa terbebani berat, seperti layaknya latihan fisik lainnya, 
  5. membakar kalori dengan cepat tanpa terasa lelah, 
  6. membentuk dan memperbaiki postur tubuh. 

Daftar Pustaka Makalah Zumba Fitness
Membakar Kalori dengan Zumba. Online at file:///D:/webzumba201220feb/SatuJamSenamZumbaBisaMembakar500Ka loriBeritasatu.com.htm) (accesed 20/01/15)
 

Kelas dalam Zumba. Online at www.celebrityfitness.co.id/id/id/celebrity-fitness/classes-explained            (accesed 20/01/15)
 

Langsing dengan Zumba. Online at  webzumba201220feb/ZumbaDance,KombinasiTarian&FitnessyangBuat TubuhLangsing.htm)  (accesed 20/01/15)

Pengerrtian Zumba Fitness Manfaat, Macam, Program Pelaksanaan Kelas Aqua Santao Toning Gold Tomic Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

0 comments:

Post a Comment