Landasan Teori Hukum, Manajemen Keuangan, Kesehatan, Internasional, Ekonomi

Friday, 28 April 2017

Pengertian Heading Menyundul Bola Teknik Dasar dalam Sepak Bola Sambil Berdiri Meloncat atau Melompat

Pengertian Heading - pada hakekatnya adalah memainkan bola menggunakan kepala. Tujuan heading dalam permainan sepakbola adalah untuk mengumpan, mencetak gol, dan untuk mematahkan serangan lawan atau membuang bola (Djawad, dkk., 1981:23). Ditinjau dari posisi tubuhnya, heading dapat dilakukan sambil berdiri, melompat dan sambil melayang. Menyundul bola (heading) merupakan salah satu aspek teknik dasar yang sangat diperlukan dalam permainan sepakbola, baik oleh pemain penyerang maupun pemain bertahan. Berdasarkan tujuannya kemampuan menyundul bola pada dasarnya diperlukan untuk memenangkan saat duel bola di udara.


Definisi Teknik dasar heading dalam permainan sepakbola merupakan salah satu teknik dasar yang penting dalam bermain sepakbola, oleh karena itu harus dikuasai oleh setiap pemain. Kemampuan heading secara terarah akan bertambah penting artinya apabila lawan bermain dengan sistem bertahan, sehingga ruang gerak hanya ada lewat kepala. Banyak gol tercipta secara langsung atau tidak langsung tercipta dari duel di udara. Pemain yang ahli dalam heading sangat dicari kesebelasan-kesebelasan di dunia, karena tidak banyak pemain yang mampu heading secara terarah pada saat dijaga ketat oleh pemain lawan. Situasi pertandingan yang demikian menghendaki bentuk latihan meloncat (melompat) dengan tolakan pada kaki kiri dan kaki kanan bahkan juga dengan kedua kaki atau sambil berdiri posisi tegak. Banyak gol tercipta dalam permainan sepakbola dari hasil heading kepala. (sucipto dkk,2000:32) dalam pelaksanaannya heading bola dilakukan dengan tiga cara, yaitu: 1) heading bola sambil berdiri, 2) heading bola sambil meloncat, 3) dan heading bola sambil melayang. Heading harus dilakukan dengan kening, pandangan mata harus ditunjukkan ke bola, harus membiasakan diri melempar pandangan mata ke bola. Heading bola dilakukan dengan cara mengayunkan punggung atau togok. Punggung atau togok diayunkan ke belakang, kemudian di ayunkan dengan kuat kedepan supaya kepala dapat menanduk bola dengan keras (Chusaeri,1976:17).

Pengertian Heading Menyundul Bola
Gambar 2.1  Menyundul bola sambil berdiri 



Gambar 2.2 Menyundul bola sambil meloncat/ melompat

Secara umum menyundul bola (heading) memiliki tujuan yang berbeda-beda antara lain:
1) meneruskan bola atau mengoper bola ke teman,
2) memasukkan bola ke gawang lawan atau membuat gol,
3) memberi umpan kepada teman untuk membuat gol,
4) menyapu bola di daerah pertahanan guna mematahkan serangan lawan (Sukatamsi, 1984:171).

Kemampuan menyundul bola dapat dilakukan dengan berbagai cara, seperti dengan cara berdiri, cara sambil terbang (melayang), cara sambil meloncat (jump heading) yaitu meloncat ke atas untuk menyundul bola. Teknik menyundul sambil meloncat dapat dilakukan dalam keadaan bola melambung di atas kepala. Pelaksanaan menyundul bola membutuhkan adanya koordinasi yang tepat antara
1) gerakan,
2) waktu lompatan yang tepat,
3) kemantapan bola (Luxbacher, 1997:87).

Sepakbola sebagai olahraga permainan memungkinkan pemain menggunakan kepala untuk menyundul bola. Pemain menggunakan cara berdiri menyundul bola untuk mengoper bola ke rekannya, untuk mencetak gol dengan mengarahkan bola ke gawang lawan, atau untuk membuang bola yang mengarah ke gawang mereka sendiri (Luxbacher, 1997:63). Kemampuan menyundul bola merupakan salah satu teknik yang diperlukan oleh seorang pemain sepakbola. Menyundul bola merupakan salah satu aspek teknik yang seringkali dilupakan oleh para pelatih dan pemain, sehingga jarang diberikan latihan. Mengkaji pernyataan tersebut, arti penting kemampuan menyundul bola bagi pemain dalam pertandingan sepakbola sangat diperlukan. Pada pertandingan sepakbola terciptanya suatu gol hasil sundulan kepala merupakan suatu kejadian yang menarik.

Teknik Dasar Menyundul Bola (Heading)

Menyundul bola pada hakekatnya adalah memainkan bola dengan kepala. Menyundul bola merupakan salah satu aspek teknik dasar yang sangat diperlukan dalam permainan sepakbola, baik oleh pemain penyerang maupun pemain bertahan. Tujuan menyundul adalah untuk mengumpan, mencetak gol dan menghalau serangan lawan atau membuang bola (Djawad, dkk., 1981:23). Berdasarkan tujuannya kemampuan menyundul bola pada dasarnya diperlukan untuk memenangkan saat duel bola di udara. Kemampuan menyundul bolaberdasarkan posisi tubuhnya dapat dilakukan dengan berbagai cara, yaitu:dengan cara berdiri, cara sambil terbang (melayang) dan dengan cara meloncat ke atas untuk menyundul bola. 

Menyundul bola sambil berdiri dilakukan manakala bola datang setinggi kepala. Analisa menyundul bola sambil berdiri adalah sebagai berikut:
  1. posisi badan tegak, kedua kaki dibuka selebar bahu atau salah satu kaki maju ke depan dan menghadap sasaran, 
  2. kedua lutut sedikit di tekuk, 
  3. lentingkan badan ke belakang, pandangan diarahkan ke arah datangnya bola, dan dagu merapat dengan leher, 
  4. dengan gerakan bersamaan otot-otot perut, dorongan panggul, dan kedua lutut di luruskan, badan dilecutkan kedepan sehingga dahi mengenai bola, 
  5. seluruh berat badan diikutsertakan ke depan, sehingga berat badan berada di depan dan menghadap sasaran, 
  6. salah satu kaki maju kdepan sebagai gerak lanjutan, 
  7. kedua lengan menjaga keseimbangan.  

Pengertian Heading Menyundul Bola Teknik Dasar
Gambar 2.3  Menyundul bola sambil berdiri

Teknik menyundul dengan cara meloncat dapat dilakukan jika bola dalam keadaan melambung diatas kepala di luar jangkauan, baik secara vertikal ataupun horizontal. Analisis menyundul bola sambil meloncat adalah sebagai berikut:
  1. meloncat atau melompat sesuai datangnya bola, 
  2. pada saat mencapai titik tertinggi atau terjauh, badan dilentingkan, otot-otot leher di kontraksikan, pandangan kesasaran dan dagu merapat dengan leher, 
  3. dengan gerak bersamaan otot-otot perut, dorongan panggul, dan dorongan badan ke depan, sehingga dahi mengenai bola, dan 
  4. badan dicondongkan ke depan dan mendarat dengan kedua kakisecara eksplosif.

Gambar 2.4 Menyundul bola sambil meloncat/ melompat

Menyundul bola dengan meloncat, memerlukan adanya daya ledak otot tungkai, kekuatan otot perut yang dikoordinasikan dengan kelentukan togok selain di tunjang dengan fisik yang prima atau baik. Daya ledak otot tungkai akan memungkinkan seorang pemain meloncat setinggi mungkin dalam menyongsong datangnya bola di udara. Kekuatan otot perut akan memungkinkan seorang pemain melakukan gerakan ayunan tubuh ke depan dengan cepat setelah melakukan tolakan. Sedangkan kelentukan togok akan memberikan sudut gerakan badan dalam ayunan. Ketiga aspek tersebut merupakan satu kesatuan gerak yang penting dalam menunjang keberhasilan pelaksanaan menyundul bola, sehingga mampu menghasilkan bentuk kerja yang optimal. Oleh sebab itu program latihan yang diberikan harus mencakup latihan-latihan yang berorientasipada daya ledak, kekuatan otot perut dan kelentukan togok. Teknik menyundul bola dengan meloncat (jump header) dilakukan pada saat bola melambung di udara. Pelaksanaan yang benar membutuhkan koordinasi yang tepat antara:
1) gerakan,
2) waktu lompatan yang tepat,
3) kemantapan bola (Luxbacher, 1997:87).

Berorientasi pada pelaksanaan menyundul bola yang dilakukan sambil meloncat, diperlukan daya ledak otot tungkai, kekuatan otot perut yang dikoordinasikan kelentukan togok sebagai upaya persiapan pelaksanaan

Daftar Pustaka Makalah Heading Menyundol Bola dalam Permainan Sepak Bola
Sucipto, dkk., 1999/2000. Sepakbola Departemen Pendidikan dan kebudayaan. Jakarta:Direktorat Jendral Pendidikan Dasar dan Menengah.
Djawad dkk, 1981, Dasar Bermain Sepakbola, Edisi kedua. Yogyakarta:Intan.
Donald A. Chu, 1992. Playometri
Sukatamsi. 1984. Teknik Dasar Bermain Sepakbola. Solo:Tiga Serangkai.
Luxbacher, Josep A, 1997, Sepakbola Taktik & Teknik Bermain (Terjemahan oleh Agusta wibawa dari soccer practice Games), Jakarta:PT. Raja Grafindo persada.

Pengertian Heading Menyundul Bola Teknik Dasar dalam Sepak Bola Sambil Berdiri Meloncat atau Melompat Rating: 4.5 Posted By: Daud Royyan, M.Pd

5 comments:

  1. Izin Share ya min :)
    PINBBM-7-B-3-1-3-0-B-F
    mencari rezeki untuk kebutuhan hidup. ayo di coba kesempatan anda

    ReplyDelete
  2. Thank you for sharing this article with us! I believe there will be more people like me, they can find many interesting things in this article of you!
    -happy wheels
    -impossible game
    -roll the ball

    ReplyDelete
  3. Thanks for sharing. I hope it will be helpful for too many people that are searching for this topic. play run 3 cool math games

    ReplyDelete
  4. I would be happy if you could help us. I hope my site will be Google accepted and put it ahead so that I can grow and hope that it will come to me.
    dumb ways to die
    fireboy and watergirl 4

    ReplyDelete